redesain-navbar Portlet

null

Blog

3 Jalur Masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) – Petakan Jalanmu, Sobat!

Ada tiga cara masuk PTN yang layak diperjuangkan.

Jalur Masuk PTN, photo by Pixabay on pexels

Sebenarnya ada berapa macam jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)? Dari kakak-kakakmu (ada, nggak?), Sobat Pintar mungkin sudah pernah mendengar jalur tes masuk PTN (sekarang disebut UTBK). But did you know? Masih ada cara masuk PTN yang lain, lho! Mau tahu? Yuks, discuss satu-satu.

 

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Bukan UTBK, tapi SNMPTN-lah alternatif cara masuk PTN yang pertama. Kenapa SNMPTN menjadi alternatif pertama jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri? SNMPTN berada di urutan terdepan karena jadwal pendaftarannya yang paling awal, Sobat.

Pada SNMPTN 2020, misalnya, jadwal registrasi akun LTMPT dimulai 2 Desember 2019. Belum diketahui jadwal pendaftaran SNMPTN 2021, tapi kita harus mulai bersiap pada bulan-bulan mendatang jika Sobat akan mengikuti jalur masuk PTN tanpa tes ini.

Sebenarnya persiapan SNMPTN tak bisa kita lakukan mendadak tepat sebelum masa pendaftaran. Sobat Pintar tahu sebabnya? Iya, karena nilai rapor sejak semester ke-1 sampai ke-5 menjadi faktor utama seleksi. Itulah sebabnya SNMPTN dikenal sebagai jalur masuk PTN tanpa tes.

Selain nilai rapor, kita juga harus menyiapkan portofolio sesuai persyaratan dari jurusan yang dipilih. Hanya jurusan-jurusan tertentu yang menghendaki portofolio seperti olahraga, seni tari, seni rupa, dan lain-lain. Portofolio bisa berupa video, dokumen, karya, atau yang lain.

Ingin mengikuti jalur masuk PTN tanpa tes ini, Sobat? Proses pemeringkatan, pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDDS), hingga verifikasi PDDS terkait dengan administrasi sekolah. Jadi, rajin-rajin update informasi pendaftaran SNMPTN di sekolahmu, ya!

 

2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Tes menjadi perbedaan SNMPTN dan SBMPTN yang utama. Jika proses SNMPTN lebih mengutamakan prestasi akademik dan non-akademik selama sekolah, penentu lolos tidaknya kita di SBMPTN adalah hasil tes. Tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) disebut UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

Sebagai jalur masuk PTN 2020/2021 melalui tes, SBMPTN penuh cerita dibandingkan cara masuk PTN yang lain. As we know it, setelah dimulainya registrasi akun LTMPT pada 17 Februari 2020, pandemi Covid-19 mulai merebak. Maka, terjadilah perubahan jadwal UTBK dan SBMPTN.

Sedianya pendaftaran dan proses UTBK dan SBMPTN 2020 akan dilakukan terpisah seperti tahun sebelumnya. Namun kemudian keduanya dijadwalkan menjadi satu kali pendaftaran dan pengumuman. Bukan hal yang mudah lho, untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi mendadak dan cepat seperti ini, Sobat.

Mereka yang telah mengambil jalur masuk PTN tanpa tes tentu terlewat dari pengalaman luar biasa ini. It's worth to learn, therefore, to not rely on one option only. Baik itu SNMPTN maupun SBMPTN, lebih baik bila kita tak mengandalkan satu saja cara masuk PTN.

 

3. Seleksi Mandiri

Ketetatan SBMPTN cukup tinggi. Beberapa jurusan tertentu dan sederet daftar Perguruan Tinggi Negeri bahkan terkenal sangat sulit ditembus. Tak sedikit mereka yang belum berhasil masuk PTN melalui SBMPTN kemudian memutuskan untuk mengikuti Seleksi Mandiri pada PTN incarannya masing-masing.

Di jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri ini, setiap PTN menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa barunya secara mandiri – sama seperti yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Biasanya seleksi tersebut berupa ujian. Bahkan, beberapa PTN terkenal dengan Seleksi Mandirinya, seperti Selma UB, Simak UI, UTUL UGM, dan lain-lain.

Selain ujian, seleksi calon mahasiswa baru juga bisa dilakukan dengan menggunakan nilai UTBK. Mau pakai ujian atau nilai UTBK, keputusan ini sepenuhnya tergantung pada setiap PTN. Namun karena pandemi, Seleksi Mandiri 2020 dilakukan tanpa tes dan menggunakan nilai UTBK saja.

Again, another lesson to learn, Sobat. Tak ada ruginya belajar menyiapkan diri mengikuti UTBK, bukan? Karena seandainyapun kita belum berhasil masuk PTN pada jalur tes, nilai UTBK masih bisa digunakan untuk mengikuti Seleksi Mandiri. Kalau ada macam-macam jalur masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri), kenapa tak kita coba saja semua kemungkinannya?

Pada cara masuk PTN yang terakhir ini, kita harus mengakses informasi Seleksi Mandiri pada universitas masing-masing. Jadwal pendaftaran, persyaratan, biaya, dan ketentuan-ketentuan lain seputar Seleksi Mandiri setiap PTN berbeda antara satu dan lainnya.

 

Nah, dari macam-macam jalur masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di atas, manakah yang akan Sobat ikuti? As it's mentioned earlier, it'd be better to not limit yourself with one option only. We can't say for sure which one that'll work, can we?

110

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

popular-post-web Portlet

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp