APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

12 PTN dan PTS dengan Jurusan Jurnalistik

Jurnalistik

photo via merrill.umd.edu

Buat kamu yang udah mantap, madhep mantep, mau kuliah Jurnalistik, bagaimana dengan kampusnya? Jurusan ini nggak ada di seluruh perguruan tinggi, lho! Kecuali, kamu asyik-asyik aja mempelajari jurnalistik sebagai bagian dari peminatan – biasanya sih, dari Jurusan Ilmu Komunikasi. Biar nggak bingung, yuk lihat Jurnalistik pada masing-masing PT ini.

 

1. Universitas Padjadjaran

Program Studi Jurnalistik Unpad sudah memiliki akreditasi A. Berada pada Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurnalistik Unpad menyajikan matakuliah-matakuliah top seperti Komunikasi Pembangunan dan Perubahan Sosial, Komunikasi Lintas Budaya, Metode Penelitian Komunikasi, Kapita Selekta Jurnalistik, Teknik Reportase, Jurnalisme Televisi, In Depth Reporting, maupun Penulisan Berita Elektronik. Disini kamu akan diajari bagaimana menghimpun, mengolah, menyajikan data, hingga menyampaikan informasi secara luas melalui berbagai pilihan media massa.

 

2. Universitas Indonesia

Jurnalistik berada di Jurusan Ilmu Komunikasi UI, tepatnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Jurusan Ilmu Komunikasinya sendiri memiliki akreditasi A. Kamu bisa mengambil peminatan Jurnalistik pada Jurusan Ilmu Komunikasi melalui beragam jalur seleksi mahasiswa baru UI: SNMPTN, SBMPTN, PPKB UI – Paralel, Talent Scouting, dan SIMAK UI.

 

3. Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

PTS dengan dua kampus ini punya Jurusan Jurnalistik di Fakultas Ilmu Komunikasi. Kampus I-nya berada di Jakarta Pusat, sementara kampus II-nya di Jakarta Selatan.

 

4. Universitas Multimedia Nusantara

GoalnyaUMN adalah meluluskan jurnalis multiplatform, peneliti jurnalisme konvergensi, multimedia content producers, dan orang-orang keren lain dibidang jurnalistik. Disini, kamu akan langsung belajar tentang mobile journalism, visual journalism, drone journalism, data journalism, augmented reality journalism, virtual reality journalism, dan berbagai bentuk baru jurnalisme yang lain.

 

5. Universitas Bengkulu

Jurusan Jurnalistik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berdiri sendiri, terpisah dari Jurusan Ilmu Komunikasi. Selain pada jenjang S1, Jurnalistik juga ditawarkan pada jenjang D3 di Universitas Bengkulu.

 

6. Politeknik Negeri Jakarta

Program Studi Jurnalistik PNJ disebut juga Program Studi Penerbitan. Prodi ini berada di Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan dengan status akreditasi B. Perlu dicatat, Jurnalistik PNJ berada pada jenjang D3.

 

7. Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Jurusan Jurnalistik UIN Raden Fatah memiliki akreditasi C dengan misi meluluskan jurnalis-jurnalis berkarakter Islami dan berkualitas unggul. Disini, kamu belajar tentang  Bahasa Inggris Lanjutan, Islam dan Ilmu Pengetahuan, Bahasa Arab, Ilmu Dakwah, Komunikasi Massa, Perbandingan Sistem Pers, Jurnalisme Radio, Penulisan Berita, Hukum dan Etika Pers, Bahasa Jurnalistik, Filsafat Dakwah, Fiqh Dakwah, Fiqh Siyasah, Bisnis Media, Etika dan Filsafat Komunikasi, dan lain-lain.

 

8. Universitas Halu Oleo

Kampus yang berada di Kendari ini memiliki Jurusan Jurnalistik berakreditasi B. Menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Jurnalistik UHO bertujuan menghasilkan jurnalis yang handal, berakhlak mulia, berjiwa wirausaha, berwawasan luas, inovatif, berpikir kritis, produktif, kreatif, profesional, analitis, dan humanis.

 

9. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Jurnalistik UIN Alauddin Makassar terakreditasi B yang lulusannya akan menjadi presenter, videografer, produser, broadcaster, praktisi PR, jurnalis,ataupun fotografer berakhlak mulia dan profesional. Sebagai bagian dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi, alumninyapun punya kemampuan untuk menjadi seorang mubaligh atau da'i yang terampil dalam penyiaran agama melalui multimedia.

 

10. Universitas Diponegoro

Sebagai bagian dari Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurnalistik Undip terakreditasi A. Yup, Undip bersanging ketat dengan Unpad, Sobat Pintar!

 

11. Universitas Airlangga

Jurnalistik di Unair berada dibawah Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Lebih tepatnya, Jurnalistik menjadi bagian dari peminatan Studi Media (Media Studies). Jadi, selain jurnalistik, kamupun akan belajar tentang advertising, film, radio, televisi, dan lain-lain.

 

12. Universitas Esa Unggul

Berada di Jakarta Barat, Jurnalistik UEU berada di Fakultas Ilmu Komunikasi. Periklanan, Hubungan Masyarakat, dan Penyiaran berada dalam fakultas yang sama.

 

Itulah PTN dan PTS dengan peminatan, Program Studi, maupun Jurusan Jurnalistik. Kini kamu punya lebih banyak pilihan perguruan tinggi untuk dipertimbangkan, bukan?

150

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog