redesain-navbar Portlet

null

Blog

­Jurusan Perpajakan – Inikah Pilihan Kuliah yang Tepat Untukmu?

Perpajakan adalah salah satu jurusan kuliah dengan ragam pilihan program dan jenjang yang memerlukan kejelian pertimbangan.

Jurusan Perpajakan, image credit Startup Stock Photos

Salah satu jurusan kuliah yang dicita-citakan anak IPS adalah S1 Perpajakan. Apakah Sobat Pintar juga demikian? Tapi sudahkah Sobat tahu bahwa ternyata kuliah Perpajakan itu ada banyak pilihannya? Mulai dari jenjang kuliahnya hingga kampusnya, ada banyak hal yang perlu kita ketahui tentang kuliah Jurusan Perpajakan. So, why don't we go and look into it?

 

Perpajakan, Dikenal Juga sebagai Administrasi Fiskal

Ditingkat pendidikan tinggi, Perpajakan merupakan sebuah jurusan atau program studi dimana kita belajar tentang seluk beluk pajak. Ada banyak aspek tentang pajak yang kita pelajari, termasuk dari sisi ekonominya, hukumnya, hingga akuntansinya. Mahasiswa yang kuliah Jurusan Perpajakan juga belajar tentang bagaimana menyusun laporan pajak dan laporan keuangan.

Walaupun tak ada dikotomi jenjang dan nama, pada umumnya Perpajakan mengacu pada program D3 sedangkan untuk jenjang S1 biasa dikenal sebagai Administrasi Fiskal. But again, tak ada aturan baku dalam hal ini, Sobat. Jadi, bukankah lebih baik jika kita mengetahui opsi apa saja yang kita miliki untuk kuliah perpajakan? So, let's go!

 

Kuliah Perpajakan pada Program D3

Jika mempertimbangkan kuliah Perpajakan pada program D3, justru Sobat Pintar memiliki cukup banyak pilihan. Jurusan Perpajakan terbaik pada program D3 di politeknik misalnya di Politeknik Negeri Manado (Akuntansi Perpajakan), Politeknik Ubaya, dan tentu saja Politeknik Keuangan Negara STAN.

Bagaimana dengan universitas yang ada Jurusan Perpajakan? Perguruan Tinggi Negeri dengan program D3 Perpajakan terakreditasi A BAN-PT yaitu Universitas Udayana, Universitas Syiah Kuala, Universitas Jember, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret, Universitas Lampung, dan Universitas Diponegoro.

Sobat Pintar juga ingin tahu universitas swasta yang ada Jurusan Perpajakan? Nah, D3 Perpajakan dengan akreditasi A BAN-PT juga ada di Universitas Trisakti dan Universitas Pancasila. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya juga merupakan Perguruan Tinggi Swasta dengan D3 Manajemen Perpajakan yang telah terakreditasi A BAN-PT.

Perlu diketahui, Perpajakan pada program D3 ini juga disebut sebagai Administrasi Perpajakan di Universitas Indonesia. Pilihan yang cukup banyak untuk kuliah Jurusan Perpajakan pada program D3 ya, Sobat?

 

Universitas Perpajakan Terbaik pada Jenjang S1

And then here we have a very common question: kalau bisa S1, kenapa harus D3? Well, masing-masing kita tentu punya pertimbangan dan pilihan sendiri meskipun sama-sama ingin kuliah perpajakan. Termasuk pula, wajar bila kita ingin kuliah perpajakan pada jenjang S1. Lantas, di manakah universitas yang ada Jurusan Perpajakan S1?

Yang pasti, untuk saat ini pilihan kuliah perpajakan pada jenjang S1 belum sebanyak program D3 – bila akreditasi A menjadi acuan penting disini. Jadi dengan tolok ukur akreditasi BAN-PT, tak sulit untuk menentukan universitas perpajakan terbaik.

Adalah Universitas Indonesia, satu-satunya kampus dengan S1 Perpajakan yang saat ini telah terakreditasi A BAN-PT. Perlu diketahui, S1 Perpajakan UI dikenal sebagai Ilmu Administrasi Fiskal. Nah, tak bingung lagi bukan, kalau Sobat Pintar ingin kuliah S1 pada Jurusan Perpajakan terbaik?

 

Perpajakan, Jurusan Kuliah yang Dinilai Menjanjikan

Peluang karier Ahli Madya Perpajakan (A.Md.Pjk) dan Sarjana Perpajakan (S.Pn) cukup besar. Tak heran bila banyak orang tua, kakak-kakak tingkat, maupun guru BK sering merekomendasikan kita untuk kuliah Perpajakan.

Alumni kuliah Jurusan Perpajakan, baik pada program D3 (vokasi) maupun jenjang S1 (non-vokasi), banyak yang berkarier di Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian keuangan, ataupun Badan Kebijakan Fiskal – terutama mereka yang lulus dari PKN STAN. Ada pula alumni Perpajakan atau Administrasi Fiskal yang bekerja di perusahaan swasta atau bekerja mandiri sebagai konsultan pajak.

Profesi dan peluang kerja yang cukup menjanjikan bukan, Sobat? Jadi, tak ada salahnya bila kita menimbang masukan dari orang tua atau guru BK.

Tapi keputusan jurusan kuliah tetap berada ditangan kita, Sobat. Jangan sampai kita memilih jurusan kuliah yang dinilai menjanjikan, tapi nantinya kita sendiri tak bisa enjoy belajar dibidang tersebut. Itulah sebabnya mengetahui passion diri sendiri sangat penting. Bila perlu, gunakan Minat Pintar untuk mengenali kemampuan, minat, dan passion-mu.

90

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp