redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Untag Surabaya Meraih Penghargaan Kampus Unggul Predikat Utama Di Kopertis Wilayah VII Jawa Timur

avatar penulis

Anggi Maulinda

5 February 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya meraih penghargaan sebagai kampus unggul Perguruan Tinggi Swasta (PTS) predikat utama di lingkungan Kopertis Wilayah VII Jawa Timur. Penghargaan tersebut berdasarkan surat keputusan Koordinator Kopertis Wilayah VII Nomor : 061/K7/KL/2015 tanggal 11 Mei 2015.

Dalam menghadapi Asean Economic Community tahun 2015 pelaku bidang pendidikan tingggi harus meningkatkan kualitas pada Tridharma perguruan tinggi, agar menghasilkan lulusan yang kompetitif, berkarakter tangguh dan bermoral kebangsaan.

Untuk mewujudakan lulusan sesuai yang diharapkan pada kondisi saat ini dan amanah undang-undang pendidikan tinggi, maka Kopertis Wilayah VII Jawa Timur memberikan penghargaan kepada perguruan tinggi di lingkungan Kopertis Wilayah VII yang telah berupaya untuk meningkatkan prestasinya pada empat bidang yaitu bidang kelembagaan dan kerjasama, pendidik dan tenaga kependidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta pembelajaran dan kemahasiswaan.

Dr. Andik Matulessy. M.Si selaku wakil rektor I Untag Surabaya mengaku bangga karena masuk dalam kategori kampus unggulan utama bersama beberapa Perguruan Tinggi Swasta yang lainnya di Jawa Timur. “ Kami bangga dan harus tetap meningkatkan kualitas karena tolok ukur kampus unggulan semakin kompleks dan sulit,” tegas Andik saat dikonfirmasi lewat SMS, kamis (21/3/2015).

Adapun tujuan pemberian penghargaan bagi perguruan tinggi yang berprestasi adalah (1) dapat memberikan motivasi kepada perguruan tinggi untuk meningkatkan pengelolaan perguruan tinggi yang kredibel dan akuntabel, (2) agar perguruan tinggi dapat menghasilkan lulusan yang mempunyai akhlak mulia, dapat memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mempunyai daya saing yang tangguh di era global, (3) memacu semangat perguruan tinggi untuk selalu meningkatkan mutu agar menjadi kampus unggul, dan (4) agar perguruan tinggi senantiasa meningkatkan efektifitas dan efiensi pengelolaan perguruan tinggi.

“ Bersama seluruh civitas akademika untag Surabaya tetap berusaha keras untuk menjadi kampus unggul dan berkualitas berbasis IT,” imbuh Andik.

Penghargaan yang diberikan oleh Kopertis Wilayah VII bagi perguruan tinggi merupakan penilaian prestasi bagi perguruan tinggi yang dilakukan secara komprehensif berdasarkan data yang ada di Kopertis Wilayah VII dan masukan dari pihak lain yang terkait. Selain dari empat bidang tersebut dasar penilaian juga berasal dari forlap dikti, wasdalbin, data kopertis dan website lembaga terkait yang kredibel.

 

(www.untag.ac.id)