APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

PWNU Jatim Gandeng Unusa Berangkatkan Relawan Mahasiswa Gempa Lombok NTB

avatar penulis

Anggi Maulinda

25 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

PWNU Jatim Gandeng Unusa Berangkatkan Relawan Mahasiswa Gempa Lombok NTB

Duka mendalam masih menyelimuti warga Indonesia pasca Gempa Lombok yang bermagnitudo 7. Kamis, (9/8) suasana khidmat terlihat saat upacara pelepasan Tim Relawan dan Donasi Kemanusiaan di kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur (Jatim).

PWNU Jatim menggerakkan beberapa elemen dengan cepat untuk membantu para korban yang ada di Lombok, terutama elemen Nahdlatul Ulama (NU) salah satunya adalah  Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) dalam memberangkatkan Tim Relawan beserta Donasi Kemanusiaan ke Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sampai saat ini kamis, (9/8/2018) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah korban tewas mencapai 259 orang, sedangkan 1033 korban mengalami luka berat. Oleh karena itu Unusa bergerak cepat dalam mengirim Tim Medis Kemanusiaan.

Masih ada 2 Tim Medis yang diberangkatkan tahap pertama oleh Unusa. Mereka adalah Alfi Nur Hanifah dan Sofia Kamala dari Program Studi (Prodi) S1 Keperawatan semester 7.

Nantinya Unusa akan mengirim Tim Relawan lebih banyak lagi sesuai dengan kondisi lokasi bencana.

Alfi pemilik nama lengkap Alfi Nur Hanifah mengungkapkan bahwa ini adalah pertama kalinya dirinya bergabung sebagai Tim Relawan Kemanusiaan dan diberangkatkan langsung untuk mengabdi dan membantu saudara-saudara yang sedang terkena musibah gempa di Lombok.

“Harapan dari dikirimnya kita sebagai Tim Relawan Kemanusiaan, agar setidaknya kita dapat mengurangi beban saudara-saudara kita yang ada disana, apapun akan kita bantu” tuturnya.

Tahap pertama ini, Tim Relawan Kemanusiaan akan berda dilokasi sekitar 1-2 minggu kedepan dan kemudian akan disusul oleh tim berikutnya sesui dengan kebutuhan di lokasi bencana.

Berikut merupakan data yang diberangkatkan ke Lombok olehPWNU pagi hari ini, 1 Tim Teknis Lapangan terdiri dari Dapur umum dan Rescue, 1 Tim Kesehatan terdiri dari Dokter, Paramedis dan Tim Assassement, 1 Ambulance, dan 1 Truck mengangkut kebutuhan pokok seperti beras, mie, air minum, selimut, terpal dan lain sebagainya.

Galang dana yang dilakukan oleh Unusa ini dibantu oleh mahasiswanya terutama oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Siaga Bencana (Magana). Donasi ini dapat berupa barang ataupun uang yangmana donasi ini kemudian diserahkan ke PWNU Jatim agar segera disalurkan ke korban.

Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar dalam sambutannya saat pelepasan pengiriman bantuan dihalaman kantor PWNU Jatim dan dihadiri beberapa mahasiswa Unusa menuturkan bahwa PWNU sangat terbuka untuk menyalurkan donasi kemanusiaan ini, dari kelompok manapun, dari muslim maupun non muslim, dari suku apapun PWNU siap mengelola sekaligus menyalurkan.

“Kami harap kepedulian ini karena dari manusia untuk manusia, dari bangsa Indonesia untuk bangsa Indonesia yang lain, maka kami sangat terbuka dari elemen manapun, dari kelompok manapun yang ingin ikut peduli bersama kami, dari madura, dari jawa, dari Chinese, mari kita sama-sama peduli atas nama sesama anak bangsa” pungkasnya.

http://unusa.ac.id/pwnu-jatim-gandeng-unusa-berangkatkan-relawan-mahasiswa-gempa-lombok-ntb/