APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Studium Generale STARKI bersama ASPIKOM

avatar penulis

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

25 September 2023

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Sudah waktunya yang mampu beradaptasi dengan teknologi komunikasi yang dapat menikmati kemudahan-kemudahan dalam berkomunikasi. Manusia terhubung satu dengan yang lain tanpa harus bertemu secara fisik. Rasanya dunia telah terbuka lewar dan tidak ada lagi Batasan ruang dan waktu. Segala kebutuhan akan informasi dapat diperoleh dengan mudah, cukup menggerakan jempol maka segala informasi degera tersaji tanpa banyak usaha.

Kata orang, saat ini banyak hal telah digantikan oleh mesin terutama mesin komunikasi. Dengan menggunakan teknologi komunikasi, ia tidak akan pernah merasa lelah, tidak perlu dibayar, tidak mengenal hari libur, tidak menuntut, dan tidak banyak membantah namun produktivitas tetap tinggi. Walaupun begitu, ada banyak hal yang tetap dibutuhkan dan tidak digantikan oleh teknologi apapun. Salah satunya adalah karakter seseorang.

Karakter ada pada diri manusia dan tidak dapat digantikan oleh teknologi apapun termasuk artificial intelligence (AI). AI diciptakan manusia untuk memenuhi ke butuhan komunikasi manusia. Hanya manusia yang dapat merasakan, menjalin interasi, dan mengembangkan pemikiran. Kebutuhan sumber daya manusia juga tidak hanya berdasarkan kemampun pada penguasaan teknologi tetapi lebih penting adalah karakter orang itu sendiri.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Asosiasi Program Studi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Pusat Dr. Bekti Istiyanto pada acara Studium Generale di Kampus STARKI pada 18 September 2023 sebagai kuliah perdana. Acara ini dihadiri oleh dosen dan semua mahasiswa STARKI. Tema yang menarik membuat mahasiswa antuasias mengikuti dibuktikan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh mahasiswa kepada nara sumber.

Kemajuan teknologi komunikasi ini menjadi tantangan bagi mereka yang mudah menangkap peluang. Banyak sekali pekerjaan saat ini yang pada dasarnya memanfaatka teknologi. Di lain sisi, kehadiran teknologi ini mengancam keberadaan manusia. Banyak pekerjaan saat ini yang harus hilang karena digantikan teknologi. Supaya kita tidak ketinggalan dan tidak kehilangan pekerjaan maka yang perlu dilakukan adalah memanfaatka teknologi ini untuk membantu kita bekerja.