APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Dukung Implementasi MBKM, SoD UPH Berpartisipasi dalam Program MSIB.

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

20 March 2022

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

School of Design (SoD) Universitas Pelita Harapan (UPH) mendukung kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan menjalankan program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) pada tahun ajaran semester ganjil 2021-2022. MSIB merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin memperlengkapi dirinya dengan menguasai kompetensi spesifik dan praktis yang juga dicari oleh Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

“Program ini menjadi sangat penting karena dengan program Kampus Merdeka MSIB, mahasiswa diberi kesempatan untuk mencari pengalaman profesional melalui magang ataupun mencari ilmu dan studi yang dapat memperlengkapi pengetahuan yang diberikan di kampus melalui Studi Independen. Mahasiswa menjadi kaya pengalaman juga pengetahuan yang akan menambah bekal mereka saat sudah selesai dan bekerja nanti,” kata Dr. Martin L. Katoppo, S.T., M.T., selaku Dekan SoD UPH.

Salah satu mahasiswa dari program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UPH peminatan Sinematografi yaitu, Rahel Ayustine (2019) menjadi mahasiswa yang mengikuti program MSIB dan menjalankan masa magang di PT Mojadi Aplikasi Indonesia (Mojadi App), sebuah platform edukasi pelajar Indonesia yang memberikan solusi dari kekhawatiran dan kebingungan akan masa depan melalui berbagai fitur e-learning. Mojadi App sendiri merupakan sebuah perusahaan yang tergabung dalam program Kampus Merdeka Kemendikbudristek RI. Rahel mengaku selama program magang, ia banyak mendapatkan hard skills seperti keterampilan, complex problem solving, analytical skills, maupun soft skills seperti etika profesi/kerja, komunikasi, dan kerja sama.

“Selama ikut program MSIB di Mojadi App, saya mendapat pengalaman yang paling unik yaitu dapat mempraktekan pekerjaan secara langsung pada saat situasi pandemi yang berawal dari pra produksi hingga pasca produksi untuk mendapatkan hasil yang bagus dalam bentuk video. Selain itu saya juga mendapatkan banyak bimbingan dari mentor-mentor yang baik dan berprestasi di bidang akademik,” ungkapnya.

Bagi Rahel, dengan mengikuti program MSIB ini ia bisa mendapatkan pengayaan pengalaman profesional dan pengetahuan dari luar kampus, sehingga ia dapat melihat dan merasakan perkembangan dunia profesi serta keragaman pengetahuan yang ada di luar.

UPH akan terus mendukung visi misi yang disampaikan oleh Kemendikbudristek dan semakin meningkatkan kerjasama UPH dengan institusi mitra strategis dari dalam maupun luar negeri untuk dapat mengimplementasikan program-program dari MBKM.

Di SoD UPH, para mahasiswa terus dibimbing hingga mampu menjadi desainer yang berkualitas serta menghadirkan inovasi desain berkelanjutan dan transformasional. Jadilah bagian dari UPH sekarang! Untuk informasi lebih lanjut hubungi Student Consultants di 0811-1790-901 atau daftar di sini.