redesain-navbar Portlet

Blog

students.com.ng

15 Negara Ini Punya Tawaran Beasiswa Kuliah yang Sulit Ditolak

Tips Beasiswa

Merencanakan kuliah di luar negeri dengan beasiswa? Nggak semua negara lho, yang menawarkan beasiswa untuk mahasiswa internasional. Udah tau belum, sih? Ada baiknya lihat negara mana saja yang selama ini terkenal dermawan bagi-bagi beasiswa, khususnya pada pelajar Indonesia.

 

1. Korea Selatan
Tak hanya mendunia karena Korean Wavenya, sebenarnya Korea Selatan juga punya kualitas pendidikan yang bagus. Banyak perguruan tinggi terbaik dengan berbagai tawaran jurursan yang susah ditolak. Beasiswanyapun beragam, misalnya Korean Government Scholarship Program (KGSP), K'Arts untuk jurusan seni dan desain, atau Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST) untuk teknik dan sains.

 

2. Singapura
Negara tetangga ini juga termasuk dermawan, lho. Bagaimana tidak, Singapura punya beberapa beasiswa menggiurkan – dua diantaranya adalah ASEAN Scholarships for Indonesia dari Ministry of Education (MOE) Singapura dan Singapore International Graduate Award (SINGA).

 

3. Jepang
Beasiswa yang paling populer untuk kuliah di Jepang ialah Monbukagakusho. Eitts, biarpun cuma satu ini yang paling tenar, jenisnya ada banyak, lho. Beasiswa ini terbagi menjadi tujuh jenis, yaitu untuk research students, undergraduate university students, teacher training students, college of technology students, dan Japanese studies students. Nah, udah paham kan, kenapa Monbukagakusho cukup terkenal? Yup, peminatnya dari berbagai kalangan! Udah gitu, beasiswa ini ditawarkan tiap tahun, pula. 

 

4. Finlandia
Siapa sih, yang nggak tau tentang kerennya pendidikan di Finlandia? Kalau kamu pingin mencecap kualitas pendidikan terbaik dunia di negara Skandinavia ini, cobalah apply beasiswa Erasmus Mundus.

 

5. Australia
Satu lagi nih, negara tetangga yang sering dituju pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan. Salah satu beasiswa yang ditawarkan Australia adalah Australia Awards Scholarship (AAS). Psstt! Pelajar asal Indonesia jadi prioritas utama beasiswa ini, lho!

 

6. Belanda
Selain dengan beasiswa Erasmus Mundus, kamu bisa belajar di Belanda dengan beasiswa Netherlands Fellowship Programme (NFP). Beasiswa full funding ini ditawarkan ke 62 negara di dunia setiap tahunnya – dan Indonesia biasanya kebagian juga.

 

7. Perancis
Terkenal akan romansanya, Perancis punya Eiffel Scholarship yang ditawarkan untuk mahasiswa internasional. Karena menjadi bagian dari Uni Eropa, beasiswa Erasmus Mundus juga bisa digunakan untuk kuliah di Perancis. Atau, kalau kamu ingin menggunakan hak istimewa sebagai pelajar Indonesia, cobalah French Government Scholarship atau Bourse du Gouvernement Français (BGF). 

 

8. Jerman
Kecuali satu negara bagian, sebenarnya Jerman telah membebaskan biaya kuliah undergraduate di semua perguruan tinggi negerinya. Memang masih ada biaya-biaya lain yang harus dibayarkan, tapi seluruhnya masih terhitung kecil. Meskipun demikian, bukan berarti beasiswa kuliah di Jerman nggak laku lagi, ya! Salah satu beasiswa yang ditawarkan untuk mahasiswa internasional adalah Deutschet Akademischer Austauschdienst German Academic Exchange Service (DAAD). Tak diperuntukkan bagi mahasiswa di seluruh dunia, beasiswa ini hanya menyasar mahasiswa dari negara-negara di Asia, Eropa Timur, Amerika Latin, dan Afrika.

 

9. Inggris Raya
Negara ini tak hanya terkenal akan Oxford dan Cambridge-nya, tapi juga Chevening. Beasiswa ini diberikan pada 30 hingga 50 mahasiwa Indonesia setiap tahun. 

 

10. Amerika Serikat
Jika Inggris terkenal akan Chevening-nya, Amerika Serikat terkenal akan Fullbrightnya. Setiap tahun, beasiswa ini diberikan pada 155 negara, dengan total jumlah penerima hingga 8 ribu mahasiswa. Sama seperti Chevening, Fullbright adalah beasiswa yang full funding. 

 

11. Rusia
Rusia, melalui Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia di Indonesia, tidak menawarkan beasiswa yang full funding. Akan tetapi, kamu diperbolehkan mencari beasiswa lain pada waktu yang bersamaan. Nggak semua negara punya kebijakan seperti ini, lho.

 

12. Hungaria
Melalui Tempus Public Foundation, pemerintah Hungaria menawarkan Stipendium Hungaricum Scholarship Programme pada mahasiswa internasional. Beasiswa ini full funding, termasuk asuransi kesehatan dan asrama tempat tinggal juga.

 

13. Italia
Mau makan pizza tiap hari? Kuliah aja di Italia dengan beasiswa hasil kerjasama Kemlu Indonesia dengan Kerjasama Internasional Italia (MAECI). Selain mendapat tunjangan bulanan, kamu juga bebas biaya kuliah jika menjadi awardee beasiswa ini.

 

14. Polandia
Kalau bisa Bahasa Polandia, kamu bisa kuliah di Polandia gratis karena statusmu udah sama seperti mahasiswa asli Polandia. Tapi kalau mau apply beasiswa, Kemlu Indonesia dan Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Tinggi Republik Polandia menawarkan bewasiswa Ignacy Lukasiewicz yang satu paket sama tunjangan bulanan. 

 

15. Turki
Turki juga bisa jadi salah satu alternatif negara untuk kuliah di luar negeri. Dengan Türkiye Burslari, kamu tak perlu memusingkan biaya kuliah, biaya hidup, bahkan tiket pesawat. Nggak bisa Bahasa Turki? No worries, kamu akan diikutkan kursus Bahasa Turki selama setahun sebelum kuliah – nggak pakai bayar!

Oh ya, perhatikan juga beasiswanya ditawarkan untuk jenjang S1, S2, atau S3, ya. Jangan buru-buru aja, tapi ternyata kamu salah apply jenjang. Kan, sakitnya tuh, di... sini.
 

Lebih masukan Blog

Tak Hanya Belajar Bahasa: Sastra Mandarin

" Ngapain belajar bahasa? Udah, taruh aja di pilihan kedua." Begitulah kira-kira...

Model United Nation, Kegiatan Ekstrakurikuler Dunia

Kegiatan ekstrakurikuler apa yang kamu ikuti saat ini? Dan apa alasanmu memilih ekskul itu?...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka