APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Data Science Sebagai Sumber Cuan Dalam Bisnis

avatar penulis

Institut Teknologi Telkom Surabaya

16 March 2023

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Surabaya, Maret 2023 – Di era modern ini, data sama berharganya dengan emas. Bahkan, Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, sampai mengatakan, Data is the new oil,” alias data dianggap sebagai suatu sumber daya yang bernilai setara dengan minyak! Mengapa demikian?

Kita ada di era digital yang menuntut semua pelaku bisnis lebih jeli dan teliti membaca data. Bukan tanpa alasan, data adalah “bekal” utama yang wajib dimiliki para pelaku usaha bila ingin memperluas pangsa pasarnya. Tidak hanya itu, data juga bisa berperan sebagai peta yang memandu para pelaku usaha dalam menentukan arah selanjutnya dari bisnis yang dikelola.

Ya, data memang memiliki banyak sekali fungsi dalam pengembangan sebuah bisnis, 3 yang paling krusial di antaranya adalah:

  • Sebagai landasan perencanaan

Data yang valid adalah kunci bagi informasi yang akurat. Dengan informasi yang akurat, kita akan bisa menentukan dengan tepat ke arah mana bisnis kita akan dikembangkan

  • Sebagai aspek penting dalam sistem informasi

Sistem informasi yang tertata memungkinkan kita untuk mengenali pelanggan dengan lebih baik. Imbasnya, kita akan bisa menyediakan produk dan jasa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan konsumen

  • Sebagai dasar pengumpulan informasi

Data adalah sumber dari informasi dengan kualitas dan kuantitas yang baik yang relevan dengan arah pengembangan bisnis kita.

Meski demikian, layaknya beras yang tak akan bisa dikonsumsi bila tidak dimasak hingga matang, data pun tidak akan ada manfaatnya bila tidak diolah dengan tepat. Di sinilah pentingnya Data Science dalam membangun, mengoreksi, dan menyusun kumpulan data untuk dianalisis dan di ekstrak jadi informasi.

Salah satu tahapan penting dalam Data Science adalah menulis algoritma untuk mengumpulkan dan mengidentifikasi big data.

Dengan desain yang tepat dan pengujian yang holistis, algoritma dalam Data Science sanggup menangkap informasi atau tren yang terlewatkan oleh pengamatan manusia. Dengan begitu, kita akan bisa dengan mudah menemukan momen best selling sekaligus sasaran konsumen dengan daya beli yang tinggi untuk produk kita.

Bukan cuma itu, Data Science juga ampuh untuk menjaga keamanan bisnis dengan melindungi informasi yang bersifat sensitif. Lagi-lagi, penulisan algoritma berperan penting melalui proses enkripsi yang, salah satunya, berfungsi untuk mengungkap penipuan dengan sangat detail dalam waktu yang sangat singkat memanfaatkan banyaknya volume data yang dihasilkan setiap hari.

Dengan manfaat luar biasa Data Science dalam meningkatkan profit bisnis, profesi Data Scientist pun otomatis jadi tenaga profesional paling dibutuhkan di banyak bidang usaha. Untuk menjadi seorang Data Scientist yang andal, tentu saja diperlukan latar belakang pendidikan yang berkualitas. Salah satu institusi pendidikan tinggi terdepan yang memiliki Program Studi (Prodi) Data Science unggulan ialah Institut Teknologi Telkom Surabaya.

Program studi yang baru diresmikan pada 2021 ini memiliki konsentrasi studi andalan yang tidak akan ditemukan di kampus-kampus lain, yakni Data Science di bidang kemaritiman, transportasi, dan logistik. Mahasiswa-mahasiswi di Prodi Data Science Institut Teknologi Telkom Surabaya juga akan dibekali kemampuan yang komprehensif di 6 bidang utama dalam keilmuan Data Science, yakni:

  1. Data Management & Processing
  2. Data Modelling & Analysis
  3. Data Visualization
  4. Programming
  5. Database, Data Warehouse & ETL Process
  6. Big Data Analytics & Infrastructures

Meski belum genap berusia 2 tahun, Prodi Data Science Institut Teknologi Telkom Surabaya sudah memiliki komitmen penuh untuk menjadi prodi berstandar internasional berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mampu mendukung peningkatan daya saing bangsa Indonesia di bidang industri Maritim, Transportasi, dan Logistik.