APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Webinar Komunikasi Sosial Gereja Katolik yang Adaptif di Era Digital

avatar penulis

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

5 September 2023

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

STARKI sebagai salah satu karya pelayanan pendidikan Suster-Suster Cinta Kasih Santo Carolus Borromeus, mengadakan webinar dengan tema Komunikasi Sosial Gereja Katolik yang Adaptif di Era Digital pada Rabu, 30 Agustus 2023. Peserta dari webinar ini adalah rohaniwan dan juga awam di institusi Katolik. Tercatat ada lebih dari 200 peserta webinar berasal dari berbagai kota di Indonesia, yang tersebar di Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan Surabaya, Keuskupan Malang, Keuskupan Agung Medan, Keuskupan Agung Palembang, Keuskupan Agung Pontianak, Keuskupan Banjarmasin, Keuskupan Manado, Keuskupan Agung Ende (NTT), Keuskupan Agung Makasar/ Keuskupan Amboina.

Keynote speaker dari webinar ini adalah Mgr. Kornelius Sipayung, OFM.Cap.,  Ketua Komisi Komunikasi Sosial Konferensi Waligereja Indonesia. Narasumber lain yaitu RD. Anthonius Steven Lalu, Sekretaris Eksekutif Komisi Komunikasi Sosial Konferensi Waligereja Indonesia. Nara sumber ketiga adalah Dr. phil. Lisa Esti Puji Hartanti, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta yang pakar di bidang komunikasi dan media sosial, serta aktif dalam berbagai organisasi Katolik. 

Webinar dibuka dengan kutipan dari Santa Teresa dari Kalkuta “Sebarkanlah cinta kemanapun kamu pergi. Jangan biarkan seorang pun yang datang kepadamu, pergi tanpa menjadi lebih Bahagia.” Melalui pemamaran materi dari ketiga narasumber, para peserta webinar diingatkan kembali bahwa orang Katolik mempunyai tugas perutusan untuk mewartakan Kabar Sukacita. Tugas pewartaan Kabar Sukacita adalah tugas bersama, rohaniwan maupun awam. Gereja sangat terbuka secara positif dan adaptif di era digital saat ini, untuk memanfaatkan media komunikasi agar menjangkau lebih banyak orang untuk mewartakan Kabar Sukacita. Di tengah tantangan era digital saat ini, dimana banyak informasi hoax dan konten-konten negatif, kita diajak untuk memanfaatkan teknologi, untuk menjadi conten creator yang membawa konten positif, yang menginspirasi lebih banyak orang untuk berbagi makna kehidupan, membawa kabar sukacita Kerajaan Allah.

Pesan pokok acara tersebut adalah bahwa geraja tidak hanya adaptif namun juga produktif di era digital ini. Gereja harus mampu memanfaatkan teknologi komunikasi yang kian canggih dalam pewartaan karena dengan berkembangnya teknologi ini semua orang dapat berperan aktif menjadi agen pembaharu gereja. Semoga melalui webinar ini akan lahir banyak influencer baru dan akan muncul karya-karya pewartaan baru di media-media digital.