APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Mahasiswa Biologi UNSOED Belajar Langsung Dari Alam di Taman Nasional Karimun Jawa

avatar penulis

Kartika Putri

20 May 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Sebuah pendekatan belajar dengan melakukannya langsung di alam menjadi salah satu  dalam program menarik dari Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). Bertempat di Taman Nasional Karimun Jawa, serombongan mahasiwa Fakultas Biologi Unsoed melakukan praktikum lapangan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengaplikasikan teori dan konsep yang telah dipelajari di dalam kelas, seperti diversitas ekosistem laut dan organisme penyusun ekosistem laut.

Karimunjawa, sebuah kepulauan yang terletak di Laut Jawa, tepatnya di wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, berjarak sekitar 83 km ke arah utara Jepara. Biota laut di kepulauan ini sangat beragam, menakjubkan, dan sangat indah sehingga dipilih sebagai lokasi praktikum mata kuliah biologi laut.

Dr.rer.nat Erwin Riyanto Ardli S.Si.,M.Sc, mengatakan ada lima kegiatan yang dilaksanakan, yaitu pengambilan sampel plankton, observasi lamun, identifikasi invertebrata laut, observasi tutupan terumbu karang, dan pengamatan serta identifikasi ikan karang.

Mnenurutnya, kegiatan juga untuk mengenalkan kepada mahasiswa bagimana cara melakukan prosedur pengambilan data, analisis data untuk monitoring dan penelitian. “Pada tahun ini rangkaian kegiatan praktikum lapangan dilaksanakan selama lima hari pada bulan Mei 2024,” ujarnya.

Rombongan praktikum terdiri dari tim dosen, asisten praktikum, dan mahasiswa praktikan berangkat dari Purwokerto menuju Pelabuhan Jepara menggunakan minibus. Pukul 02.00 WIB, rombongan telah sampai di Pelabuhan Jepara dan kemudian beristirahat sambil menunggu kapal ferry penyebrangan Jepara-Karimunjawa. Menghabiskan kurang lebih 4,5 jam dengan kapal ferry yang berangkat pada pukul 07.00 WIB dan tiba di Pelabuhan Karimunjawa pada pukul 11.30 WIB.

Pelepasan tukik/anakan penyu di Pantai Kanjen untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian terhadap konservasi penyu yang terancam punah. Praktikum lapangan terjun langsung ke laut Karimunjawa ini merupakan kegiatan rutin setiap semester genap mata kuliah biologi laut. Antusiasme dan keceriaan seluruh peserta terlihat selama rangkaian kegiatan praktikum hari pertama dan kedua.

 Melalui praktikum biologi laut ini mahasiswa juga mengaku senang karena selain mendapatkan pengalaman praktikum terjun langsung ke laut mereka juga dapat menikmati keindahan alam Karimunjawa.

Sumber : https://www.unsoed.ac.id/id/mahasiswa-biologi-unsoed-belajar-langsung-dari-alam-di-taman-nasional-karimun-jawa