APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Bedah Buku dan Diskusi Ilmiah Book Chapter STARKI 2023

avatar penulis

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

29 November 2023

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita telah menerbitkan 2 Book Chapter dengan judul Administrasi Perkantoran Digital dan Prospect of Transformation Technology to Interpersonal and Intercultural Communication. Kedua book chapter tersebut merupakan kumpulan dari hasil karya ilmiah yang ditulis oleh para Dosen dan Mahasiswa STARKI, serta para praktisi atau dosen yang berasal dari Universitas lain. Rabu, 22 November 2023 lalu STARKI mengadakan kegiatan Bedah Buku dan Diskusi Ilmiah kedua Book Chapter tersebut. Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi antara unit Perpustakaan dan LPPM yang dilaksanakan di 2 tempat yaitu Aula Maria Bintang Samudra dan Perpustakaan Elisabeth, Kampus STARKI.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan pembukaan yang disampaikan oleh Sr. Lucia Yeni Wijayatri CB, S.Pd., M.Hum, selaku Wakil Ketua Bidang Non-Akademik. Dalam kata pengantarnya Sr. Yeni CB menyampaikan bahwa kegiatan bedah buku ini adalah sebuah pencapaian yang baik dan membanggakan untuk STARKI telah menerbitkan Book Chapter sekaligus 2 buku. Kegiatan bedah buku ini diharapkan dijadikan momen supaya lebih memahami dan mendalami tentang gagasan-gagasan apa yang disampaikan dan ditulis oleh penulis. Dan dalam kegiatan bedah buku ini juga bisa menjadi insight untuk Dosen maupun mahasiswa yang terjadi di dunia kesekretarisan saat ini dan yang akan datang yang sudah serba digital dan peran media sosial dalam bidang komunikasi dan juga diharapkan bermanfaat bagi kita semua dan agar kita lebih update wawasan.

Bedah buku dan Diskusi Ilmiah Book Chapter “Administrasi Perkantoran Digital” yang dipandu oleh Ibu Gabriella Novianty S., S.Pd., M.Hum. selaku moderator acara tersebut dilaksanakan di Aula Maria Bintang Samudra, STARKI. Hadir pula Ibu Astuti Widiati, S.E., M.Pd. dan Ibu Fredericka Krisma, S.Pd., M.Pd. selaku Dosen STARKI sekaligus narasumber dan juga merupakan perwakilan penulis book chapter tersebut. Acara ini dihadiri oleh Dosen, Karyawan dan seluruh mahasiswi Prodi D3 Sekretari dari angkatan 2021-2023. Sedangkan kegiatan Bedah Buku lainnya di Perpustakaan STARKI membahas book chapter “Prospect of Transformation Technology to Interpersonal and Intercultural Communication” yang diulas langsung oleh Sang penulis buku yaitu, Bapak Dr. Agustinus Rustanta, S.Pd.,M.Si. selaku Wakil Ketua Akademik STARKI, Ibu Elsie Oktivera, S.S., M.Si. selaku Ketua Prodi S1 Ilmu Komunikasi STARKI dan Marcellina Nathasya mahasiswi Eksekutif S1 Ilmu Komunikasi dan dipandu oleh moderator Bapak F.A. Wisnu Wirawan, S.Pd., M.Si. selaku Dosen STARKI dan dihadiri oleh seluruh Mahasiswa/I Prodi S1 Ilmu Komunikasi dari angkatan 2021-2023.

Dalam bedah buku dan diskusi ilmiah untuk book chapter Komunikasi, Ibu Elsie Oktivera memberikan gambaran tentang digitalisasi kebudayaan Jepang melalui media YouTube dalam upaya penyebaran budaya. Bu Elsie menyampaikan, menurut salah satu teori yang dikutip dari Mc Luhan, media itu adalah pesan. Media dapat membawa unsur-unsur dalam kehidupan manusia dan membantu manusia memahami sebuah pengetahuan, melalui media youtube sebagai sarana sumber informasi. Media sangat berdampak bagi kehidupan manusia dan mengambil dari contoh youTube “Let's ask Shogo”. Selanjutnya pembicara kedua adalah Bapak Agustinus Rustanta yang mengajak seluruh mahasiswa untuk menulis karena menulis bukan sesuatu hal yang baru terutama untuk mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi, karena harus bisa menulis untuk penulisan dasar Press Release. Agar memacu ilmu pengetahuan kita terutama di bidang Ilmu Komunikasi. Pembicara ketiga oleh Marcellina Nathasya, Mahasiswa S1 Eksekutif STARKI. Dalam materinya Nathasya membahas mengenai “Fenomena Penggunaan Aplikasi TikTok sebagai Media Komunikasi dalam Perspektif Teori Uses & Gratifications”. Media social menjadi pilihan Masyarakat sebagai sesuatu yang dapat dipilih atau dikonsumsi (Uses) untuk berpartisipasi secara aktif dengan tujuan memenuhi kesenangan atau kepuasan (Gratifications) masing-masing.

Selanjutnya bedah buku dan diskusi ilmiah untuk book chapter Administrasi dimulai dengan pemaparan yang disampaikan oleh Ibu Fredericka Krisma, S.Pd, M.Pd. Ibu Ricka mengatakan bahwa materi yang disampaikan sangat relate dengan kelas business writing tujuan yang diberikan adalah supaya kita memiliki etika dalam berkomunikasi terutama dalam menulis. Bahwa email-email akan semakin sering di gunakan karena kita ada di dunia digital sesuai dengan buku yang dibedah saat ini yaitu “Administrasi Perkantoran Digital” karena pasti berhubungan dengan mengirim pesan melalui email. Ibu Ricka juga mengajak mahasiswa-mahasiswa STARKI untuk membangun citra yang positif dari cara kita menulis pesan dalam email dan hal-hal lain yang perlu disertakan sehingga terlihat konvesional dan informatif. Narasumber kedua yaitu Ibu Astuti Widiati, S.E, M.Pd. mengatakan bahwa peran sekretaris terus berkembang cepat di era digital ini. Kemajuan teknologi terus berkembang, sekretaris harus beradaptasi dan merangkul alat digital untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas mereka. Bu Astuti juga menyampaikan bahwa sangat penting bagi sekretaris untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, mengelola data secara efektif, memprioritaskan keamanan siber, unggul dalam kolaborasi dan manajemen proyek. Seorang sekretaris dapat meningkatkan peran mereka dan memberikan kontribusi yang signifikan dan memberikan kontribusi bagi organisasi mereka.

Setelah pemaparan dan diskusi ilmiah dari kedua book chapter, acara selanjutnya adalah sesi tanya-jawab dari mahasiswa-mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi dan D3 Sekretari dan ditutup dengan games. Semoga kedepannya STARKI dapat menerbitkan kembali book chapter yang lain sehingga semakin dikenal lebih luas di kancah nasional dan internasional. Diharapkan juga semoga dapat menambah semangat dari para Dosen dan Mahasiswa untuk terus membuat karya ilmiah.