redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Siap Terjun ke RS, Ratusan Mahasiswa Stikes Lakipadada Ikuti Capping Day

avatar penulis

Fikha Ardiani

08 October 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Capping Day atau hari pemasangan Cap/Topi Perawat digelar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Lakipadada, Tana Toraja kepada 163 mahasiswanya, Senin, 30 Juli 2018. Acara Capping Day ini berlangsung di Tongkonan Galo’tok Awa’ Kala’lembang, Kelurahan Awa’ Tiromanda, Kecamatan Makale Selatan, Tana Toraja.

Capping Day merupakan simbol bahwa mahasiswa Stikes Lakipadada siap untuk terjun melakukan praktek perawatan ke rumah sakit- rumah sakit.

Acara Capping Day yang digelar di Tongkonan ini berbeda dari biasanya. Capping Day Stikes Lakipadada kali ini digelar di luar kampus dan dirangkaikan dengan kegiatan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan dengan maksud menyentuh langsung masyarakat serta menguji langsung kualitas perawat di lapangan. Kegiatan melibatkan Puskesmas Makale Selatan dan masyarakat Kelurahan Awa’ Tiromanda.

Ketua Stikes Lakipadada, Albertina Kala’lembang, SKM, M.Kes, mengatakan Capping Day ini sebagai salah satu simbol perawat dan bidan siap untuk terjun memberikan pelayanan kesehatan di rumah sakit dan masyarakat setelah satu tahun (dua semester) digodok melewati teori dan praktek laboratorian serta dinyatakan lulus ujian.

Albertin menjelaskan, para mahasiswa ini bahkan melewati persyaratan ketat dengan diberi 50 sampai 100 kali target secara berulang-ulang untuk satu praktik tindakan kesehatan seperti pemasangan Infus dan lain sebagainya.

Dalam agenda Capping Day ini para mahasiswa langsung mempraktikan berbagai macam penanganan tindakan medis seperti pemeriksaan jantung (EKG), pemasangan infus, pemeriksaan ibu hamil, dan lain-lain.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Tana Toraja, Nurlia Datuan Batara, yang hadir mewakili pemerintah kabupaten Tana Toraja mengapresiasi langkah yang diambil oleh Stikes Lakipadada ini.

Nurlia berharap, ke depan Capping Day yang dirangkaikan dengan bakti sosial pemeriksaan kesehatan ini dibuat dalam skala yang lebih luas, misalnya satu kecamatan sehingga masyarakat lebih banyak yang dilibatkan dalam pemeriksaan kesehatan. (Arsyad Parende)

 

https://www.karebatoraja.com/siap-terjun-ke-rs-ratusan-mahasiswa-stikes-lakipadada-ikuti-capping-day/