redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

KTT Industri series 4 : The Customer’s Struggle In An Age Of Technological Distraction

avatar penulis

Institut Teknologi Telkom Surabaya

29 December 2022

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Surabaya, Desember 2022 – Senin 28 November 2022 Program Studi Teknik Industri Institut Teknologi Telkom Surabaya kembali sukses menggelar kuliah tamu series ke 4 nya. Kuliah tamu yang diinisiasi oleh Ergonomic Laboratory (EL) ITTelkom Surabaya tersebut dihadiri oleh seluruh mahasiswa teknik industri ITTelkom surabaya. Kuliah Tamu kali ini untuk pertama kalinya digelar secara offline setelah pandemi di Main Hall ITTelkom Surabaya.

Mengangkat topik utama “The Customer’s Struggle In An Age Of Technological Distraction” acara tersebut dihadiri langsung oleh ibu Ariska Nur Anggraeni, S.Kom. yang meru pakan Experienced Consultan at Accenture Indonesia dan dimoderatori langsung oleh bapak Perdana Suteja Putra, S.T., M.T. yang juga merupakan dosen Teknik Industri ITTelkom Surabaya sekaligus Experienced Consultant at Accenture Indonesia.

Dikesempatan kali ini ibu Ariska selaku narasumber memaparkan tentang perbedaan Customer’s Need and Experience serta betapa pentingnya kedua hal tersebut dalam suatu bisnis.

“Dalam bisnis ada yang namanya Customer’s Need danCustomer’s Experience dua hal ini merupakan bagian yang sangat penting untuk suatu bisnis terutama jasa. Diera teknologi ini semua dituntut untuk digital terutaman perusahaan jasa.  Disinilah perlunya kita mempelajari dan mencari tau apa yang customer butuhkan, sehingga kita bisa menghadirkan layanan yang customer butuhkan. jika hal tersebut sudah terpenuhi maka akan membentuk Customer Experience atau pengalaman pelanggan. Nah, Customer Experience ini akan menentukan pelanggan akan setia menggunakan jasa atau produk kita atau bahkan akan beralih.”  Jelas Ariska.

Lebih lanjut bu Ariska menjelaskan bahwa mempertahankan pelanggan lebih penting dari pada mendapatkan pelanggan baru. Karena pelanggan yang memiliki pengalaman yang bagus terhadap perusahaan akan membuat pelanggan tersebut setia dan loyal sehingga akan kembali menggunakan produk/jasa perusahaan. Namun ke tidak puasan pelanggan juga akan dijadikan titik evaluasi untuk menghadirkan layanan yang lebih baik.

Harapannya setelah diandakannya kuliah tamu kali ini mahasiswa memiliki gambaran ketika terjun ke dunia kerja baik di perusahaan maupun dalam berwirausaha bahwa memahami kenutuhan pelanggan akan memberikan dampak yang besar bagi bisnis dan pengalaman pelanggan akan menentukan kesetiaan dan loyalitas pelanggan.

Meski kuliah tamu kali ini telah usai digelar , namun rencananya akan ada pembaruan terkait diselenggarakannya kuliah tamu yang semula digelar hanya sekali dalam setahun  kini akan digelar dalam kurun  3 bulan sekali. Adanya pembaruan program ini diharapkan akan menambah wawasan sekaligus memberikan gambaran bagi mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja dan tidak hanya penyampaian  teori di kelas namun juga sharing materi dan pengalaman dari para narasumber yang ahli.