redesain-navbar Portlet

Blog

photo via banten.co

Rekayasa Pertanian: Daya Tarik Pertanian Masa Depan

Cari Tahu Jurusanmu

Hayo ngaku, kamu suka main game bercocok tanam gitu, enggak? Emang asyik main tanam-tanam sayuran, mengelola lahan pertanian yang terus bertambah luas dan fiturnya seiring peningkatan level, apalagi ada hewan-hewan ternaknya juga.

Kenyatannya, kalau udah pernah sekali saja langsung turun ke ladang atau sawah, mungkin kamu akan kehilangan minat main game tersebut. Bertani bukan pekerjaan yang ringan, namun mayoritas petani di hampir seluruh wilayah nusantara ini masih mengerjakannya.

 

Ilmu tentang Pertanian

Bayangin kamu bangun jauh sebelum matahari terbit, menuju kebun atau sawah, mengerjakan semua pekerjaan fisik di sana seharian sampai sore hari. Bayangin merawat setiap pokok yang kamu tanam, menghitung hari menunggu saat panen. Kemudian, hasil panen itu masih harus dijemur dan diangkat setiap hari, diproses, baru bisa dijual.

Bayangin kamu melakukannya saban hari, setiap tahun. Dibayangin aja, karena kalau kuliah di Jurusan Rekayasa Pertanian, kamu bisa memperbaiki keadaan tersebut.

Lho, bukan di Jurusan Pertanian? Beda dikit, kalau di Pertanian, bidang ilmunya diklasifikasikan dengan lebih spesifik, misalnya tentang hama atau tanah saja. Kalau di Rekayasa Pertanian, kamu akan mempelajari semuanya, mulai dari cara menanam, pengetahuan tentang tanah dan hama, nutrisi, dan sebagainya. Banyak banget yang harus dikuasai? Iya, karena tujuannya supaya kamu bisa membuat sistem pertanian yang modern.

 

Petani Anti Mainstream

Wait, jadi kuliah diperguruan tinggi hingga bergelar sarjana, tapi cuma untuk jadi petani? Eiits, jadi petani enggak pake kata cuma, ya. Kan udah dijelasin tadi, kalau bertani itu pekerjaan yang terbilang berat – jelas lebih berat dari rindu.

Tapi seiring waktu, tantangan menjadi petani diera millennial ini tentu berbeda dari para petani pada generasi sebelumnya. Salah satu yang pasti, lahan pertanian sudah berkurang drastis. Kalau pak tani dulu bisa mencangkul berpetak-petak sawah, puluhan tahun kedepan mungkin kamu sudah tak bisa menemukan lahan untuk dicangkul.

Nah, disinilah ilmu rekayasa yang kamu pelajari di perguruan tinggi akan berguna. Perubahan keadaan yang semakin tidak mendukung, sedangkan kebutuhan pangan semakin meningkat karena populasi manusia akan terus bertambah. Bagaimana kamu menyiasati keadaan tersebut?

 

Rekayasa Pertanian ITB

Di Jurusan Rekayasa Pertanian, seperti yang ada di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung, kamu akan belajar tentang Fisiologi dan Perkembangan Tumbuhan, Rekayasa Sumberdaya Air dan Lahan, Pengantar Rekayasa, Agroklimatologi, Genetika Pertanian, Teknologi Benih, Agroekologi, Peraturan dan Kebijakan Pertanian, Mikrobiologi, hingga Wirausaha, dan sebagainya. Bukan tak mungkin kegiatan pertanianmu juga akan melibatkan penggunaan robot ataupun drone.

Gimana? Keren gak tuh Jurusan Rekayasa Pertanian ini? Enggak sama banget lah, dengan pertanian konvensional. Tapi kamu masih bisa juga kok, kalau mau jadi petani millennial. Jangan khawatir, kamu akan tetep keren karena bisa mengembangkan bibit sendiri, syukur-syukur bisa menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Kamu juga bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil pada Dinas Pertanian Daerah atau Kementerian Pertanian. Melanjutkan kuliah dan menjadi dosen di almamatermu atau Jurusan Pertanian juga bisa menjadi alternatif yang menjanjikan.

Meskipun tak seindah kehidupanmu sebagai petani didunia virtual, mengeluti bidang pertanian masih tetap menyenangkan dengan berbagai pilihan yang terbuka dimasa depan. Lagipula, konon katanya, sering melihat dan bergumul dengan tumbuhan hijau-hijauan akan membuatmu lebih bahagia – eh, kata siapa ya?

Lebih masukan Blog

Masa Depan yang Dirajut Sejak Saat Ini: Rekayasa Hayati

Rekayasa Hayati, bukan berarti merekayasa Hayati-nya Zainuddin, ya. Rekayasa Hayati adalah...

Sekolah Tinggi Sandi Negara - Sanggup, Enggak?

Kamu suka nonton film-film agen rahasia? Atau barangkali kamu suka baca novel-novel Dan Brown...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line