redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Teachers College Sosialisasikan 5 Point ‘New Normal Series’ untuk Mahasiswa Baru di UPH Festival 2020

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

28 August 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Teachers College (TC) UPH menyambut kehadiran mahasiswa baru Tahun Akademik 2020/2021, dengan mensosialisasikan 5 poin ‘New Normal Series’ untuk memperlengkapi mahasiswa yang akan memulai kehidupan kampus. Sosialisasi ini disampaikan langsung oleh Oh Yen Nie, S.E., M.Ed., Dekan Teachers College UPH, dalam rangkaian New Student Orientation (NSO) pada tanggal 10-14 Agustus 2020, secara online.  

NSO TC UPH diawali dengan penjelasan visi dan misi fakultas serta perkenalan dengan para dosen, pembimbing akademik, dan seluruh staf fakultas. Pada kesempatan ini, para mahasiswa baru juga dijelaskan tentang sistem perkuliahan online yang akan dijalankan, serta keunikan program studi masing-masing.

Berikut ini 5 poin ‘New Normal Series’ yang disampaikan kepada mahasiswa baru TC:

Introduction to Online Learning

Mahasiswa baru diperkenalkan natur dan tujuan dari online learning, regulasi, serta bagaimana mereka menjalankan dengan respons hati yang benar serta berintegritas. Hal terpenting dalam natur online learning adalah etika selama menjalani kuliah online. Biasanya mahasiswa TC wajib menggunakan seragam, namun selama pembelajaran online mahasiswa dapat menggunakan baju bebas, rapi, dan sopan selain itu mahasiswa juga ditekankan untuk memperhatikan etika ketika menghubungi dosen saat ingin bertanya mengenai hal-hal yang kurang jelas saat kuliah online.

Introduction to Microsoft Teams dan Moodle

Mahasiswa baru diperkenalkan dan diberikan tutorial bagaimana menggunakan platform yang digunakan dalam menjalankan online learning. Untuk mempersiapkan mahasiswa dapat melakukan pembelajaran online, mahasiswa baru TC diberi pelatihan penggunaan Microsoft Teams dan Moodle oleh tim Educational Technology (Edutech) pada 11 Agustus 2020. Mahasiswa baru TC juga langsung mempraktikan penggunaan aplikasi tersebut dengan dibantu oleh mentor. Pembekalan mengenai penggunaan aplikasi ini juga sudah terangkum dalam TC Student Handbook yang diberikan kepada masing-masing mahasiswa.

Healthy Relationship & Good Communication

Mengingat konteks mahasiswa TC yang beragam, berbeda suku, budaya, latar belakang keluarga, dan realitas mereka tidak dapat melakukan interaksi tatap muka, maka mereka perlu diperlengkapi untuk dapat menjalin komunikasi dan relasi yang sehat. Hal ini sangat penting untuk ditanamkan oleh mahasiswa baru, sehingga dalam berinteraksi, bekerja sama, dan memahami keinginan atau maksud tujuan antar mahasiswa semakin baik.

Time and Money Management

Sebagai mahasiswa baru, mereka akan beradaptasi dalam banyak hal. Diantaranya, pengelolaan waktu dan uang adalah yang terpenting. Bukan hanya di dalam konteks online learning, tetapi secara utama sebagai pertanggungjawaban mereka kepada Allah. Sebagai mahasiswa yang akan menjalani kehidupan di lingkungan asrama di kampus sangat penting untuk bertanggung jawab terhadap penggunaan waktu dan uang.

Ethics and Social Media Skills.

Sebagai calon guru Kristen mahasiswa baru perlu aware dalam menggunakan media sosial, sehingga melaluinya mereka dapat menjadi garam dan terang, baik dalam kehidupan sosial, terutama bagi para anak-anak didik mereka kelak.

“Tentu pandemi Covid-19 ini membawa dampak dalam banyak aspek, salah satunya dalam sektor pendidikan sehingga kita harus menjalankan pembelajaran secara online. Tentunya, sebagai calon-calon guru Kristen yang disiapkan untuk mengajar di era yang baru nanti, kita berharap di TC kalian dapat berproses, dibentuk, dan bertumbuh (Grow) sebelum akhirnya kalian akan diutus (Go) menjadi berkat bagi pendidikan Kristen di Indonesia. Walaupun saat ini masih kuliah online, kami harap mahasiswa baru tetap semangat, tetap maksimal, dan selalu mengandalkan Tuhan,” Jelas Oh Yen Nie.

Melalui pertemuan antara dekan, kaprodi, dan staff fakultas dengan seluruh mahasiswa baru, diharapkan para mahasiswa semakin mengenal fakultas dan dapat mengikuti ritme perkuliahan dengan baik di TC UPH.