redesain-kampus-pintar Portlet

Karya Mahasiswa DKV Hadir di Pameran Poster Tipografi Internasional

Rosse Hutapea

04 October 2019 0 Komentar

Image Article

Desain Komunikasi Visual (DKV) UPH berkomitmen untuk terus menekankan kualitasnya dan memperluas eksposure hingga pada skala global. Beragam upaya dilakukan DKV UPH untuk mempersiapkan lulusannya mampu memiliki kualitas berdaya saing internasional. Salah satunya melalui pameran yang baru saja diadakan Type Unite ‘Language Relations', 23-27 September 2019 di UPH Kampus Lippo Village. Pameran berskala internasional ini menampilkan 80 karya mahasiswa dari 8 negara. Setiap negara menampilkan 10 karya untuk dipamerkan, dan dari Indonesia sendiri terpilih 6 karya mahasiswa DKV UPH, 2 mahasiswa ITB, dan 2 dari mahasiswa Trisakti.

“Tahun ini menjadi pertama kalinya kami ada dalam pameran Type Unite. Kenapa? Karena kami merasa karya-karya yang dipamerkan harus merupakan hasil keluaran dari mata kuliah di UPH. Sementara mata kuliah Tipografi Eksperimental ini baru ada 2018, sehingga tahun ini kami baru ikut serta. Dan output pertama dari mata kuliah ini ternyata mampu dipamerkan dalam pameran berskala internasional seperti ini. Dengan mengikuti pameran ini, merupakan bukti DKV UPH yang ingin mendorong para mahasiswa untuk memiliki daya saing internasional, bukan terbatas di dalam kampus,” jelas Alfiansyah Zulkarnain, S.Sn., M.Ds. – Ketua Program Studi DKV UPH.

Menurut Alfian, dengan pameran seperti Type Unite ini audiens bisa melihat langsung karya mahasiswa DKV UPH yang disandingkan dengan karya mahasiswa yang berasal dari beragam negara. Sehingga karya mereka dapat diakui kualitas, kekuatan, dan ciri khasnya secara global.

Irwan Harnoko, S.Sn., M.Ds. - Founder Worldwide Graphic Designer and Founder Type Unite menjelaskan bahwa Type Unite ini merupakan suatu pameran karya mahasiswa dari beragam negara yang fokus pada Teknik tipografi  dan telah berlangsung sejak 2016.

“Saat ini ada 8 negara yang tergabung di Type Unite ini yaitu Turkey, Indonesia, Ecuador, Poland, United Arab Emirates, South Korea, Hungary, and the United States. Tahun ini Type Unite hadir dengan tema ‘Languange Relations’ yang memiliki pesan untuk menghubungkan budaya antar negara khususnya dalam hal ini yaitu Bahasa asing dalam satu ruang seni, poster. Melalui desain kita bisa berbagi kekayaan budaya, walaupun ada keterbatasan seperti perbedaan bahasa, tapi tidak menghalangi. Karena kita bisa memahami melalui bahassa visual yang menjelaskan dari aspek seni,” jelas Irwan yang saat ini juga menjadi salah satu dosen pengampu mata kuliah Tipografi Eksperimental di DKV UPH.

Selain menampilkan karya-karya poster, dalam pembukaan acara ini juga dihadirkan Kuliah Tamu oleh David Bieloh, M.F.A dari Central Washington University (CWU), US yang memberikan paparan melalui skype secara langsung.  Dalam paparannya, secara umum David menjelaskan poster sebagai bahasa untuk menyampaikan pesan

"Bahasa itu sangat beragam bentuknya namun memiliki satu tujuan yaitu mengkomunikasikan pesan. Misalnya Poster, poster memiliki Bahasa visual yang digunakan desainer mengkomunikasikan pesan secara fleksibel  dalam satu gambar yang sederhana dan mudah dilihat,” jelas Bieloh.

Bieloh menekankan juga bahwa desain poster harus sangat diperhatikan karena desain pada dasarnya bentuk bahasa yang digunakan desainer untuk berkomunikasi dengan audiens. Sehingga suatu desain akan menentukan respon audiens.

Lebih lanjut Bieloh menjelaskan bahwa media visual memiliki expressive messaging, artinya proses dari sebuah pemikiran yang dituangkan ke dalam bentuk gambar atau visual. Hal ini menjadikan media visual sering digunakan sebagai alat penyampaian pesan dalam membahas isu sosial dengan tujuan untuk meningkatkan social awareness, contohnya pada pembuatan poster-poster sosial.

Usai paparan dari David Bieloh, seluruh peserta melakukan tur bersama untuk melihat seluruh karya poster yang dipamerkan. Dengan pameran ini, DKV UPH bersama seluruh pihak yang terlibat dalam Type Unite berharap bahwa mampu memperlihatkan hubungan antara budaya, bangsa, dan sistem Bahasa. Bahwa walaupun berbeda tapi kita semua bisa mengapresiasi karya-karya ini melalui Bahasa visual. (mt)

komentar

terbaru


image article

Keterampilan kerja sejak ...

04 October 2019

image article

Lembaga Konsultasi dan Ba...

04 October 2019

image article

Teknik Elektro Universita...

04 October 2019

image article

Pengembangan Sumber Daya ...

04 October 2019

image article

Di abad ke-21 ini, prekem...

04 October 2019

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka

redesain-navbar Portlet