APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Dekan Ekonomi Unissula Dapat Penghargaan Kemenristekdikti

avatar penulis

Fikha Ardiani

6 February 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Dekan Fakultas Ekonomi Unissula Olivia Fachrunnisa PhD mendapatkan penghargaan sebagai penyaji terbaik riset terapan dari Kementrian Ristek Dikti yang diberikan di sela sela acara seminar hasil peneletian (27-28/2) di Semarang.

Olivia mengungkapkan bahwa penelitian dilakukan selama dua tahun (2015 dan 2016) dengan menggunakan pendanaan dari DPRM KemenristekDikti skema riset terapan, penelitian strategis nasional. Judul penelitian adalah: Trust, Fairness and Economics (Model) untuk Mengukur Sustainabilitas Digital Collaboration Networks (DCN) UKM Indonesia.

“Riset yang saya buat melibatkan sejumlah UKM Batik di Jawa Tengah dan DIY yang mulai membentuk komunitas digital untuk saling berbagi dan menguatkan daya saing produk masing masing. Teknologi internet yang sebelumnya hanya digunakan untuk marketing atau display produk, sekarang diinisiasi untuk ditingkatkan mejadi jaringan kolaborasi digital, dimana para pengusaha dapat berkomunikasi untuk saling memberikan informasi dan bekerjasama terkait peningkatan kualitas produk.” Ungkap Olivia.

Masih menurut lulusan doctoral Curtin University tersebut bahwa setelah komunitas tersebut terbentuk, maka supaya langgeng atau sustain ada tiga hal yang harus dipenuhi yaitu: kepercayaan (trust), fairness (keadilan) dan kesejahteraan sosial yang diperoleh setelah bergabung dengan komunitas. Penelitian saya menciptkan sebuah metodologi bagaimana supaya TFE Model tsb bisa diterapkan di DCN UKM Indonesia.

“Hasil penelitian saya mendapatkan apresiasi dari para reviewer jurnal dan konferens. Hal ini dibuktikan dengan telah terpublikasinya hasil penelitian pada dua jurnal internasional bereputasi (terindeks Scopus) dan dua conference paper di prosiding internasional yang juga terindeks di ISI Thomson” tutur Olivia.

Selain Olivia ada tiga peneliti lain di bidang riset terapan yang mendapatkan penghargaan sebagai penyaji atau peneliti terbaik yang sudah menyelesaikan project nya selama dua tahun.

Capaian penting tersebut semakin menguatkan Fakultas Ekonomi Unissula dalam meningkatkan kwalitas dan kwantitas penelitiannya. Diakuinya bahwa saat ini difakultasnya mengembangkan sebuah sistem yang dinamakan sistem peningkatan kualitas publikasi internasional (SPKPI) yang mengacu pada 3 RIP (rencana induk penelitian) yaitu penguatan sistem ekonomi Islam, pengembangan UKM dan implementasi ICT for Business.

“SPKPI ini kami kembangkan sejak tahun 2012 dan terus ditingkatkan sampai dengan hari ini. Sistem ini memberikan fasilitas kepada para dosen peneliti mulai mengembangkan topik penelitian (kilinik proposal penelitian sesuai kompetensi), monitoring pelaksanaan penelitian (berbagai pelatihan terkait pelaksanaan penelitian yang baik dan beretika) hingga pendampingan penulisan hasil dan pubilkasi internasional. Dengan jumlah dosen tetap sekitar 65, Fakultas Ekonomi Unissula berhasil memberikan kontribusi paling tinggi pada pendanaan eksternal dan publikasi baik nasional maupun internasional di Unissula.” Pungkas Olivia

(www.unissula.ac.id)