redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

PENGABDIAN MASYARAKAT “PELATIHAN PEMBUATAN JAMU INSTAN PADA IBU-IBU KADER DI DESA CIJORO LEBAK KECAMATAN RANGKAS BITUNG”

avatar penulis

Fikha Ardiani

25 September 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Minuman kesehatan sebagai salah satu produk yang sudah dikenal masyarakat, banyak dijumpai di pasaran dengan berbagai merek dan bentuk, seperti dalam bentuk cair, serbuk instan ataupun tablet. Kecenderungan masyarakat saat ini adalah lebih suka menggunakan produk yang kemasan dan penyajiannya lebih praktis dan cepat, karena tidak perlu membutuhkan banyak waktu dalam mempersiapkannya.Salah satu contoh minuman kesehatan yang dapat dijumpai adalah minuman Instan  Jamu yang dengan mudah dan cepat bisa kita sajikan untuk kita nikmati.

Dosen Sekolah Tinggi Farmasi telah melakukan salah satu tugasnya yaitu menjalankan Tridarma perguruan tinggi, salah satunya adalah pengabdian masyarakat yaitu pelatihan jamu instan yang dilaksanakan di Kampus STF Muhammadiyah Tangerang pada hari senin tanggal 22 Mei 2017, yang dihadiri oleh 11 orang warga masyarakat dan 4 dosen serta dibantu oleh 9 orang mahasiswa. Masyarakat merasa antusias dengan adanya pelatihan jamu instant ini, dan berharap pelatihan atau kegiatan seperti ini dapat berlanjut guna memajukan masyarakat desa Cijoro Lebak Rangkas bitung.Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mewujudkan masyarakat yang terampil dalam mengolah hasil bahan alam menjadi jamu instan untuk kesehatan, meningkatkan derajat kemandirian ibu-ibu kader desa Cijoro Lebak dalam pembuatan Jamu instan untuk kesehatan.

Aparat desa sangat mendukung terlaksananya kegiatan ini, bahkan mengusulkan agar mesyarakat memiliki tanaman obat (TOGA) di pekarangan rumah. Baik aparat desa maupun ketua RW 09 sangat apresiasi dengan kegiatan ini. Kegiatan ini berlangsung selama 2 ½ jam yang dimulai dari jam 13.00 dan berakhir jam 15.30. Adapun acaranya diawali dengan pembukaan, sambutan kepala Desa Cijoro Lebak, sambutan dari kepala bidang pengabdian masyarakat, pengarahan dari Dosen sekaligus ketua panitia untuk tata cara pembuatan jamu instan, pelaksanaan pelatihan, dan penutup dengan pembagian doorprize.

 

https://stfm.ac.id/index.php/2-uncategorised/59-pelatihan-pembuatan-jamu-instan