APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Tidak Eligible Jalur SNBP? Di Kampus BUMN Institut Teknologi Telkom Surabaya Kamu Pasti Eligible

avatar penulis

Institut Teknologi Telkom Surabaya

16 March 2023

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Surabaya, Maret 2023- Sistem seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru khususnya Perguruan Tinggi Negeri tahun 2023 dilansir dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia terdapat tiga jalur masuk: Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur seleksi mandiri.

Melansir dari Kemendikbud RI, Prof. Nizam selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset Dan Teknologi pada satu kesempatan menyampaikan, “Seleksi nasional penting untuk memastikan siswa yang duduk di bangku SMA, SMK, MA kelas 12 dan calon mahasiswa mendapatkan kesempatan yang berkeadilan serta kesetaraan. Seleksi nasional diselenggarakan oleh pemerintah dan diatur secara bersama-sama agar akses ke perguruan tinggi negeri lebih mudah dijangkau oleh anak-anak dari Sabang sampai Merauke.”

Seleksi nasional 2023 pada dasarnya sama dengan jalur masuk di tahun 2022, hanya berbeda pada ujian atau seleksinya. Pada awal tahun ini, seleksi PTN dibuka dengan jalur SNBP, Mochamad Ashari selaku Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Selesi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNPMB) menjelaskan, “Jalur SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan kuota minimum jalur SNBP masing-masing PTN adalah 20%.”

Jalur SNBP telah dibuka mulai dari 14 Februari hingga 28 Februari 2023 dimana tidak semua siswa dapat mendaftar SNBP 2023, karena hanya siswa yang memiliki akun di portal SNPMB saja yang akunnya sudah permanen sekaligus terdaftar sebagai siswa yang eligible oleh sekolah. Serta memiliki nilai yang lengkap pada saat pengisian PDSS oleh sekolah yang dapat mendaftar di SNBP.

Tentunya tidak semua siswa berkesempatan mendaftar jalur SNBP, namun tidak perlu kecewa hanya karena satu kesempatan tertutup maka kesempatan lain pun terbuka. Di kampus BUMN Institut Teknologi Telkom Surabaya membuka pendaftaran mahasiswa baru dengan jalur pendaftaran beserta periode seleksi sebagai berikut:

  1. Jalur Akademik Rapor III: 20 Februari – 31 Maret 2023
  2. Jalur Kemitraan: 13 Maret - 5 Mei 2023
  3. Beasiswa Keagamaan: 15 Februari – 07 April 2023
  4. Beasiswa SNBP: 22 Maret - 3 Mei 2023

Pendaftaran sangat mudah dan bisa langsung dilakukan secara online. Persyaratan masing-masing jalur dapat langsung dilihat melalui laman resmi pendaftaran melalui website smb.ittelkom-sby.ac.id. Ingin tahu lebih dekat dengan Institut Teknologi Telkom Surabaya? Kampus BUMN keren ini bisa kamu lihat melalui laman website resminya di ittelkom-sby.ac.id

Sebagai tambahan, Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS) atau biasa disingkat dengan ITTelkom Surabaya telah meraih berbagai predikat dan penghargaan diantaranya Terakreditasi BAIK BAN-PT, Sertifikasi ISO 21001:2018 dalam manajemen Pendidikan, Peringkat 1 Akselerasi Pengelolaan Perguruan Tinggi oleh LLDIKTI VII, dan Peringkat 1 Institut Swasta versi Webometric 2023.

ITTelkom Surabaya memiliki berbagai program unggulan di antaranya Kurikulum MBKM yang aplikatif melalui magang industri dan program sertifikasi profesi serta program Career Development Center (CDC).

Saat ini ITTelkom Surabaya membuka sebelas program studi jenjang sarjana yang tergabung dalam dua fakultas, yaitu program studi sarjana Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Teknik Industri, dan Teknik Logistik yang tergabung dalam Fakultas Teknologi Elektro dan Industri Cerdas. Serta Program studi sarjana Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Informatika, Sains Data, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Bisnis Digital yang tergabung dalam Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis.

Raih gelar pertamamu bersama ITTelkom Surabaya dan wujudkan mimpimu jadi The Next Digital Talent!