redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

KKN STAI Al-Furqan Makassar Adakan Festival Anak Shaleh

avatar penulis

nurzubai ca

2 October 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Furqan Makassar Sulawesi Selatan melepas sejumlah mahasiswa untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan XV. Pada kegiatan yang berlangsung dua bulan tersebut, diadakan juga festival anak shaleh.

“Pada puncak program kerja dari KKN ini, kami menyelenggarakan festival anak shaleh,” kata Sahyul Pahmi, Kamis (4/4). Kegiatan diselenggarakan di Desa Bonto Bunga Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros.  

Tujuan diadakannya festival ini sebagai hasil dari pembinaan mahasiswa KKN STAI Al-Furqan Makassar selama 2 bulan di Desa Bonto Bunga. “Ini juga sebagai ajang untuk melahirkan potensi-potensi generasi muda dan masyarakat yang cinta Al-Qur’an,” kata koordinator kecamatan KKN tersebut.

Melalui pembinaan mahasiswa KKN STAI Al-Furqan Makassar para santri TPA diajak untuk memahami Islam rahmatan lil’alamiin. “Yakni Islam yang penuh dengan kasih sayang, menghargai sesama manusia, teman baik muslim maupun non muslim,” urainya. Karena di desa tersebut ada sebuah dusun yang kebanyakan dihuni oleh non Muslim, lanjutnya.

Festival dibuka oleh shalwat barzanji dialeg Bugis-Makassar dan diisi oleh 8 cabang lomba dan salah satunya adalah Shalawat Badar. 

Pada lomba Shalawat Badar inilah semangat santri Taman Pendidikan Al-Qur’an atau TPA dan masyarakat sangat terlihat. “Ini pula yang membuat kami bersemangat menggemakan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Apalagi tidak sedikit peserta yang menangis haru,” tandasnya.

Keberadaan mahasiswa KKN STAI Al-Furqan Makassar sangat ditunggu oleh pemerintahan desa setempat. Bahkan untuk angkatan berikutnya telah siap menanti dan menerima. Karena kelebihan dari kampus ini adalah mampu  mengajari anak kampung dengan tajwid dan makharijul huruf, shalawat, hingga festival, kata salah seorang warga Desa Bonto Bunga.