APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

10 Jurusan Terketat dan Sulit Ditembus di SNBT 2023

Ada beberapa jurusan tertentu yang memilliki keketatan masuk lebih tinggi di SNBT.

Photo by 绵 绵 on Unsplash

Ilmu Komunikasi UNJ menjadi jurusan S1 yang paling ketat untuk ditembus di SNBT 2023. Kamu pengin masuk jurusan ini juga ga, Sobat Pintar? Masih ada lagi loh, jurusan-jurusan lain dengan jumlah pendaftar SNBT terbanyak 2023, tetapi dengan daya tampung yang sangat terbatas. Apa aja tuh? Ini dia, sederet jurusan kuliah yang paling banyak diminati 2023 di SNBT.

tingkat keketatan jurusan tertinggi
Photo by RUT MIIT on Unsplash

1. Ilmu Komunikasi UNJ

Jurusan yang paling ketat dalam UTBK-SNBT 2023 adalah Ilmu Komunikasi UNJ. Tingkat keketatan jurusan tertinggi ini mencapai angka 0,85 persen. Dengan nilai rata-rata UTBK mencapai 587,26, Universitas Negeri Jakarta bahkan menempati urutan ke-17 se-Indonesia sebagai PTN dengan pendaftar terbanyak pada SNBT 2023. 

menjadi jurusan S1 yang paling ketat
Photo by Mimi Thian on Unsplash

2. Teknologi Informasi UNY

Teknologi Informasi UNY menjadi jurusan terketat nomor dua di SNBT 2023. Dengan tingkat keketatan mencapai 1,14 persen, daya tampung SNBT di jurusan ini hanya 12 kursi. Padahal, Universitas Negeri Yogyakarta menerima pendaftar sejumlah 37.566 orang di SNBT, yang membuatnya berada di peringkat ke-12 se-Indonesia.

ketat dalam UTBK-SNBT 2023
Photo by Jorick Jing on Unsplash

3. Kriminologi UI

Ini dia, jurusan paling ketat di UI pada jalur SNBT. Angka keketatan masuk Kriminologi mencapai 1,19 persen dengan daya tampung sebanyak 18 kursi. Universitas Indonesia sendiri menerima 59.177 pendaftar SNBT dan hanya 3.088 peserta yang lolos seleksi. Meskipun bukan jurusan dengan pendaftar SNBT terbanyak 2023, Kriminologi merupakan satu-satunya jurusan di UI yang masuk dalam 10 jurusan paling ketat se-Indonesia.

Jurusan yang paling ketat dalam UTBK-SNBT 2023 adalah
Photo by Napat Noppadolpaisal on Unsplash

4. Pendidikan Teknik Informatika UNY

Ada program studi terketat kedua di UNY nih, Sobat: Pendidikan Teknik Informatika! Daya tampung jurusan pada jalur SNBT hanya 12 kursi, yang menghasilkan angka keketatan masuk sebesar 1,35 persen.

pendaftar snbt terbanyak 2023
Photo by Napat Noppadolpaisal on Unsplash

5. Bisnis Digital UNS

Jurusan Bisnis Digital di Universitas Sebelas Maret tercatat sebagai jurusan terketat di SNBT 2023 dengan nilai keketatan masuk mencapai 1,38 persen. Bisnis Digital sendiri menjadi bagian dari 10 jurusan paling ketat dalam UTBK-SNBT 2023 pada rumpun Soshum di UNS. Kampus negeri di Surakarta ini berada di urutan ke-4 nasional sebagai PTN dengan pendaftar SNBT terbanyak, yakni 58.695 peserta. Dari jumlah tersebut, hanya 3.649 peserta yang lolos seleksi dan menjadi mahasiswa baru di UNS.

jurusan kuliah yang paling banyak diminati 2023
Photo by Napat Noppadolpaisal on Unsplash

6. Sistem dan Teknologi Informasi UNJ

Masih ada satu lagi jurusan di UNJ yang menjadi bagian dari 10 besar prodi terketat di SNBT. Kamu sudah mengenal Sistem dan Teknologi Informasi, Sobat Pintar? Jurusan ini memang cukup populer di kalangan calon mahasiswa dan menjadi salah satu jurusan favorit SNBT di UNJ. Dengan angka keketatan masuk sebesar 1,39 persen, Sistem dan Teknologi Informasi menjadi salah satu jurusan paling ketat dalam UTBK-SNBT 2023 di UNJ.


Photo by Sumeet B on Unsplash

7. Teknik Pertambangan UNP

Teknik Pertambangan merupakan salah satu jurusan dengan pendaftar SNBT terbanyak 2023 di UNP. Dengan jumlah pendaftar mencapai 286 orang, Teknik Pertambangan menduduki urutan buncit dalam 10 besar jurusan favorit di Universitas Negeri Padang. Meski begitu, jurusan ini memiliki tingkat keketatan sebesar 1,43 persen.


Photo by Tolu Akinyemi NG on Unsplash

8. Kedokteran UGM

Pada SNBT 2023, Kedokteran menjadi jurusan S1 yang paling ketat di UGM dengan tingkat ketetatan mencapai 1,43 persen. Selain menadi jurusan paling ketat, Kedokteran UGM juga menjadi jurusan Kedokteran favorit di urutan ke-3 nasional. Sebanyak 3.766 peserta SNBT memilih jurusan ini.


Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

9. Teknologi Informasi UGM

Ini dia, runner up program studi terketat di Universitas Gadjah Mada! Teknologi Informasi adalah sebuah prodi yang berkembang dari Teknik Elektro, sehingga jurusan ini lebih banyak bersinggungan dengan engineering ketimbang computing. Tingkat keketatan jurusan tertinggi kedua di UGM ini mencapai angka 1,44 persen.


Photo by Silvia on Pixabay

10. Kedokteran Gigi Undip

Jurusan Kedokteran Gigi di Universitas Diponegoro tercatat sebagai jurusan terketat di SNBT 2023 dengan daya tampung delapan kursi saja. Tak heran bila tingkat keketatan masuk jurusan ini mencapai 1,45 persen. Kedokteran Gigi tak hanya menjadi prodi terketat di urutan ke-10 secara nasional, tetapi juga merupakan jurusan yang paling sulit ditembus di Undip pada SNBT 2023.

Apakah jurusan impianmu adalah salah satu dari yang telah disebutkan di atas, Sobat Pintar? Boleh-boleh aja kok, mengincar jurusan paling ketat se-Indonesia di SNBT 2024. Yang penting jurusan tersebut memang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu.

Lagipula, tingkat keketatan jurusan tertinggi pada SNBT tahun depan belum tentu sama dengan yang ada pada tahun sebelumnya. Barangkali jumlah pendaftar jurusan berkurang atau bertambah. Barangkali juga kampus mengurangi atau menambah daya tampungnya. Nah, daripada berharap 100% pada SNBT, kenapa kamu enggak ikutan SNBP saja dahulu, Sobat Pintar? Cek apa saja program studi terketat di SNBP 2023 pada tautan ini.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog