APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Memilih Prodi di SNBT

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih program studi di SNBT 2023.

Photo by srinivas bandari on Unsplash

Pemilihan prodi di SNBT 2023 berbeda dari seleksi masuk PTN di tahun-tahun sebelumnya. Kalau kata kakak-kakak kelas, mereka bakal bilang anak IPS sama anak Bahasa enggak bisa kuliah di prodi Saintek. Sekarang enggak begitu lagi, Sobat Pintar.

Sekarang siswa non-IPA boleh pilih jurusan eksakta. Satu-satunya ketentuan SNBT 2023 mengenai pemilihan prodi adalah merdeka bertanggung jawab. Selebihnya, aturan pemilihan program studi di SNBT sebenarnya tak berbeda jauh dari aturan yang sudah berjalan selama ini.

Meski begitu, pemilihan prodi dalam Seleksi Nasional tak bisa dianggap santuy, Sobat. Kesalahan memilih prodi, kampus, hingga menempatkan urutannya saja dapat memengaruhi peluang kita lolos seleksi, baik SNBT maupun SNBP. Terus, mesti gimana sih, cara memilih prodi untuk SNBT?

 

1. Pahami Minat dan Kemampuan Diri Sendiri

pemilihan prodi di SNBT 2023
Photo by Standsome Worklifestyle on Unsplash

Sepakat ga sih kamu, kalau dalam kebebasan itu ada tanggung jawab? Nah, kita dibebaskan memilih prodi apapun yang kita inginkan saat mengikuti pendaftaran SNBT 2023. Namun dibalik kekebasan itu, ada tanggung jawab, setidaknya, pada diri sendiri bahwa kita harus dapat memilih prodi yang tepat.

Tepat dalam pengertian yang pertama adalah bahwa jurusan yang kita pilih itu sesuai dengan minat dan kemampuan kita. Katakanlah, kamu anak Bahasa dengan kemampuan verbal-linguistik yang baik selama ini. Dengan kemampuan tersebut, adalah bukan tindakan yang bertanggung jawab – minimal, bukan tindakan yang masuk akal – bila kamu memilih Prodi Matematika, misalnya. Hal-hal seperti ini memang secara eksplisit tidak disebutkan sebagai aturan pemilihan program studi di SNBT, tetapi seharusnya kita sendiri sudah bisa berpikir logis.

Bagaimana kalau kamu hanya belum sepenuhnya yakin dengan minat dan kemampuanmu? Tenang, Sobat, kamu bisa mengikuti Tes Kemampuan. Tes ini gratis, enggak bakal mengurangi uang sakumu. Yuk, buruan ikutin tesnya mumpung masih ada waktu sampai pendaftaran SNBT 2023 tiba.

 

2. Pertimbangkan Peluang Lolos di Prodi yang Diincar

aturan pemilihan program studi di SNBT
Photo by Rochelle Nicole on Unsplash

Prodi yang tepat juga berarti prodi yang dapat memberimu peluang lolos lebih besar. Hal ini sama-sama berlaku saat kamu memilih jurusan SNBP dan SNBT 2023, Sobat Pintar.

Bagaimana kamu tau satu prodi memberi peluang lolos lebih besar ketimbang prodi yang lain? Untuk itu, kita harus mengetahui daya tampung prodi tersebut di SNBP dan SNBT 2023 serta jumlah peminatnya pada tahun 2022. Membandingkan tingkat keketatan prodi yang sama pada beberapa PTN sekaligus dapat memberikan gambaran kira-kira kampus manakah yang dapat memberi peluang lolos seleksi lebih besar. Secara umum, satu prodi yang sama cenderung lebih sulit ditembus di PTN favorit dibandingkan PTN yang kurang difavoritkan.

Kamu juga bisa membandingkan tingkat keketatan prodi yang berbeda, Sobat Pintar. Hal ini berlaku bila kamu punya beberapa pemilihan prodi dalam Seleksi Nasional. Jangan lupa, setelah membandingkan keketatan prodi-prodi tersebut, bandingkan pula tingkat keketatan masing-masing prodi yang sama di kampus yang berbeda.

 

3. Pilih Satu atau Dua Prodi, Sama ataupun Berbeda

pemilihan prodi dalam Seleksi Nasional
Photo by Aziz Acharki on Unsplash

Mengenai jumlah, tak ada yang baru dalam aturan pemilihan program studi di SNBT 2023. Sama seperti sebelum-senelumnya, di SNBT 2023 kamu bisa memilih satu prodi di PTN – tentunya, dengan peluang lolos yang menurut perhitunganmu adalah yang paling besar.

Kamu juga bisa memilih prodi untuk SNBT paling banyak dua di satu PTN sekaligus atau di dua PTN yang berbeda. Dalam aturan pemilihan program studi di SNBT 2023, jumlah paling banyak adalah dua prodi. Hampir semua peserta seleksi masuk PTN selama ini memaksimalkan peluang lolos dengan memilih jumlah prodi paling banyak. Prodi-prodi tersebut bisa sama, bisa juga berbeda – kamu bebas menentukan sesuai dengan minat dan kemampuan. Jika memilih dua prodi, pastikan urutan pertama adalah prodi yang kamu prioritaskan ya, Sobat.

 

4. Pelajari Baik-Baik Pilihan Prodi dan PTN

memilih jurusan SNBP dan SNBT 2023
Photo by javier trueba on Unsplash

Kamu sudah tau daftar PTN di SNBT 2012, Sobat Pintar? Bakal ada lebih banyak PTN yang bisa kamu pilih di SNBT 2023, meliputi PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN. Ini artinya, jumlah prodi yang bisa kamu pilih di SNBT 2023 juga bakal lebih banyak, Sobat.

Secara umum, prodi-prodi S1 berada di PTN Akademik seperti Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, dan lain-lain. Sebagian PTN Akademik, seperti Universitas Indonesia, juga membuka prodi-prodi D4 dan D3 (program vokasi). Namun biasanya Program D4 dan D3 diselenggarakan oleh politeknik, seperti Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Jakarta, dan lain-lain. Beda lagi nih, Sobat, kalau kamu memilih prodi untuk SNBT di PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri). PTKIN seperti UIN Walisongo, UIN Syarif Hidayatullah, dan lain-lain menawarkan prodi-prodi di bidang ilmu agama Islam.

Nah, sudah siap dengan pilihan prodimu buat pendaftaran SNBT 2023 nanti, Sobat Pintar? Mengingatkan kembali, pendaftarannya dijadwalkan berlangsung mulai 23 Maret sampai 14 April 2023.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog