materi-daftarmapel-siswa-web Portlet

Hai Sobat Pintar!

Dengan Belajar Pintar kamu mudah
untuk belajar dimana saja

Icon Mata Pelajaran

Sumber sumber Energi

SMA - 12 MIA

3 Sub Bab Materi

Pengantar

Salah satu sumber daya alam yang penting adalah energi. Setiap manusia membutuhkan energi untuk menghangatkan atau mendinginkan rumah, menjalankan mesin pabrik atau kendaraan,, menghidupakan lampu, dan masih banyak lagi hal yang membutuhkan energi. Sumber energi terbagi menjadi dua, sumber energi terbarukan dan juga sumber energi tidak terbarukan.

1. Sumber Energi Terbarukan, adalah sumber energi yang bisa diperbarui sehingga dalam penggunaannya dapat dengan cepat dan mudah didapatkan. Sumber energi ini memiliki kelebihan tidak mencemari lingkungan. Contoh: energi matahari/surya, energi panas bumi, energi angin, dan energi air.

2. Sumber Energi tak Terbarukan, adalah sumber energi dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaru artinya ketersediaannya di alam ini terbatas karena proses pembentukannya yang memerlukan waktu yang sangat lama. Contoh: minyak bumi, gas alam, dan batu bara.

Materi lebih lengkap ada di Apps Aku Pintar

Download GRATIS
Aplikasi Aku Pintar Sekarang Juga!

QR Code

Materi lebih lengkap ada di Apps Aku Pintar

Download GRATIS
Aplikasi Aku Pintar Sekarang Juga!

QR Code

Pembangkit Tenaga Listrik

Pembangkit listrik adalah suatu alat yang dapat membangkitkan dan memproduksi tegangan listrik dengan cara mengubah suatu energi menjadi energi listrik. Bagian utama dari pembangkit ini adalah generator, yaitu mesin berputar yang merubah energi mekanis menjadi energi listrikdengan menggunkan prinsip medan magnet dan penghantar listrik. Generator diaktifkan dengan berbagai sumber yang bermanfaat dalam suatu pembangkit listrik.

Untuk menjaga keseimbangan alam dan mencegah kerusakan lingkungan, para ilmuwan menciptakan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dan dapat diperbaharui. Berikut ini adalah jenis-jenis pembangkit listrik yang dpaat menghasillkan energi listrik untuk memenuhi kebutuhan akan energi.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) adalah pembangkit listrik yang menggunakan tenga panas yang dihasilkan oleh reaktor nuklir untuk memutarkan turbin uap. Dari turbin inilah energi mekanis diubah menjadi energi listrik.
  2. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah pembangkit listrik yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan listrik. PLTA digunakan untuk memutar generator, putaran tersebut mengubah energi mekanis menjadi energi listrik.
  3. Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLT Angin) adalah hembusan angin digunakan untuk memutar baling-baling. Kemudian putaran tersebut untuk memutarkan generator yang merubahnya menjadi energi listrik.
  4. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) menggunakan sumur dengan kedalaman 1,5 km atau lebih untuk mencapai cadangan panas bumi yang sangat panas. Pembangkit listrik paling baru menggunakan air panas dari tanah utnuk memanaskan cairan lain yang dipanaskan pada temperatur yang lebih rendah dari air. Ketika cairan tersebut menguap dan mengembang, maka akan menggerakan turbin.
  5. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) adalah uap yang terjadi dari hasil pemanasan boiler/ketel uap pada Pusat Listrik TenagaUap (PLTU) digunakan utnuk memutar turbin yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Energi yang digunakan dapat berwujud padat, cair, dan gas. Batu bara adalah wujud padat bahan bakar dan minyak merupakan wujud cairnya.
  6. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) menggunakan cahaya matahari sebagai bahan utama. Energi cahaya matahari kemudian digunakan untuk mendidihkan air. Uap tersebut yang menjadi pemutar turbin yang akhirnya diubah menjadi energi listrik. Seiring kemajuan teknologi, dengan bantuan solar cell, energi cahaya matahari dapat diubah langsung menjadi energi listrik.
  7. Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO) merupakan energi di laut dengan sumber energi yang cukup besar. Ombak merupakan gerakan air laut yang naik-turun atau bergulung-gulung yang dijadikan energi alternatif yang dibangkitkan melalui efek gerakan tekanan udara akibat fluktuasi pergerakan gelombang.

Materi lebih lengkap ada di Apps Aku Pintar

Download GRATIS
Aplikasi Aku Pintar Sekarang Juga!

QR Code

Materi lebih lengkap ada di Apps Aku Pintar

Download GRATIS
Aplikasi Aku Pintar Sekarang Juga!

QR Code

Pemanfaatan Energi Alternatif

Sobat pintar, tahukah kalian kalau Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi energi terbarukan yang sangat melimpah, loh! Namun, pada kenyataannya potensi sumber energi terbarukan masih belum dimanfaatkan secara maksimal.

Sumber-sumber energi terbarukan di Indonesia yang layak dikembangkan

  1. Biomassa, yaitu bahan organik yang dihasilkan proses fotosintesis, baik berupa produk maupun buangan. Contohnya tanaman, rumput, pohon, limbah pertanian, ubi, limbah hutan, tinja, dan kotoran hewan.
  2. Biofuel atau bahan bakar hayati, yaitu sumber energi terbarukan yang berupa bahan bakar baik cair, padat, maupun gas yang dihasillkan dari bahan organik.
  3. Panas bumi atau geotermal, yaitu sumber energi terbarukan berupa energi termal (panas) yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi.
  4. Tenaga air, enegi air merupakan salah satu alternatif bahan bakar fosil yang paling umum. Sumber energi ini diperoleh dengan cara memanfaatkan energi potensial dan energi kinetik yang dimiliki air.
  5. Energi angin, angin adalah gerakan udara yang terjadi ketika naik udara hangat dan udara angin. Energi angin telah digunakan selama berabad-abad untuk kapal layar, kincir angin, dan menggiling gandung. Energi angin ditangkap oleh turbin angin, kemudian digunakan untuk menghasilkan listrik.
  6. Tenaga nuklir, proses reaksi nuklir yang terkendali dapat menjadi sumber energi alternatif yang berpotensi sangat besar, tetapi pendirian pembangkit listrik tenaga nuklir ini sering diprotes oleh masyarakat.
  7. Tenaga surya, matahari adalah sumber energi yang paling kuat. Energi surya dapat digunakan untuk pemanasan rumah, pencahayaan dan pendinginan , pembangkit listrik, pemanasan air, dan berbagai proses indistri lainnya.
  8. Gelombang laut, Energi gelombang laut adalah energi yang dihasilkan oleh pergerakan gelombang laut menuju daratan sebaliknya.
  9. Pasang Surut Air Laut, Energi pasang surut adalah energi terbarukan yang dihasilkan oleh pergerakan air laut akibat perbedaan pasang surut.

Materi lebih lengkap ada di Apps Aku Pintar

Download GRATIS
Aplikasi Aku Pintar Sekarang Juga!

QR Code

Materi lebih lengkap ada di Apps Aku Pintar

Download GRATIS
Aplikasi Aku Pintar Sekarang Juga!

QR Code

Materi Fisika SMA - 12 MIA Lainnya

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka

redesain-navbar Portlet