redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Pengertian Teks Berita

Apa Sih Teks Berita Itu ?

Teks berita adalah teks yang melaporkan kejadian, peristiwa, atau infomasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi. Pengertian teks berita adalah teks yang isinya mengenai segala hal yang terjadi di dunia ini yang berupa fakta, dan ditulis di media cetak, disiarkan di radio, ditayangkan di televisi, atau diunggah di situs. Pada dasarnya, sebuah berita harus berisi fakta, tetapi tidak semua fakta dapat diangkat menjadi berita.

Teks berita memiliki tujuan sendiri yaitu untuk menyampaikan pesan secara komunikatif, yang berarti memberikan berita kepada pembaca, penonton, atau pendengar, mengenai suatu kejadian yang pantas, penting, dan layak untuk diberitakan kepada khalayak umum.

Ciri-ciri Teks Berita

Mari Kenali Ciri-Ciri Teks Berita

Untuk mengenali jenis teks bahwa teks tersebut merupakan sebuah teks berita maka kita harus mengetahui ciri-ciri dari teks berita itu sendiri, ciri-ciri teks berita ini selalu dilibatkan sebagai unsur pembuatan teks berita. jadi jika sobat pintar ingin membuat sebuah teks berita jangan lupa untuk melibatkan ciri-ciri teks berita. Ciri-ciri dari teks berita meliputi faktual, aktual, unik dan menarik, berpengaruh bagi masyarakat luas, melibatkan waktu dan kronologi kejadian, objektif dan menggunakan bahasa baku , untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut :

1. Faktual

Faktual adalah suatu kejadian yang bersifat nyata, benar-benar terjadi dan tidak terikat oleh waktu, baik kejadian itu terjadi saat ini, atau di masa lalu.

2. Aktual

Aktual adalah suatu kejadian yang bersifat nyata dan benar-benar terjadi dan sedang hangat-hangatnya menjadi pembicaraan orang banyak, bersifat ke kinian atau baru.

3. Unik atau menarik

Teks berita harus unik atau berbeda penyampaiannya dengan yang lain dan dikemas dengan kata-kata yang menarik yang dapat menarik perhatian pendengar atau pembacanya. Unsur menarik maksudanya adalah berita harus menimbulkan rasa ingin tahu, dan ketertarikan dari masyarakat untuk menyimak isi berita tersebut. Peristiwa yang menarik dan diminati oleh masyarakat biasanya bersifat menghibur, aneh, memiliki unsur kedekatan, mengandung nilai kemanusiaan, mengandung unsur seks, kriminalitas dan konflik

4. Berpengaruh bagi masyarakat luas

Teks berita harus memberikan pengaruh terhadap masyarakat sebagai pendengar

5. Terdapat waktu dan tempat kronologi kejadian

Teks berita biasanya selalu dilengakapi dengan runtutan waktu kapan terjadi dan juga kronologi kejadian atau bagaimana peristiwa yang menjadi berita terjadi.

6. Objektif

Objektif adalah bahwa berita yang disampaikan benar-benar berita sebenarnya tanpa dipengaruhi oleh pandangan atau opini pribadi.

7. Bahasa baku, sederhana,

dan komunikatif Bahasa yang digunakan di dalam teks berita pada umumnya menggunakan bahasa baku, sederhana dan komunikatif. Bahasa baku adalah ragam bahasa yang cara pengucapan dan penulisannya sesuai dengan kaidah-kaidah standar. Kaidah standar dapat berupa pedoman ejaan (EYD), tata bahasa baku, dan kamus umum.

Latihan

Yang tidak termasuk dalam ciri-ciri teks berita adalah...

A. Faktual

B. Aktual

C. Berpengaruh bagi masyarakat luas

D. Objektif

E. Argumentasi

Struktur Teks Berita

Struktur Teks Berita

Struktur teks adalah gambaran cara sebuah teks tersebut dibangun. Sebuah teks berita memiliki struktur yang jelas. Teks berita ini disusun berdasarkan struktur teks peristiwa berita, diikuti dengan latar belakang peristiwa, dan diikuti sumber berita.

Struktur Teks Berita

1. Orientasi

Berita Orientasi berita berisi mengenai pembuka dari suatu peristiwa yang diberitakan. Biasanya terdapat penjelasan singkat mengenai berita tersebut.

2. Peristiwa

Peristiwa berisi mengenai jalannya kejadian dari awal sampai akhir yang didasari pada peristiwa yang terjadi dan dijelaskan berdasarkan fakta dari lapangan. Tahap inti berita (5w + 1h).

3. Sumber Berita

Berisi mengenai sumber didapatnya berita tersebut. Biasanya berita yang ditambahkan sumber dituliskan pada media cetak seperti koran, tapi tidak jarang media elektronik juga menyertakan sumber berita terutama di Internet. Referensi dari narasumber di dalam berita.

Pola penulisan Berita (Piramida terbalik)

Apa Hubungannya Piramida Terbalik Dengan Teks Berita ? Yuk Simak Penjelasannya

Piramida terbalik adalah salah satu konsep, formula atau struktur penulisan berita atau sebuah acuan baku yang sering digunakan oleh para wartawan untuk menyusun sebuah teks berita. Penggunaan metode piramida terbalik berkaitan dengan space atau ruang dalam halaman yang disediakan untuk memuat berita. Ketika berita itu terlalu panjang dan tidak cukup untuk dimuat di halaman yang disediakan, maka editor bisa membuang bagian berita itu mulai dari paling bawah atau derajat informasi pentingnya yang paling rendah yang biasanya diletakan di bagian bawah atau akhir berita. Struktur teks berita piramida terbalik bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Struktur Teks Berita Piramida Terbalik

Berikut penjelasan dari struktur teks berita piramida terbalik yaitu :

1. Lead / Prioritas Utama Penting

Bagian paling atas adalah Lead atau kepala berita merupakan puncaknya. Pada urutan paling puncak yang menempati derajat prioritas utama pentingnya informasi ini, wartawan harus menuliskan informasi utama. Setidaknya, pada bagian ini wartawan harus menjawab sebagian besar unsur 5 W + 1 H. Kenapa begitu? Jika pemotongan berita yang dilakukan editor karena keterbatasan halaman, berita ini masih memiliki arti dan layak sebagai sebuah berita.

2. Neck / Sangat Penting

Bagian kedua dari atas adalah Neck atau leher berita bagian ini adalah urutan yang sangat penting. Bagian ini disebut neck atau leher karena umumnya merupakan peralihan alur atau penyambung alur ide berita yang ada pada bagian lead atau kepala berita untuk dilanjutkan pada gagasan-gagasan yang tertuang pada bagian berikutnya yang menempati derajat prioritas lebih rendah.

3. Body / Penting

Berikutnya adalah bagian body, umumnya merupakan penjabaran dari gagasan berita yang termaktub dalam lead dan neck. Penjabaran itu bisa merupakan jawaban why (mengapa) dan how.

4. Body Lanjutan / Kurang Penting

Bagian body lanjutan, bagian ini mencantumkan berbagai data yang tidak terlalu penting ditempatkan. Misalnya daftar nama orang-orang yang mengalami kecelakaan atau hal-hal lain yang jika dihilangkan oleh editor tidak terlalu berpengaruh terhadap substansi atau pokok bahasan berita tersebut.

Latihan

Struktur teks berita adalah

A. orientasi - peristiwa penting - reorientasi

B. Pernyataan umum - peristiwa penting - sumber berita

C. orientasi - peristiwa - sumber berita

D. orientasi - deskripsi bagian - reorientasi

E. pernyataan umum - peristiwa - reorientasi

Latihan

Pembuka tentang hal yang akan diberitakan disebut dengan ...

A. Orientasi berita

B. Peristiwa

C. Sumber berita

D. Pernyataan umum

E. Reorientasi berita

Yuk Pelajari Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Kaidah kebahasaan teks berita merujuk tentang bagaimana ciri atau kaidah bagaimana sebuah teks dibangun. Kaidah kebahasaan ini dapat kita gunakan untuk mengenai suatu teks berita tertentu. Ciri kebahasaan teks berita, meliputi :

1) Keterangan

- Waktu

- Tempat (kata depan, di, dari, ke, sampai, dan dalam)

- Cara (dengan, secara, melalui)

- Penyebab (konjungsi, karena, atau lantaran)

- Tujuan (diditandai dengan kata untuk, guna, bagi, buat, dan demi)

- Aposisi (menjelaskan kata benda dengan tanda diapit, tanda koma, pisah, atau kurung)

- Tambahan (menjelaskan kata benda tetapi tidak dapat menggantikan unsur yang diterangkan)

- Pewatas (memberikan pembatas kata benda dan tidak dapat ditiadakan)

- Penyerta (dengan, tanpa, atau bersama) Alat (dengan atau tanpa)

- Similatif (kesamaan atau kemiripan dari kedua kejadian [seperti, bagai, laksana])

- Kesalingan (perbuatan dilakukan dengan silih berganti [tanda satu sama lain])

2) Verba Transitif

VerbaTransitif yaitu verba yang memerlukan dua nomina, satu sebagai subjek dan satunya lagi sebagai objek dalam kalimat aktif.

3) Verba Pewarta

Verba pewarta merupakan kata yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu percakapan.

Wawancara

Contoh Teks Berita

Simak Contoh Teks Berita Berita berikut ini

Sobat pintar kalau kurang paham bisa gunakan tombol diskusi ya.

Latihan

Cermati kutipan teks berita berikut!

Teks Berita 1

Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks Berita 2

menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Unsur-unsur kedua teks berita tersebut adalah ...Type here..

A. Teks I diawali dengan siapa, teks II diawali mengapa

B. Teks I diawali dengan apa, teks II diawali bagaimana

C. Teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali bagaimana

D. Teks I diawali dengan apa, teks II diawali mengapa

E. Teks I diawali dengan bagaimana, teks II diawali mengapa

Latihan

Cermati kutipan teks berita berikut!

Teks 1

Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.

Teks 2

Minggu dini hari tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi belum berhasil. Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.

Unsur-unsur kedua teks berita tersebut adalah ....

A. Teks 1: apa, bagaimana, mengapa, siapa ; Teks 2: apa, kapan bagaimana, siapa

B. Teks 1: di mana, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2: apa, bagaimana, kapan, siapa

C. Teks 1: di mana, mengapa, siapa, bagaimana ; Teks 2: kapan, bagaimana, apa, siapa

D. Teks 1: apa, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2:kapan, apa, bagaimana, siapa

E. Teks 1: kapan, apa, siapa ; Teks 2:kapan, apa, bagaimana, siapa

redesain-navbar Portlet