APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

FISIP UNAIR Terima Kunjungan dari Akademisi Prince of Songkla University Terkait Pemilu

avatar penulis

Kartika Putri

19 February 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga (FISIP UNAIR) menerima kunjungan akademisi dari Prince of Songkla University (PSU) di ruang Adi Sukadana pada Selasa (13/02/2024). Mereka membahas proses pemilihan umum yang akan dilaksanakan di Indonesia besok melalui program acara Election Watch. Para dosen dan mahasiswa aktif dari PSU berkunjung ke Indonesia untuk mengamati langsung dinamika politik Indonesia. Acara Election Watch yang diselenggarakan oleh FISIP UNAIR menjadi platform penting bagi para akademisi PSU untuk mendapatkan wawasan yang mendalam tentang sistem pemilu dan politik Indonesia.

Asst Prof Dr Anwar Koma, dosen dari PSU, mengatakan bahwa sebelum kedatangannya ke Indonesia, ia melakukan riset melalui artikel, tayangan YouTube, dan email mengenai program Election Watch. “Sebelum datang, saya membaca email dan mendengarkan analisis pemilu di Indonesia secara sekilas melalui media online,” ujarnya. Acara Election Watch ini memberikan kesempatan kepada para dosen untuk mengamati langsung proses pemilu yang berlangsung setiap lima tahun sekali di Indonesia.

Dalam kunjungannya, Prof Anwar menjelaskan tentang keterlibatan langsung antara dosen dan mahasiswa yang terjun ke lapangan dengan pembentukan study group. Proses itu diterapkan untuk mempermudah diskusi antara mahasiswa dan dosen PSU dalam mengobservasi pemilu. Kegiatan ini menjadi ajang timbal balik dari kunjungan program studi ilmu politik yang mengobservasi pemilihan di Thailand pada tahun 2023.

“Para dosen sebelum datang ke sini memutuskan menerapkan kelompok studi di mana anggotanya terdiri dari dosen dan mahasiswa. Hal ini dipilih untuk mempermudah kami dalam berpendapat,” jelasnya.

Kedatangan para dosen dan mahasiswa PSU bertujuan untuk memahami lebih dalam sistem pemilihan umum yang akan dilaksanakan di Indonesia. Dari kunjungan mereka, para dosen ingin mengetahui secara langsung pengetahuan para mahasiswa dari praktik lapangan di Indonesia. Dosen yang ikut mendampingi ingin melihat sejauh mana pengetahuan yang dimiliki mahasiswa dapat diterapkan dalam praktik lapangan. Selain itu, melalui Election Watch yang diselenggarakan di FISIP UNAIR, diharapkan akan memberikan wawasan baru bagi para mahasiswa. Terutama dalam konteks pemilihan umum, dan memahami teori-teori baru yang langsung diterapkan di lokasi.

FISIP UNAIR, terutama Program Studi Ilmu Politik, berhasil memberikan ruang bagi akademisi internasional untuk memahami politik Indonesia. Para akademisi internasional terkesan dengan keramahan dan kemahiran mahasiswa dalam berbahasa Inggris.

 

Sumber : Fisip UNAIR