redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Universitas Udayana Selenggarakan International Conference on Sustainability Science and Management Advanced Technology in Environmental Research

avatar penulis

Azrul Prayoga

8 April 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Universitas Udayana selenggarakan International Conference on Sustainability Science and Management Advanced Technology in Environmental Research, Kamis-Jumat (14-15/11/2019), bertempat di Hotel Werdhapura Village Center Sanur Denpasar. Konferensi ini dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali Ni Luh Made Wiratmi, SE, M.Si. Konferensi ini terselenggara atas kerja sama Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Program Pascasarjana Universitas Udayana, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Brawijaya dan Chiba University Jepang.

230 peserta berasal dari 12 negara baik dari Asia, Eropa dan Amerika hadir dalam konferensi internasional ini yang menghadirkan para keynote speaker di bidang penelitian, yakni Prof. Ocky Karna Radjasa selaku Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Indonesia, Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo dari Center for Environmental Remote Sensing, Chiba University, Japan, Prof. Sei-Ichi Saitoh sebagai Head of the Arctic Research Centre, Hokkaido University-Japan, Dr. Stefano Vignudelli dari Consiglio Nazionale delle Ricerche, Instituto di Biofica, Pisa, Italy, Prof. Ming-An Lee dari Departement of Environmental Biology and Fisheries Science, NTOU and TGEO, Taiwan dan Prof. John Lynham sebagai Director of Graduate Ocean Policy Certificate, Universitas Hawaii.

Rektor Universitas Udayana yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Informasi Prof. Dr. Ida Bagus Wyasa Putra, SH.,M.Hum menyampaikan, konferensi ini merupakan suatu bagian dari kerja sama Internasional yang bertujuan untuk memperkenalkan riset lingkungan. Konferensi ini adalah tempat untuk berbagi hasil riset dan pengalaman-pengalaman dalam penggunaan temuan baru dalam bidang teknologi, “teknologi ini tidak hanya menjadi milik negara-negara maju, tetapi bisa kita serap di Indonesia untuk kita di dalam mengatasi berbagai masalah”. Konferensi berskala internasional ini terus ditumbuhkan di Universitas Udayana yang nantinya diharapkan bisa bermanfaat tidak saja bagi para pengajar tetapi juga bagi para mahasiswa, pemerintah, dan masyarakat pada umumnya.

Ketua panitia I Wayan Gede Astawa Karang, Ph.D dalam laporannya menyampaikan bahwa konferensi ini nantinya dapat digunakan sebagai ajang promosi berbagai inovasi dan solusi dalam penanganan masalah lingkungan di tingkat international. Bagi Universitas Udayana yang bertindak sebagai tuan rumah, kesempatan ini merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan komitment Universitas Udayana dalam meningkatkan intensitas dalam permasalahan lingkungan serta sebagai ajang untuk meningkatkan kerja sama international di bidang tri dharma perguruan tinggi antara Universitas Udayana dengan berbagai universitas dan lembaga lainnya dari seluruh dunia.

(unud.ac.id)