APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Kegiatan Pelaksanaan Ujian Certified Accurate Professional (CAP)

avatar penulis

Anggi Maulinda

22 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Dalam rangka meningkatkan mutu dan daya saing mahasiswanya STIE Ekuitas sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki visi menjadi perguruan tinggi penyedia dan penghasil sumber daya yang berkualitas, mandiri, berjiwa wirausaha, memiliki jiwa kepemimpinan serta mampu mengkaji, mengembangkan dan menerapkan ilmu ekonomi. Visi tersebut mejadi acuan bagi Program Studi D3 Akuntansi yang terus berupaya meningkatkan lulusannya yang berkualitas, memenuhi standar serta dapat diserap oleh dunia usaha atau dunia kerja. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas lulusan dilakukan melalui Ujian Certified Accurate Professional (CAP). Ujian Certified Accurate Professional (CAP) dilaksanakan untuk mengukur tingkat kompetensi mahasiswa Program Studi D3 Akuntansi dalam bidang Komputer Akuntansi. Pelaksanaan Ujian Certified Accurate Professional (CAP) dilaksanakan dengan bekerjasama dengan PT. Tekno Ultima Solusindo Jakarta. Hasil Ujian Certified Accurate Professional (CAP) yang berstandar nasional yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan nilai tambah bagi lulusan Program Studi D3 Akuntansi STIE Ekuitas Bandung. Kegiatan Ujian Certified Accurate Professional (CAP) meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan pembekalan, try out dan pelaksanaan uji Certified Acurate Profosional.
1. Kegiatan Pembekalan
Kegiatan pembekalan diikuti oleh seluruh peserta uji kompentensi yang berjumlah 51 orang. Kegiatan pembekalan ditujukan untuk mengingatkan kembali materi Komputer Akuntansi sehingga diharapkan mahasiswa lebih siap dalam melaksanakan Ujian Certified Accurate Professional (CAP). Proses pembelajaran dalam pembekalan dilakukan dengan menyampaikan materi dan dilanjutkan dengan mengisi database dan transaksi. Kegiatan pembekalan dilaksanakan dalam satu hari dalam dua sesi yaitu pada tanggal 25 Juni 2018. Daftar hadir mahasiswa yang mengikuti kegiatan pembekalan dapat dilihat pada lampiran.
2. Kegiatan Tryout
Kegiatan tryout ini ditujukan agar peserta lebih siap dalam melaksanakan Ujian Certified Accurate Professional (CAP). Kegiatan tryout dilaksanakan dalam satu hari dalam dua sesi yaitu pada tanggal 26 Juni 2018. Peserta ujian CAP diberi username dan password untuk mengerjakan tryout yang telah disiapkan oleh pihak PT. Tekno Ultima Solusindo, saat tryout peserta diminta untuk menjawab pengetahuan umum mengenai aplikasi Accurate, mengisi data base, lalu mengerjakan transaksi. Daftar hadir mahasiswa yang mengikuti kegiatan tryout dapat dilihat pada lampiran.
3. Kegiatan Pelaksanaan Ujian Certified Accurate Professional (CAP).
Ujian Certified Accurate Professional (CAP) dilaksanakan pada hari Kamis dan Jumat tanggal 28 Juni dan 29 Juni 2018 bertempat di Ruang Lab Komputer STIE Ekuitas Lantai 3. Peserta Prodi D3 Akuntansi yang mendaftarkan diri sebanyak 51 orang Pada tanggal 28 Juni 2018 Peserta yang
4. Hasil Uji Sertifikasi Certified Accurate Professional (CAP)
Penilaian uji sertifikasi ini sepenuhnya dilakukan oleh PT. Tekno Ultima Solusindo. Berdasarkan hasil penilaian, dari 51 mahasiswa D3 Akuntansi yang mengikuti uji sertifikasi accurate, sebanyak 36 mahasiswa dinyatakan lulus. Sehingga presentasi kelulusan sebesar 70,59 %. Bagi mahasiswa yang telah lulus diberikan sertifikat Certified Accurate Professional (CAP).