redesain-navbar Portlet

redesain-kampus-pintar Portlet

FH UNIB Juara I Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi Regional Barat 2019

Azrul Prayoga

17 March 2020 0 Komentar

Image Article

Fakultas Hukum UNIB kembali menorehkan prestasi dalam perlombaan bidang hukum. Kali ini, Tim FH UNIB meraih Juara I pada ajang Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi atau CMCC (Constitutional Moot Court Competition) Piala Ketua Mahkamah Konstitusi Wilayah Barat 2019, yang digelar di Universitas Lampung, 1-3 Oktober 2019.

Berdasarkan informasi disampaikan Kepala Bagian HAN/HTN Fakultas Hukum UNIB, Dr. Edra Satmaidi, SH, M.Hum melalui Dosen Pembina CMCC, Ari Wirya Dinata, SH, MH, Tim CMCC FH UNIB meraih Juara I setelah di babak final berhasil mengalahkan Tim CMCC Universitas Lampung.

“Kompetisi ini diikuti 12 perguruan tinggi wilayah regional barat. Dari 12 peserta dibagi dua group dan peraih point tertinggi di masing-masing group berhak melaju ke babak final. Akhirnya, setelah mengalahkan UNSYIAH (Universitas Syahkuala-Aceh), Tim CMCC UNIB mendapat point tertinggi di group B dan masuk final yang berhadapan dengan Tim CMCC UNILA dari group A. Nah di babak final, Tim CMCC UNIB juga berhasil meraih point tertinggi dan dinyatakan sebagai Juara I dan Tim UNILA harus puas sebagai Juara II,” ujar Ari kepada Tim Humas, Kamis (3/10/2019).

Tim CMCC FH UNIB beranggota lima mahasiswa yaitu, Ummu Salamah, Anissa Salsabila, Indah Rosalina, Mega Martina Napitupulu, Syabrina Nasution, dan Rahmat Hidayat. Para mahasiswa ini, juga pernah meraih prestasi gemilang sebelumnya, seperti menjadi Juara I Nasional Debat Konstitusi Mahkamah Konstitusi dan Juara II Debat Hukum pada ajang “Andalas Law Competition” di Universitas Andalas – Sumatera Barat.

“Dengan kemenangan ini Tim CMCC FH UNIB akan melaju ke tingkat nasinoal CMCC Piala Ketua Mahkamah Konstitusi di Jakarta tanggal 13-16 Nopember akan datang. Kita akan mempersiapkan diri dengan baik sehingga pada tingkat nasional juga bisa meraih prestasi lebih baik,” ucap Ari.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum UNIB Prof. Dr. Herawan Sauni, SH, MS mengaku sangat bangga atas prestasi para mahasiswa di Tim CMCC ini. Dia juga mengatakan pihak fakultas akan memberikan support agar Tim CMCC FH UNIB dapat mengikuti kompetisi tingkat nasional dan meraih prestasi gemilang seperti yang terjadi pada kompetisi debat konstitusi beberapa waktu lalu.

“Untuk tingkat nasional nanti, kita akan support dan dukung sepenuhnya. Para anggota tim juga harus mempersiapkan diri dengan baik, sehingga FH UNIB kembali menjadi juara seperti pada lomba debat MK bulan Agustus lalu,” ujar Prof. Herawan.

Informasi dihimpun Tim Humas UNIB dari website https://mkri.id, Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi Tingkat Regional Barat Tahun 2019 digelar Mahkamah Konstitusi (MK) bekerjasama dengan Universitas Tarumanegara (UNTAR), Universitas Lampung (UNILA), serta Asosiasi Pengajar Hukum Acara Mahkamah Konstitusi (APHAMKA).

Tim CMCC UNIB berhasil meraih Juara I usai mengalahkan Universitas Lampung (Juara 2) dalam babak final dengan tema “Pendekatan Konstitusional dan Perspektif HAM Terhadap Keterbukaan Informasi Publik Yang Dikecualikan UU”, pada Rabu (2/10/2019) malam.

Selain itu, Universitas Bengkulu juga terpilih sebagai tim yang melaju ke tahap nasional bersama 2 pemenang lainnya, yakni Universitas Padjadjaran dan Universitas Islam Jakarta. Mereka akan berkompetisi kembali dengan para pemenang dari Regional Timur dan Regional Tengah untuk memperebutkan Piala Bergilir Ketua MK.

Kepala Bagian Humas dan Kerjasama Dalam Negeri MK, Fajar Laksono menekankan siapapun yang menjadi juara dalam kompetisi ini merupakan yang paling terbaik dari yang terbaik. Karena semua peserta telah menunjukkan masing-masing kemampuannya yang memukau dewan juri.

“Argumentasi yang dikemukan oleh para delegasi sudah baik dan menguasai materi, Terimakasih kepada semua delegasi karena semua tampil memukau menampilkan kemampuan terbaiknya,” tuturnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum UNILA Maruli menilai kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berargumentasi. Selain itu, berfungsi guna menumbuhkan budaya untuk melatih berbicara secara positif. Semoga nantinya para mahasiswa dapat mengambil pembelajaran untuk mempersiapkan masa depan.

“Bersama tumbuhkan cinta tanah air yang berguna bagi kehidupan kita semua, kepada pemenang dan semua mahasiswa harus melakukan yang terbaik kedepannya dan semoga bisa lebih baik lagi untuk beracara secara nyata di MK,” tandasnya.

Sebagai pemenang Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi Regional Barat dari Universitas Bengkulu, Ummu Salamah ditemui setelah pengumuman juara, merasa sangat bahagia karena menjadi pemenang dalam Kompetisi bergengsi se-Indonesia.

Selain itu, ia dan timnya juga akan bekerja keras demi yang terbaik di kompetisi tingkat nasional nantinya. “Tentunya bahagia bisa jadi juara ternyata bisa menjadi juara regional ini. Untuk selanjutnya, akan belajar dan bekerja keras agar bisa berkompetisi dengan lancar di tahap nasional,” ucapnya.

Pengumuman para pemenang tersebut disampaikan oleh Dosen FH UNTAR Ahmad Redi sebagai perwakilan juri. Turut menjadi juri, Kabag Humas dan Kerjasama Dalam Negeri MK Fajar Laksono, Panitera Pengganti MK Wilma Silalahi, Peneliti MK Bisariyadi dan Anna Triningsih, Ahmad Sudiro Dekan FH UNTAR, Dosen FH Universitas Pancasila Ilham Hermawan, Hesti Armiwulan Ketua Lab HTN FH Ubaya, Ketua DPD APHAMK Jabar Rusli K Iskandar, Sunny Ummul Firdaus Sekjen DPP APHAMK. Jayus DPP APHAMK Jatim, Siti Marwiyah Ketua DPP APHAMK Jatim, Dosen FH UNILA Budiono serta Yusnani Hasyim Zum.

(unib.ac.id)

komentar

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp