CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

4 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Kemampuan berbahasa Inggris dapat dikembangkan dengan cara-cara yang sederhana, namun efektif dan efisien.

kemampuan berbahasa inggris, Photo by Lisda Kania Yuliani on Unsplash

Kemampuan berbahasa Inggris saat ini bukan lagi sekadar pilihan, tetapi kebutuhan. Eits, ini bukan soal berapa nilai mata pelajaran Bahasa Inggris di rapormu, Sobat Pintar. Tentu saja punya nilai rapor Bahasa Inggris yang bagus itu membanggakan, namun kemampuan berbahasa secara umum sebenarnya lebih penting.

Keterampilan atau kemampuan berbahasa meliputi menyimak (listening), berbicara speaking), membaca (reading), serta menulis (writing). Pelajaran Bahasa Inggris di sekolah tidak secara spesifik mengasah keempat kemampuan berbahasa tersebut. Padahal di luar kelas, di kehidupan nyata, kita membutuhkan keempat kemampuan tersebut sama seperti kita menggunakannya dalam Bahasa Indonesia.

Terus, bagaimana nih, cara meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita di luar sekolah? Ini dia, tips agar kamu dapat dengan mudah meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris tanpa harus terikat dengan nilai rapor.

 

1. Nonton, Dong!

berbicara bahasa inggris
Photo by KoolShooters on Pexels

Loh, kita mau meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris atau nonton, sih? Dua-duanya, Sobat! Asalkan film, serial, drama, video, vlog, talk show, cooking show, siaran berita, ramalan cuaca, atau apapun yang kamu tonton itu berbahasa Inggris.

Ada sebuah teknik Bahasa Inggris yang kamu perlu tahu, Sobat Pintar: abundance of information. Menurut teori ini, alam atau pikiran bawah sadar kita menyerap pembelajaran bahasa dengan cepat ketika dihadapkan pada informasi yang meruah. Dalam hal mengasah Bahasa Inggris kita, informasi yang dimaksud adalah film, serial, bahkan ramalan cuaca – intinya, apapun yang bisa kamu gunakan untuk mendengarkan bagaimana kata-kata dalam Bahasa Inggris itu diucapkan.

Tak perlu terlalu picky dengan sumber "informasi"-mu, Sobat. Sesuaikan saja dengan kegemaranmu, entah itu film kartun atau yang lain – musik, misalnya. Tau nggak, sih. Mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris juga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, loh.

 

2. Nyanyi, Yuk!

mengasah bahasa inggris
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Habis nonton, sekarang nyanyi? Kok, kesannya kayak enggak belajar, sih? Eits, jangan salah, Sobat Pintar. Satu lagi nih, teknik Bahasa Inggris yang disebut sebagai distributed practice. Strategi ini boleh disederhanakan dengan 'belajarnya sedikit-sedikit saja, tetapi sering.' Kalau nonton film butuh alokasi waktu khusus, mendengarkan lagu berbahasa Inggris bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja, kan?

Dari awalnya yang hanya mendengarkan, lama-kelamaan kamu akan turut bernyanyi. Secara tak langsung, kamu mulai berlatih bagaimana berbicara Bahasa Inggris. Ditambah dengan kosakata yang juga kamu peroleh melalui film dan berbagai sumber yang lain, semakin mudah buatmu meningkatkan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris dengan cara pengucapan, penekanan, dan intonasi yang baik dan benar. Ini nih, Sobat, yang dikenal dengan implicit learning.

Implicit learning adalah teknik Bahasa Inggris yang merujuk pada proses belajar otak yang menyerap informasi secara diam-diam atau tidak sadar. Proses implicit learning sejatinya sama dengan proses yang dialami oleh penutur asli. Tak heran bila kemampuan berbicara Bahasa Inggris yang dikembangkan melalui teknik ini menyerupai kefasihan bercakap penutur aslinya.

 

3. Menambah Kosakata

pengembangan bahasa inggris
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Selain melalui film dan lagu, kamu bisa menambah kosakata dengan... Tepat sekali, Sobat. Membaca! Wait, jangan keburu membayangkan membaca buku berbahasa Inggris yang tebalnya sekian ratus halaman. Sekedar caption atau subtitle video pendek di aplikasi ponselmu juga bisa menjadi sumber bacaan. Ingat kan, ada teknik Bahasa Inggris yang lebih baik belajarnya sedikit-sedikit saja, tetapi sering.

Kalau kamu cukup ambis dalam pengembangan Bahasa Inggris, boleh juga membuat list berisi 10 kata baru setiap hari, misalnya. Dalam sebulan, kamu sudah mendapatkan 30-an kata baru, tuh.

 

4. Mengikuti Kursus Bahasa Inggris


Photo by Mimi Thian on Unsplash

Mungkin kamu sudah mencoba semua cara meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris yang pernah disebutkan di abad ini. Namun terkadang Bahasa Inggris kacau balau tuh, enggak bisa ditutup-tutupi. Tak apa, Sobat Pintar. We all need help at some point. Mungkin ini saatnya kamu perlu ikut les Bahasa Inggris.

Bukan hanya jadwal dan biaya, tetapi memilih tempat les Bahasa Inggris juga harus memperhatikan jenis kursus yang ditawarkan. Kalau kamu ingin meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris, pilihlah kelas pronunciation atau speaking. Kalau kamu ingin memperbaiki kualitas tulisanmu, pilihlah kelas vocabulary atau grammar.

Tapi kalau semua kemampuan berbahasa dapat dipelajari bersamaan, kenapa memilih kursus Bahasa Inggris yang terpisah-pisah, Sobat? Betapa efektifnya belajarmu bila semua teknik Bahasa Inggris yang telah disebutkan di atas dapat diterapkan dalam satu kesempatan.

Bayangkan kamu mengikuti kursus Bahasa Inggris yang membuatmu harus tinggal di asrama. Selama kurun waktu tertentu, interaksi sehari-harimu sepenuhnya menggunakan Bahasa Inggris. Kalau sudah begitu, mau tak mau kamu harus mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris, kan?

Kemampuan berbahasa yang diperoleh dari lingkungan yang sepenuhnya berbahasa Inggris seperti ini cenderung lebih alami. Itulah yang dimaksud dengan teknik Bahasa Inggris immersion. Teknik immersion adalah, sejauh ini, cara meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris yang efektif dan efisien. Tertarik mencobanya, Sobat?

90

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog