redesain-kampus-pintar Portlet

UNISZA Terengganu Malaysia Sepakati Kerjasama Pertukaran Mahasiswa dengan FUF UINSA

Anggi Maulinda

25 January 2018 0 Komentar

Image Article

UNISZA Terengganu Malaysia Sepakati Kerjasama Pertukaran Mahasiswa dengan FUF UINSA

Kamis, 25 Januari 2018, empat orang delegasi dari UNISZA (Universiti Sultan Zainal Abidin) Terengganu Malaysia berkunjung ke Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) untuk penjajakan kerjasama pertukaran mahasiswa, atau student mobility. Pihak UNISZA bermaksud mengumpulkan informasi tentang peluang melakukan pertukaran mahasiswa. Salah satu syarat pokok yang perlu dipenuhi untuk pertukaran mahasiswa ini adalah sekurang-kurangnya ada 80% matakuliah dalam struktur kurikulum atau silabus yang identik.

Delegasi dari Fakulti Pengkajian Kontemporari Islam ini dipimpin Dr. Normadiah Daud. Dr. Normadiah menambahkan, bahwa meski syarat ke-identik-an tersebut diperlukan, bukan berarti harus sama nama nomenklatur matakuliahnya. Ada kemungkinan menganggap sama matakuliah dengan rumpun ilmu yang serupa. “Rencananya, mahasiswa yang akan diproyeksikan untuk mengikuti program ini adalah mahasiswa semester 4 ke atas selama 1 semester,” ujar Dr. Normadiah.

Rombongan dari UNISZA diterima Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF), Drs. Muktafi, M.Ag, dan Wakil Dekan Bidang Keuangan, Dr. Aniek Nurhayati, M.Si. Acara berlangsung dalam suasana keakraban dan kehangatan di Ruang Dekan FUF, serta menghasilkan beberapa poin penting. Salah satunya adalah diputuskannya 9 (sembilan) matakuliah yang tersebar di 3 Program Studi di lingkungan FUF, yakni dari Prodi Aqidah dan Filsafat Islam, Prodi Studi Agama-Agama, dan Prodi Ilmu Alqur’an-Tafsir. Kesembilan matakuliah tersebut adalah: Pengantar Filsafat, Kajian Teks Ilmu Tasawuf, Ilmu Perbandingan Agama, Hubungan Antar Agama, Ilmu Mantiq, Tafsir Maudhu’i, Tafsir Tahlili, Ulum al-Qur’an, dan Ulum al-Hadis.

Menanggapi kunjungan ini, Drs. Muktafi, M.Ag, merasa terhormat sebagai tuan rumah. Menurut Drs. Muktafi, kunjungan ini merupakan bukti bahwa secara regional (Rekognisi Kawasan Asia Tenggara), FUF semakin dilihat kiprahnya di luar Indonesia. Dr. Aniek Nurhayati, M.Si juga menambahkan bahwa kepercayaan UNISZA yang berminat kerjasama dengan FUF UINSA merupakan motivasi FUF agar semakin meningkatkan kualitas pendidikan, riset, pengabdian, serta layanan kepada mahasiswa dan perangkat stake-holders yang lain. Lebih lanjut, D. Aniek memastikan akan ada kunjungan balasan ke UNISZA dari delegasi FUF untuk mengkaji matakuliah dan program studi apa saja yang bisa diikuti mahasiswa FUF sebagai realisasi kerjasama ini.

komentar

terbaru


image article

Jumat, 02 Agustus 2019 UI...

03 August 2019

image article

UNISZA Terengganu Malaysi...

25 January 2018

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka

redesain-navbar Portlet