redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Pelatihan Hidroponik

avatar penulis

Anggi Maulinda

21 September 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pelatihan Hidroponik

Hidroponik,Aeroponik, Aquaponik, …semuanya berurusan dengan tanaman dan nutrisinya. Sebenarnya teknologi ini sudah lama berkembang, hidroponik sendiri sudah dimulai dari tahun 1600-an namun masih secara sederhana. Baru kemudian berkembang secara lebih baik pada tahun 1900-an.

Sementara aeroponic (sistem tanam dengan akar menggantung, pemberian nutrisi melalui penyemprotan larutan nutrisi dalam bentuk gas kabut /aerosol). Aeroponik adalah hasil modifikasi dari hidroponik. Aeroponik berasal dari kata aero dan phonos. Aero berarti udara. Udara tersebutlah yang menjadi pembeda antara aeroponik dengan hidroponik. Metode aeroponik hanya memerlukan air dan tidak memerlukan bantuan media yang lainnya semacam pasir, sekam, rockwoll, dan lainnya. Jadi, akar tanaman yang menggunakan metode aeroponik dibiarkan menggantung di udara. Di Indonesia aeroponik mulai berkembang pada tahun 1998 di Lembang (Bandung).

Makin banyak orang berkreasi dan menciptakan pola aquaponik (bertanam dengan memanfaatkan prinsip daur ulang kotoran ikan yang dijadikan nutrisi tanaman, akar tanaman memanfaatkan nutrisi berupa kotoran ikan dan menyaring air untuk kolam /aquarium).

Aquaponik adalah metode bertanam yang memungkinkan petani tidak hanya memproduksi tanaman, namun juga beternak ikan. Metode yang satu ini mengombinasikan antara metode hidroponik dengan metode budidaya hewan air. Metode menanam yang satu ini unik dan masih jarang terlihat digunakan. Aeroponik terbilang sangat efisien karena petani bisa memproduksi ikan dan tanaman secara bersamaan. Antara ikan dan tanamanpun saling menguntungkan satu sama lain.

Banyak masyarakat kita masih beranggapan jika yang namanya penerapan teknologi itu pasti mahal. Sebenarnya itu tidak sepenuhnya benar. Kita bisa mulai dari teknologi yang sederhana. Yang pasti dibutuhkan adalah : Kemauan, kreatifitas, sedikit biaya dan waktu.

Hari Sabtu, 24 Desember 2016 kami melaksanakan pelatihan hidroponik dasar untuk umum dan mahasiswa. Kegiatan dilaksanakan di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Graha Karya Muara Bulian. Tahap awal peserta tidak terlalu banyak, hanya 20-an orang. Kegiatan ini akan kami lakukan secara rutin setiap bulannya dengan materi yang berbeda-beda, mudah-mudahan bermanfaat dan jumlah peserta semakin banyak.

https://stipgrahakaryamuarabulian.ac.id/2016/12/25/pelatihan-hidroponik/