redesain-navbar Portlet

null

Blog

3 Tips Anti Galau Memilih Jurusan Kuliah  – Sudah Dikerjakan, Sobat?

Pertanyaan yang tepat membawa pada arah yang tepat.

Memilih Jurusan Kuliah, image credit Pixabay

Pendaftaran UTBK akan berakhir pada 20 Juni 2020 esok, yang berarti Sobat Pintar peserta SBMPTN 2020 harus sudah mantap menentukan jurusan kuliah. Now, the question is have you felt assured with your choice, Sobat? Atau justru, sampai sekarang pun Sobat masih menduga-duga tentang bagaimana sebenarnya cara memilih jurusan kuliah yang tepat?

Nah, agar tak berlama-lama menyangsikan pilihanmu, coba jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini, Sobat. Fingers crossed, jawabanmu sudah tercermin saat menentukan jurusan kuliah pada pendaftaran UTBK kemarin.

 

Tips Memilih Jurusan Kuliah #1: Sudahkah Sobat Kenal dengan Jurusan Itu?

Tak kenal, maka tak sayang. Tak sayang, maka tak dipilih. Jadi ketika sudah menentukan jurusan kuliah, semestinya Sobat sudah mengenal betul seluk beluk jurusan tersebut. Misalnya, antara Sistem Informasi dan Teknik Informatika, bagaimana keduanya berbeda, di mana kuliahnya, bagaimana peluang masuknya, dan seterusnya.

Untuk itu, perbanyak informasi tentang kampus dan jurusan yang Sobat incar. Ketahui sisi positif dan negatif jurusan pilihanmu. Pastikan Sobat tahu betul apa yang akan dijalani selama kuliah dan bagaimana prospek masa depannya. Hopefully, dengan informasi yang diperoleh, kita bisa menghindari salah menentukan jurusan kuliah.

 

Tips Memilih Jurusan Kuliah #2: Bagaimana Alumni Jurusan Itu Sekarang?

Salah satu tips memilih jurusan kuliah adalah dengan melihat prospek pekerjaan, karier, atau masa depan alumni. Ibu Menkeu Sri Mulyani, misalnya, meraih gelar Sarjana Ekonomi dari FE UI. Beliau adalah salah satu gambaran peluang karier terbaik dari Jurusan Ilmu Ekonomi.

Demikian pula dengan jurusan-jurusan lain. Masing-masing jurusan kuliah memiliki prospek karier dan profesi yang berbeda satu sama lain. Next, apakah profesi itu yang Sobat cita-citakan – yang Sobat inginkan dan impikan? Dalam hal ini, perlu kita sadari bahwa menentukan jurusan kuliah adalah keputusan yang akan berdampak seumur hidup.

Belajar tentang Ilmu Ekonomi, misalnya, takkan berhenti setelah kuliah selesai. Kita akan terus belajar hal-hal baru di bidang Ekonomi selama bekerja. Amat disayangkan jika kita sampai merasa salah menentukan jurusan kuliah, kemudian berkarier pada bidang lain yang berbeda setelah lulus. It's going to be like learning something new all over again.

Jadi, tak ada salahnya berhati-hati saat menentukan jurusan kuliah, bukan? Amat disayangkan bila harus membuang percuma tahun-tahun kuliah yang penuh perjuangan dan cucuran keringat.

 

Tips Memilih Jurusan Kuliah #3:  Apakah Bidang Ilmu Itu Memang Menarik?

Let's say, Sobat menyukai matapelajaran Matematika. Saat ada satu soal yang belum terpecahkan, Sobat akan terus-menerus memikirkan bagaimana cara memecahkan soal tersebut – hampir-hampir terobsesi. Beda lagi jika Sobat tidak suka Matematika. Mulai dari mengerjakan soal secara asal-asalan hingga tidak mengerjakannya... you don't hesitate.

Begitu pula, kuliah pada bidang ilmu yang disukai akan membuat kita terus bersemangat untuk belajar. Sebaliknya, jika tak memiliki ketertarikan yang cukup kuat pada bidang ilmu tersebut, boleh jadi kita menjalani kuliah dengan setengah hati. Maka, menyadari minat dan ketertarikan diri merupakan tips memilih jurusan kuliah yang cukup penting.

 

Apakah ada pertimbangan-pertimbangan lain dalam menentukan jurusan kuliah, selain ketiga tips di atas? Tentu ada, Sobat. Masing-masing kita tentu memiliki cara menentukan jurusan kuliah sendiri – yang tak harus sama. And it's okay because every one has their own priorities.

But again, karena ingin berhati-hati dalam menentukan jurusan kuliah, kita bisa menggunakan bantuan seperti Minat Pintar. Apalagi, jika Sobat Pintar masih punya waktu hingga tahun depan untuk masuk kuliah. Tak perlu galau dan bingung pilih jurusan kuliah lagi, bukan?

80

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp