redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia versi Webometrics dan UniRank

Memilih PTS terbaik dengan menggunakan dua pemeringkatan berbeda.

Universitas Swasta Terbaik, photo by Pixabay on pexels

Sedang bingung mencari referensi PTS terbaik, Sobat? Emang banyak beutt pilihan Perguruan Tinggi Swasta! Sampai bingung tuh, pilih yang mana. But thankfully, ada berbagai university ranking yang bisa kita pakai acuan. Biar nggak nanggung, kita lihat yuk, university ranking versi Webometrics dan UniRank sekaligus.

 

Universitas Swasta Terbaik di indonesia 2020 versi Webometrics

Webometrics adalah pemeringkatan akademis universitas dari Higher Education Institution yang dikerjakan setiap enam bulanan. Indikator yang digunakan yaitu pengajaran, penelitian, hubungan antara kampus dengan dunia industri dan ekonomi, serta prestis internasional. Dari riset yang dilakukannya, inilah lima universitas swasta terbaik di Indonesia 2020.

1. Telkom University

Menjadi juaranya universitas swasta terbaik, Telkom University berada di urutan ke-5 se-Indonesia. Peringkatnya di Asia berada di urutan ke-345 dan ke-1435 di dunia. Perguruan Tinggi Swasta ini berada di Bandung, didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom.

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Nggak heran deh, kalau salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia ini berada di Yogyakarta. UMY berada di urutan ke-11 di tingkat nasional, ke-493 di Asia, dan ke-1906 di dunia.

3. Universitas Bina Nusantara

Finally! Ada satu PTS terbaik di Jakarta: Ubinus. Kampus ini sudah puluhan tahun berkiprah di dunia pendidikan lho, Sobat. Tahun ini, peringkatnya se-nasional berada di urutan ke-14. Sedangkan peringkat Perguruan Tinggi Swasta ini di Asia yaitu ke-563 dan ke-211 di dunia.

4. Universitas Narotama

Have you heard about this private university in Surabaya, Sobat? Unnar, begitu Perguruan Tinggi Swasta ini dikenal, berada di peringkat ke-14 se-Indonesia, ke-563 se-Asia, dan ke-211 di dunia.

5. Universitas Mercu Buana

Satu lagi universitas swasta terbaik di Jakarta, Sobat! Sebagai buncit dari lima besar universitas swasta terbaik di Indonesia 2020, UMB berada di urutan ke-20 nasional, ke-771 se-Asia, dan ke-2674 secara global.

 

Universitas Swasta Terbaik di indonesia 2020 versi UniRank

Kita juga bisa menggunakan UniRank sebagai acuan ranking universitas swasta di Indonesia. Kriteria yang digunakannya yaitu akreditasi, keberadaan program S1, S2 dan/ atau S3, serta sebagian besar perkuliahan dilakukan secara tatap muka. Berdasarkan kriteria tersebut, inilah lima universitas swasta terbaik di indonesia 2020.

1. Universitas Bina Nusantara

It's interesting. Tak terlalu jauh dari university ranking sebelumnya, peringkat nasional Ubinus berada pada urutan ke-13. Tapi di dunia, peringkat universitas swasta terbaik di Jakarta ini melesat jauh berada di urutan ke-952.

Study area Perguruan Tinggi Swasta ini mencakup Arts and Humanities, Business and Social Sciences, Language and Cultural, Engineering, serta Science and Technology. Biaya kuliah di Ubinus per tahunnya diperkirakan mencapai hingga Rp14.610.550,00.

2. Universitas Muhammadiyah Malang

Bukan UMY, melainkan UMM di urutan kedua kampus swasta terbaik di Indonesia. Dengan country rank di peringkat ke-14, world rank universitas swasta terbaik di Malang ini berada di urutan ke-955 di dunia.

Study area UMM pada program Diploma meliputi Business and Social Sciences, Medicine and Health, Engineering, serta Science and Technology. Study area tersebut juga ada pada program Sarjana, ditambah pula Arts and Humanities serta Language and Cultural. Biaya kuliah di Perguruan Tinggi Swasta ini per tahunnya berkisar antara Rp14.610.950,00 hingga Rp36.527.375,00.

3. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Right behind UMY: UMS. Bisa ditebak, Sobat. Country rank Perguruan Tinggi Swasta di Solo ini berada di urutan ke-15, sedangkan world rank-nya di urutan ke-1103.

Ingin kuliah di PTS terbaik ini? Sobat Pintar bisa belajar tentang Arts and Humanities, Business and Social Sciences, Language and Cultural, Medicine and Health, Engineering, serta Science and Technology. Berapa biaya kuliah yang perlu dipersiapkan? Kira-kira dibutuhkan antara Rp14.610.950,00 hingga Rp36.527.375,00 setiap tahunnya, Sobat.

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Again! Kita punya UMY lagi dengan urutan ke-17 nasional dan ke-1277 global. Study area UMY sama dengan UNS, bahkan perkiraan biaya kuliahnya juga sama. Dengan posisi ranking yang bersaing ketat, sulit juga memilih antara kedua PTS terbaik ini ya, Sobat?

5. Universitas Gunadarma

Lima besar kampus swasta terbaik di Indonesia ditutup oleh UG. Pada skala nasional, Perguruan Tinggi Swasta di Depok ini berada pada peringkat ke-22. Sedangkan peringkat dunianya, UG berada di posisi ke-1459.

 

Itulah lima besar universitas swasta terbaik di Indonesia 2020 masing-masing mengacu pada pemeringkatan Webometrics dan UniRank. Kalau Perguruan Tinggi Swasta incaranmu, apakah ada dalam list ini, Sobat?

70

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
tes
00
{{10+10}}
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp