redesain-kampus-pintar Portlet

Meet and Greet Creative Industries Ajak Calon Mahasiswa Intip Pengalaman Kuliah di UPH

Rosse Hutapea

04 October 2019 0 Komentar

Image Article

Di abad ke-21 ini, prekembangan zaman bergerak semakin cepat dengan inovasi-inovasi dan tren yang terus  berubah. Sebagai institusi pendidikan tempat tumbuh dan transformasi generasi muda, Universitas Pelita Harapan (UPH) menyadari kebutuhan pendidikan yang mampu menghasilkan pemimpin dalam sektor industri kreatif, yang tidak sekedar menciptakan tren-tren viral, melainkan juga menyelesaikan masalah-masalah di masyarakat tempat mereka tinggal.

Melihat kebutuhan ini, UPH menyediakan program-program studi yang mumpuni dalam bidang industri kreatif, seperti program studi Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, serta Musik.

Untuk memperkenalkan program-program studi ini, UPH mengadakan acara Meet and Greet pada tanggal 21 September 2019, yang dihadiri calon mahasiswa beserta orang tua. Di acara ini, calon mahasiswa dapat berinteraksi dan konsultasi langsung dengan para dosen, alumni, dan mahasiswa dari tiap prodi.

Dr. Martin Lukman Katoppo, S.T., M.T., dekan UPH School of Design (SoD), yang membawahi program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) serta Desain Produk (DP), kepada calon mahasiswa SoD menjelaskan tiga key values penting dalam setiap proses pembelajaran di DKV maupun DP: Design Thinking, Social Innovation, dan Redemptive Impact. Dengan value ini diharapkan para lulusan yang dicetak SoD UPH akan mampu menyelesaikan masalah-masalah nyata di masyarakat melalui desain yang membawa dampak yang menjadi kebaikan bagi masyarakat sekitar.

“Aplikasi ojek online, misalnya, dibuat karena ada orang-orang yang ingin menaikkan reputasi ojek. Karena ada permasalahan ini lah kemudian dibuat sistem serta aplikasi. Dalam aplikasi tersebut, desain sangat diperlukan. Misalnya, interface aplikasinya harus mudah dimengerti, agar pengguna tidak kesulitan memakainya. Nah, ini gunanya desain di masyarakat,” jelas Martin.

Sementara di program studi Musik, atau Conservatory of Music (CoM), menggunakan pendekatan relasi dan kolaborasi dalam proses pembelajaran musik, yang mana interaksi langsung ini menjadikan proses transfer ilmu lebih efektif. Para mahasiswa pun mengaku sering bekerja bersama dosen, pentas bersama, dan dapat bekerja selayaknya rekan kerja.

Tidak sedikit mahasiswa CoM UPH yang mendapatkan peluang karir bahkan sebelum lulus, berkat networking dari kampus. Karya-karya mahasiswa juga dapat dirilis dan menjadi awal karier bagi mereka. Hal ini berarti UPH memberi sarana bagi mahasiswa agar suara mereka bisa terdengar, dan mereka dapat berdampak di bidangnya  bahkan sejak masih duduk di bangku kuliah.

Dalam Conservatory of Music sendiri, peminatan yang ditawarkan sangatlah beragam, mulai dari Classical Performance, Jazz & Pop Performance, Music Therapy, Music Education, hingga konsentrasi-konsentrasi yang berfokus pada pekerjaan di balik layar seperti Sound Design dan Performing Arts & Production Management (PAPM). Setiap konsentrasi memiliki tujuan yang berbeda. Tidak semua musikus harus menjadi performer yang tampil di depan. Pekerjaan di balik layar pun sama pentingnya dalam industri bermusik.

Melalui pemaparan ini, para calon mahasiswa yang hadir di Meet and Greet, berkesempatan bertanya langsung kepada dosen dan mahasiswa yang sudah bergabung di UPH, untuk mendapat informasi lengkap. Mereka juga berkesempatan memperoleh penawaran khusus, seperti potongan formulir sebesar 50%, serta potongan admission fee sampai 20 juta rupiah.

Selain itu, bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi tingkat nasional ataupun internasional, UPH juga mmemberikan diskon admission fee tambahan, yakni 25% untuk penghargaan nasional dan 35% untuk penghargaan internasional. UPH juga memberikan beasiswa bagi mereka yang berprestasi secara akademik, olahraga, atau memiliki kebutuhan finansial. Ditambah lagi, calon mahasiswa Conservatory of Music tidak perlu mengirimkan video audisi mereka, melainkan dapat langsung melakukan live audition di UPH. Semua kemudahan ini hanya dapat diperoleh selama Meet and Greet berlangsung.

Sesi Meet and Greet berikutnya akan digelar  pada tanggal 27 September 2019 untuk cluster Health Sciences (program studi Medicine dan Pharmacy), dan pada tanggal 28 September 2019 Meet and Greet untuk cluster Solution Technology (program studi Informatics, Information System, Food Technology, Biotechnology, Electrical Engineering). Diharapkan dengan program Meet and Greet ini, calon mahasiswa beserta orang tua dapat memperoleh informasi yang tepat guna menentukan pilihan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

komentar

terbaru


image article

Keterampilan kerja sejak ...

04 October 2019

image article

Lembaga Konsultasi dan Ba...

04 October 2019

image article

Teknik Elektro Universita...

04 October 2019

image article

Pengembangan Sumber Daya ...

04 October 2019

image article

Di abad ke-21 ini, prekem...

04 October 2019

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka

redesain-navbar Portlet