APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Peta Belajar Bersama

Sobat, ini nih ada Peta Belajar Bersama IPS Bab 1


Yuk, mulai belajar bersama! 
 

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua lainnya




Sumber : Serupa.id 

Sobat Pintar, Yuk Kita cari tau letak dan luas benua asia dan benua lainnya
Benua Asia 
Letak dan Luas
Benua Asia terletak antara 26°BT – 170 ° BT dan 11° LS – 80° LS

  1. Letak Geografis 
    Batas-batas benua Asia :
    Utara : Samudra Arktik 
    Timur : Samudra Pasifik dan Selat Bering 
    Selatan : Samudra Hindia dan Australia 
    Barat : Pegunungan Ural, Laut Merah, Laut Kaspia, Selatan Bosporus, dan Selat Dardanella 
  2. Luas 
    Benua Asia merupakan benua terluas yang ada di bumi ini. Luas keseluruhan dari benua ini kurang lebih 44.000.000 km2

Benua Eropa 

  1. Benua Eropa ini terletak di belahan utara tanpa iklim tropis dengan letak astronomi 10°BB - 66°BT dan 34°LU - 71°LU
  2. Luas wilayahnya sendiri yaitu 10.507.630 km2

Benua Amerika 

  1. Benua ini membentang dari belahan bumi bagian utara hingga ke selatan dengan letak lintangnya adalah 83°LU - 55°LS
  2. Seluruh wilayahnya terletak di belahan bumi bagian barat (bujur barat) dengan letak bujurnya 35° BB - 170°BB

Benua Afrika 

  1. Jika dilihat dari equator dan garis balik utara dan garis balik selatan yang seimbang dengan letak astronomis adalah 35°LU - 34°LS dan 17°BB - 51°BT
  2. Luas benua ini yaitu 30.290.000 km2

Benua Australia 

  1. Merupakan benua terkecil dan hanya terdapat satu negara dengan luas 7.686.850 km2
  2. Letak astronomis 113°BT - 155°BT dan 10°LS - 43° LS
     

Kondisi Alam Negara-Negara di Dunia




Sumber : DosenPendidikan.com

Benua Asia 
Pegunungan yang terdapat pada benua ini salah satunya yaitu pegunungan Himalaya dengan puncak di Gunung Mount Everest (8.848 m dpl) yang terletak di Nepal. Sedangkan untuk sungai terpanjang di Asia terdapat Sungai Yang Tse, dan beberapa sungai lainnya Sungai Mekong, Sungai Huang Ho, Sungai Indus, Sungai Gangga, dan Sungai Ob.

Benua Eropa 
Pada Benua Eropa terdapat empat semenanjung yang luas yaitu Semenanjung Skandinavia di bagian utara Eropa, Semenanjung Siberia  yang berada di Spanyol dan Portugal, Semanjung Italia (Appenina), dan Semenanjung Balkan (Yunani). Benua Eropa ini memiliki garis pantai yang berliku-liku dan terdapat wilayah “depresi” yang berada di bawah permukaan laut

Benua Amerika 
Dijuluki sebagai benua atau dunia baru yang ditemukan pertama kali oleh Christoper Colombus 1492. Benua ini mempunyai lembah sungai terluas yaitu lembah Sungai Amazon di Brazil, selain itu flora Amerika bagian utara banyak ditemukan padang rumput (Pairi), tundra, dan hutan konifer.

Benua Afrika 
Sebagian besar wilayahnya berbentuk “plato” atau dataran tinggi. Pasti kalian sudah tidak asing dengan sungai terpanjang di dunia yaitu Sungai Nil, sungai ini memang berada di benua Afrika tepatnya melintasi 9 negara. Hal lain tentang Benua Afrika bahwa terdapat terusan Suez yang menghubungkan Laut Mediterania dan Laut Merah.

Benua Australia 
Benua ini hampir 1/3 wilayahnya berupa gurun di bagian Australia (Gibson, Great Sandy, dan Victoria). The Great Coral Reef  yang merupakan gugusan terpanjang di dunia juga berada di Benua Australia. Hal lainnya yang menjadi ciri khas pada benua ini yaitu fauna Kanguru, Platypus, dan Burung Emo
 

Keadaan Sosial Budaya Negara di Asia dan Liannya




Sumber : Freepik

Benua Asia 
Pada benua Asia tepatnya tahun 2013 memiliki jumlah penduduk 4.298.723.000 jiwa dengan pertumbuhan penduduk 1,06%. Kepadatan penduduk di Asia 87/km2. Berikut beberapa negara di Asia yang memiliki kepadatan penduduknya cukup tinggi yaitu Bangladesh, Hongkong, Macau, Tiongkok bagian timur, Singapura, lembah gangga di India, Jepang, dan Pulau Jawa. 
Penduduk asli benua ini terbagi dalam beberapa ras yaitu :

  1. Ras Mongoloid, ras ini banyak berdiam di Asia Timur dan Asia Tenggara, seperti Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, dan Thailand. 
  2. Ras Kaukasoid, ras ini banyak menempati kawasan Asia Barat, Pakistan, dan India 
  3. Ras Negroid, terdiri atas bangsa-bangsa berkulit hitam terutama banyak berdiam di India bagian Selatan dan Srilanka
  4. Ras Melayu, ras ini banyak terdapat di kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, dan Indonesia. 

Benua Eropa 
Benua ini merupakan Benua termaju di dunia dan sebagai pelopor adanya IPTEK. Mempunyai mata uang bernama yaitu Euro. Pusat mode dunia yaitu Paris, Perancis. Mayoritas penduduk termasuk ras Kaukasoid, dengan 5 kelompok suku bangsa besar di Eropa yaitu Nordik, Alpina, Mediteran, Slavia, dan Dinara. Pertumbuhan penduduk pada benua ini sangat rendah berkisar 0,1 % - 0,5 %. Serta fakta lainnya benua ini sebagai pelopor penjajahan di dunia. 

Benua Amerika 
Hal menarik dari Benua Amerika yaitu sebagai tempat lahirnya PBB (San Francisco). Pada tahun 2015 penduduk di benua Amerika tercatat mencapai 987 juta jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk sekitar 0,9 persen per tahun. Sama halnya dengan di Asia, persebaran populasi di benua Amerika juga tidak merata karena populasi lebih banyak tersebar di Amerika bagian utara dan selatan sedangkan di bagian tengah relatif lebih sedikit.

Benua Afrika 
Benua ini merupakan penghasil emas terbesar yaitu berada di Afrika Selatan. Memiliki julukan benua termiskin di dunia. Mayoritas penduduknya adalah ras Negroid dan mayoritas wilayahnya adalah bekas jajahan bangsa Eropa

Pada tahun 2015 jumlah penduduk di benua Afrika mencapai 1.171 juta jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 2,5 % per tahun. Besarnya jumlah penduduk di benua ini tidak lepas dari angka kelahiran yang tinggi dibangdingkan dengan angka kematian. 

Benua Australia 
Benua Australia ini menjadikan emas sebagai barang tambang penting yang berada di Kalgorlie dan Coolgardie. Penduduk asli merupakan bangsa Aborigin. Ciri – ciri ras Australoid yaitu berambut keriting dan berkulit hitam. Namun, untuk saat ini, jumlah suku aborigin semakin menurun. 

Suku asli Australia ini telah tergusur oleh modernisasi. Mereka digusur ke daerah pedalaman yang tidak dapat disentuh oleh modernisasi yang dibawa oleh orang – orang Eropa, bahkan, daerahnya kering dan tandus. Penyebaran suku Aborigin hanya di pedalaman Australia Barat, Teritori Utara, dan Queensland. Lebih lanjut, senjata khas yang dimiliki oleh suku aborigin, yaitu bumerang.
 

Latihan 1

Kerjakan soal berikut dengan benar !

Danau terbesar di Afrika yang terletak di perbatasan Kenya, Uganda, dan Tanzania adalah ....
 

A. Danau Tanganyika

B. Danau Chad

C. Danau Victoria

D. Danau Malawi

Latihan 2

Kerjakan soal berikut dengan benar!

Di Bawah ini pegunungan yang bukan berada di Benua Asia adalah ....

A. Pegunungan Tien Shien

B. Pegunungan Himalaya

C. Pegunungan Arakan-Yoma

D. Pegunungan Pirenia

Latihan 3

Kerjakan soal berikut dengan benar!

Penduduk asli India yang termasuk ras Negrito adalah bangsa ....
 

A. Aria

B. Dravida

C. Persia

D. Moro

Pengaruh terhadap bidang ekonomi, sosial, pendidikan, dan politik



Sumber : Freepik

Setiap negara mempunyai keunikan masing-masing, negara ini melakukan interaksi satu sama lain dengan bekerjasama baik dalam bidang ekonomi, sosial, budaya ataupun yang lainnya. Perubahan ruang dan iteraksi antarruang ini pun membawa pengaruh

Pengaruh perubahan ruang dan interaksi antartuang dapat terjadi dalam skala kecil dan luas. Dalam skala kecil, contoh ini dapat dijumpai dalam hubungan mutualisme antara desa dan kota. Sementara dalam skala luas, ini bisa ditentukan dalam hubungan suatu negara dengan negara lainnya.  

Bidang Ekonomi 
Interaksi antar ruang terjadi karena adanya kebutuhan yang salah satunya adalah kebutuhan akan barang dan jasa yang tidak mampu diproduksi oleh suatu negara. Negara yang memasok kebutuhan tersebut memperoleh keuntungan ekonomi dari barang dan jasa yang dipasoknya. 

Keuntungan tersebut menguntungkan negara karena banyak tenaga kerja yang terlibat dan diperolehnya devisa dari hasil penjualannya. Contoh negara-negara yang ada di benua Asia adalah Indonesia, Jepang, India, Malaysia, dan seterusnya. Bagi negara yang dipasok kebutuhannya, keuntungan diperoleh dari barang dan jasa yang diperolehnya. Barang dan jasa tersebut dapat berupa barang konsumtif maupun untuk keperluan produksi, misalnya mesin-mesin industri. 

Bidang Sosial 
Kehidupan Sosial Interaksi antarnegara dan benua juga melibatkan manusia sebagai pelakunya. Interaksi sosial antar manusia yang memiliki kehidupan sosial berbeda kemudian terjadi. Interaksi tersebut dapat terjadi dengan saling bertemu atau melalui media komunikasi. Kehidupan sosial dapat berubah karena adanya pengaruh dari interaksi tersebut. Sebagai contoh adanya wisatawan dari negara lain yang datang ke Indonesia.

Bidang Pendidikan 
Pendidikan sebagai roda kehidupan untuk menuju kemajuan suatu bangsa. Banyak negara yang memberikan perhatian penuh besar kepada pendidikan setiap warga negaranya, sehingga mereka berhasil menjadi negara maju. Tetapi banyak juga negara masih tertinggal dalam pendidikannya, dimana penyebabnya karena masalah ekonomi

Namun setelah berkembangnya zaman banyak negara yang semakin memperhatikan pendidikan. Interaksi antar wilayah desa dan kota pembuat masyarakat desa semakin baik karena negara berupaya memberikan fasilitas pendidikan sampai ke desa. Tidak sedikit juga penduduk desa yang melanjutkan pendidikannya ke kota. 

Bidang Politik 
Interaksi antarruang juga mempengaruhi kehidupan politik suatu negara. Kehidupan politik suatu negara seringkali dipengaruhi oleh negara lain. Sistem pemerintahan dan sistem demokrasi yang dipilih banyak negara saat ini adalah hasil pengaruh dari negara lain yang lebih dulu mengembangkannya. Walaupun ada penyesuaian tetapi secara umum biasanya mengacu pada sistem pemerintahan dan demokrasi negara tertentu. 

Dinamika kehidupan politik suatu negara juga tidak lepas dari adanya interaksi dalam bentuk komunikasi antar wilayah atau negara di dunia. Peristiwa politik di suatu negara dapat mempengaruhi kebijakan politik negara lain. Sebagai contoh, pertikaian antara Israel dan Palestina mempengaruhi kebijakan pemerintah dalam melakukan hubungan dengan Israel maupun Palestina.

Latihan 1

Kerjakan soal berikut dengan benar!

Contoh pengaruh interaksi antarruang di bidang politik diantaranya ....
 

A. Proses penunjukan kepala negara

B. Pemilihan model sistem pemerintah dan demokrasi

C. Kegiatan distribusi kebutuhan pokok

D. Peningkatan promosi wisata budaya

Latihan 2

Kerjakan soal berikut dengan benar!

Pertikaian antara Israel dan Palestina mempengaruhi kebijakan pemerintah dalam hubungan dengan Israel maupun Palestina, khususnya Indonesia. Indonesia mendukung perjuangan Palestina dan tidak melakukan hubungan diplomatik dengan Israel. Hal tersebut merupakan dinamika kehidupan antar negara dalam bidang….

A. Ekonomi

B. Pendidikan

C. Budaya

D. Politik

redesain-navbar Portlet