APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Kuliah di PTS mahal? Inilah Biaya Masuk IT Telkom Surabaya

avatar penulis

Institut Teknologi Telkom Surabaya

5 February 2023

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Salah satu fase penting dalam dunia pendidikan seseorang adalah kuliah. Pemilihan tempat kuliah tentunya harus dipertimbangkan matang-matang, agar proses studi di kampus dapat menunjang masa depan. 

Salah satu faktor penting yang bisa jadi pertimbangan untuk memilih tempat kuliah, antara lain adalah memilih kampus negeri atau swasta. Selain itu, jarak kampus dengan rumah atau kos perlu dipertimbangkan juga. 

Semua aspek pertimbangan akan mempengaruhi biaya kuliah. Pertanyaannya adalah, apakah kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mahal? Hal ini berbeda-beda, tergantung beberapa faktor. 

IT Telkom Surabaya merupakan salah satu PTS yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tempat kuliah. Bukan hanya tempatnya yang strategis, IT Telkom Surabaya adalah kampus swasta di Indonesia yang berfokus pada penerapan pendidikan dan penelitian di bidang maritim, transportasi, dan logistik. Sebagai kampus yang berbasis teknologi, IT Telkom Surabaya hadir dengan sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses belajar mengajar.

Sebelum mengetahui biayanya, sebaiknya kita ketahui dulu sistem alur pendaftarannya.

Alur Pendaftaran IT Telkom Surabaya

  • Membuat akun di situs web: pmb.ittelkom-sby.ac.id dengan data yang sesuai.
  • Melakukan aktivasi akun di email, kemudian memilih Program Studi yang diminati.
  • Login masuk ke Akun dengan username dan password via email yang sudah terdaftar.
  • Membeli Token Pendaftaran pada menu Registrasi di akun PMB, lalu pilihlah jalur seleksi yang ada.
  • Membeli Token melalui Virtual Account Bank sesuai panduan yang dikirim ke email.
  • Melengkapi isian data kuesioner, biodata, serta data lain yang dibutuhkan, sesuai jalur yang sudah dipilih sebelumnya.
  • Mencetak Kartu Peserta.

Selanjutnya, berikut ini adalah macam-macam komponen biaya perkuliahan di IT Telkom Surabaya

Biaya Token Pendaftaran

Token merupakan kode transaksi yang akan dipakai untuk melakukan proses validasi pembayaran pada pendaftaran calon mahasiswa baru. Token adalah berbentuk kombinasi antara angka dan huruf sebanyak 9 digit. Harga token ini adalah Rp 300.000. Proses beli token bisa dilakukan jika sudah melakukan aktivasi akun, kemudian Request Token Pendaftaran dan melakukan pembayaran. Pembayaran tersedia melalui Virtual Account bank BNI, Bank Mandiri, BRI, BCA, ATM Bersama. 

Pembayaran Biaya Pendidikan

Setelah membeli token, proses pendaftaran bisa dilanjutkan. Pembayaran bisa melalui Virtual Account masing-masing akun PMB yang infonya dikirim via email Calon Mahasiswa yang sudah lolos seleksi PMB. 

Biaya pendidikan IT Telkom Surabaya ada tiga komponen, yaitu:

  • Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan atau UP3 yang dibayarkan satu kali pada awal tahun akademik, ketika daftar ulang calon mahasiswa baru.
  • Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan atau SDP2 yang dibayarkan satu kali pada awal tahun akademik ketika pendaftaran ulang calon mahasiswa baru.
  • Biaya Penyelenggaraan Pendidikan atau BPP yang dibayar setiap semester.

Berapa nilainya masing-masing?

  • UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan): Rp8 juta. Biayanya sama untuk semua pilihan program studi.
  • SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan): mulai dari Rp12,5 juta.  Biaya menyesuaikan pilihan prodi.
  • BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan): mulai dari Rp7 juta. Biaya menyesuaikan pilihan program studi dan sudah termasuk biaya Ujian, SKS, dan Praktikum 

Info selengkapnya bisa langsung cek di https://smb.ittelkom-sby.ac.id/biaya-pendidikan/. Jika masih penasaran atau ada pertanyaan terkait biaya pendidikan, beasiswa, dan PMB silahkan menghubungi langsung call center di nomor 0811-322-12000 (WA chat only) dan 0811-327-8005. 

Itulah penjelasan tentang biaya IT Telkom Surabaya. Jadi, apakah biaya kuliah di PTS mahal? Pastinya hal ini relatif karena tergantung pada program studi yang dipilih.