APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Diseminasi Hasil Penelitian Kompetisi Hibah Penelitian STARKI 2023

avatar penulis

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

12 December 2023

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Kompetisi Hibah Penelitian STARKI 2023 merupakan salah satu kegiatan yang diadakan dalam rangka Dies Natalis Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari (STARKI) ke-55. Kompetisi ini memiliki nilai lebih karena penelitian yang diadakan adalah penelitian yang bersifat kolaboratif: dosen dan mahasiswa. Mulai dari Maret 2023, masing-masing tim melakukan riset kolaboratifnya dengan topik yang beragam, namun masih dalam ranah bidang ilmu komunikasi dan kesekretarisan.

Tepat di hari Senin, 11 Desember 2023 para tim riset tersebut mempresentasikan hasil penelitiannya pada acara Forum Ilmiah Dosen: Diseminasi Hasil Penelitian, Kompetisi Hibah Penelitian STARKI 2023. Acara ini diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Terdapat 5 judul penelitian yang dipresentasikan pada acara tersebut, yaitu:

  • Kelompok 1

“Peningkatan Digital Skill (Kecakapan Digital) Mahasiswa STARKI melalui Penggunaan Pre-Experiment One-Group Pretest-Posttest Design”

  • Kelompok 2

Social Media as Showcases of Self; The Real Dramatism

  • Kelompok 3

“Pemilihan Media Sosial dalam Pemenuhan Informasi Memilih Perguruan Tinggi”

  • Kelompok 4

“Portraying Celebrity Worship Syndrome Among K-Pop Fans Through Social Media”

  • Kelompok 5

“Praktik Dark Pattern di Media Sosial; Studi Eksplorasi pada Pengguna Facebook dan Instagram”

Acara yang dihadiri oleh segenap Pimpinan, para tim peneliti, dosen dan mahasiswa STARKI ini berlangsung selama sekitar 2 jam di ruang Laboratorium Bahasa 210. Ketua STARKI, Dr. rer. pol. A.Y. Agung Nugroho, M.M., menyampaikan apresiasinya kepada dosen dan mahasiswa yang telah menyelesaikan penelitiannya, dimana kegiatan ini juga merupakan sebagai penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Beliau berharap penelitian ini bukan hanya untuk pihak internal di lingkungan STARKI tetapi juga bisa dipublikasikan supaya makin banyak masyarakat yang mengenal STARKI.

Masing-masing kelompok atau tim riset secara bergantian mempresentasikan hasil dari riset penelitiannya yang telah dilakukannya. Ketua Tim Riset adalah para dosen STARKI. Tim riset 1 adalah (Almarhum) R. Koesmaryanto Oetomo, S.Kom., M.Si. dengan anggotanya adalah Petrus Dwi Ananto Pamungkas, S.Kom., MMSI. (dosen) dan Nithania Septianingsih selaku anggota mahasiswa, Tim Riset 2 adalah Dr. Agustinus Rustanta, S.Pd., M.Si (ketua tim), Maria Angeline Yoshevanya Haryanto (anggota, mahasiswa), Emerentiana Ivana Retnoningsih (anggota, mahasiswa), Tim Riset 3 adalah Elsie Oktivera, S.S., M.Si. (ketua tim), FA. Wisnu Wirawan, S.Pd., M.Si. (anggota, dosen), Amelia Surya (anggota, mahasiswa), Tim riset 4 adalah Gabriella Novianty Soedjarwo, S.Pd., M.Hum (ketua tim), Emerentiana Ivana Retnoningsih (anggota, mahasiswa), dan Tim Riset 5 adalah Dr. rer. pol. A. Y. Agung Nugroho (ketua tim), Meitha Herlina Sumampouw (anggota, mahasiswa).

Setelah pemaparan dari masing-masing kelompok, Bapak Jati Wahyono Agustinus, M.P.d selaku moderator memandu waktu sesi tanya jawab kepada para peserta yang hadir untuk dapat melakukan diskusi bersama terkait dengan penelitian dari masing-masing kelompok tersebut. Hasil penelitian dalam Kompetisi Hibah Penelitian STARKI 2023 ini tidak hanya dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi namun juga pada konferensi dan jurnal internasional.

Kegiatan hibah penelitian ini diharapkan dapat menjadi kegiatan berkala setiap tahun. Selain memberi khasanah baru di  dunia penelitian dan ilmu pengetahuan, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan semangat para dosen dan mahasiswa untuk dapat menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. Selain itu, hasil penelitian dan publikasi diharapkan pula dapat membawa nama baik STARKI ke khalayak luar, sehingga STARKI semakin dikenal atas prestasi-prestasinya yang mampu membawa karya ilmiah STARKI baik ke tingkat nasional sampai internasional.