redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

UWM Implementasikan Hasil Riset ke Masyarakat

avatar penulis

Anggi Maulinda

28 February 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

UWM Implementasikan Hasil Riset ke Masyarakat

Penelitian perlu diarahkan pada inovasi dan tanggapan cepat terhadap kebutuhan masyarakat. Demikian dituliskan oleh Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Muhammad Dimyati, dalam Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi edisi XI tahun 2017. Semua penelitian/riset yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) dapat dipetakan status teknologinya melalui tingkat kesiapterapan teknologi (TKT) atau technology readiness level (TRL) dalam mendorong hilirisasi dan komersialisasi hasil riset, sehingga lebih bermanfaat bagi masyarakat dan mendorong perekonomian bangsa.

Hal tersebut telah dilaksanakan oleh Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY). Dosen UWMY, Dr Ir Ambar Rukmini MP bersama timnya telah mengimplementasikan hasil risetnya bagi masyarakat di Dusun Kedondong I, Desa Banjararum, kecamatan Kalibawang, Kulon Progo, khususnya masyarakat pembuat wingko ubi ungu. Ambar mengamati wingko ubi ungu yang dihasilkan masyarakat dan mendapati bahwa wingko tersebut sudah tidak layak konsumsi setelah tiga hari; teksturnya semakin keras dan mulai berlendir serta ditumbuhi jamur.

Bersama mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan UWMY, Ambar meneliti berbagai kemungkinan untuk mengatasi masalah yang dihadapi pembuat wingko ubi ungu. Penelitian dilaksanakan dengan bantuan pendanaan dari DRPM Kemenristekdikti, melalui skim Penelitian Produk Terapan. Mereka telah berhasil melakukan reformulasi pembuatan wingko ubi ungu. Hasil penelitian tersebut selain berguna bagi masyarakat, juga diangkat menjadi skripsi dan dapat membantu percepatan kelulusan para mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan.

Melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) DRPM Kemenristekdikti, Ambar dan timnya melakukan pelatihan dan pendampingan pembuatan wingko ubi ungu dengan proses terkendali, sehingga dihasilkan wingko dengan kualitas lebih baik dan umur simpannya lebih lama. Kegiatan tersebut merupakan wujud nyata dari implementasi hasil riset kepada masyarakat yang dilakukan oleh UWMY.  

http://new.widyamataram.ac.id/content/news/uwm-implementasikan-hasil-riset-ke-masyarakat#.WpYFG4KgfDc