redesain-navbar Portlet

null

Blog

10 PTN Terbaik - Peringkat Universitas di Indonesia 2020

Mengetahui peringkat PTN tujuan memberi gambaran kualitas yang diharapkan.

PTN Terbaik, image credit PixelPanda

Pendidikan tinggi membutuhkan waktu minimal empat tahun. Ada banyak teman mahasiswa yang akan mempengaruhi hidup kita, dosen-dosen yang akan mengubah pola pikir kita, dan banyak lagi pengalaman di sana. For all possible reasons, how will you choose your universty? Apa yang membuatmu memilih satu kampus tertentu, bukan yang lain?

Mempertimbangkan pemeringkatan kampus menurut beberapa kriteria patut dicoba, Sobat. Nah, bagaimana dengan peringkat universitas di Indonesia 2020? Check these out, Sobat.

 

1. Universitas Indonesia

Tak heran bila UI menjadi universitas terbaik di Indonesia 2020 menurut kriteria Webometrics Ranking of World Universities (768), Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Ranking (59), dan QS World University Rankings (296). Memiliki sejarah panjang sejak 1894, UI saat ini telah memiliki akreditasi A BAN-PT.

 

2. Universitas Gadjah Mada

Universitas negeri di Yogyakarta ini juga telah berstatus PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum) – sama seperti UI. Akreditasi A BAN-PT UGM didukung oleh peringkatnya pada Webometrics Ranking of World Universities (880), Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Ranking (70), dan QS World University Rankings (320).

 

3. Institut Teknologi Bandung

Bandung punya ITB yang kampus utamanya berada di kawasan Ganesha, Bandung dan Sumedang. Selain akreditasi A BAN-PT, ITB tercatat dalam pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities (977), Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Ranking (66), dan QS World University Rankings (331).

 

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Pada awalnya, ITS merupakan institusi pendidikan tinggi dibawah yayasan hingga kemudian menjadi PTN pada 1960. Kini, ITS tercatat pada pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities (1319), Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Ranking (198), dan QS World University Rankings (801-1000) dengan akreditasi A BAN-PT.

 

5. Universitas Sebelas Maret

UNS adalah sebuah PTN berakreditasi A BAN-PT di Jawa Tengah yang berstatus PTN-BLU (Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum). Dengan peringkatnya di Webometrics Ranking of World Universities (1334) dan Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Ranking (451-500), UNS merupakan bagian dari klaster I dalam pemeringkatan Kemenristekdikti.

Pemeringkatan tersebut memang dilakukan pada 2019, sebelum pendidikan tinggi menjadi bagian dari Kemendikbud. Namun menimbang reliabilitasnya, kita masih bisa menggunakan daftar tersebut untuk memeriksa peringkat universitas di Indonesia 2020 versi Dikti.

 

6. Universitas Brawijaya

PTN juara SNMPTN 2020 ini juga terakreditasi A BAN-PT dan berstatus PTN-BLU. Peringkatnya di Webometrics Ranking of World Universities (1357) dan Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Ranking (301-350) mungkin dapat menggambarkan kenapa peminat SNMPTN UB cukup tinggi. Well, just a probability.

 

7. Universitas Airlangga

Selain ITS, Surabaya juga punya Unair. Pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities (1715), Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Ranking (171), dan QS World University Rankings (651-700) didukung oleh keberadaan Unair didalam klaster I pemeringkatan Kemenristekdikti 2019. PTN-BH ini pun telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

 

8. Universitas Sumatera Utara

PTN-BH di Medan ini pernah diresmikan sebagai universitas ketujuh di Indonesia. Kini, USU berada dalam klaster I pemeringkatan Kemenristekdikti 2019 – dan tercantum dalam pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities (1872).

 

9. Universitas Hasanuddin

Unhas memiliki akreditasi A dari BAN-PT dan berstatus PTN-BH. Menimbang peringkatnya di Webometrics Ranking of World Universities (1889) dan Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Ranking (401-450), PTN di Makassar ini menjadi salah satu yang difavoritkan di luar Jawa.

 

10. Universitas Diponegoro

Selain UNS, Undip merupakan PTN di Jawa Tengah yang terakreditasi A BAN-PT. Sedikit berbeda, Undip berstatus sebagai PTN-BH. Agar ter-update dengan perkembangan terbaru, kita bisa memeriksa peringkat Undip di Webometrics Ranking of World Universities (2036), Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Ranking (281-290), dan QS World University Rankings (801-1000).

 

The three types of university ranking above is widely accepted, in fact. Jadi bila peringkat kampus cukup penting bagi Sobat, penting untuk mengacu pada versi terbaru peringkat universitas negeri di Indonesia 2020. Tapi bukan berarti pemeringkatan Kemenristekdikti 2019 tak berlaku lagi ya, Sobat. Kita masih bisa menggunakannya, kok.

Demikian pula dengan peringkat universitas swasta di Indonesia 2020. QS World University Rankings dan Webometrics Ranking of World Universities tidak hanya menyertakan PTN, lho!

120

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
Itu data resmi kah kak
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp