APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia versi Webometrics dan UniRank

Memilih PTS terbaik dengan menggunakan dua pemeringkatan berbeda.

Universitas Swasta Terbaik, photo by Pixabay on pexels

Sedang bingung mencari referensi universitas swasta terbaik, Sobat Pintar? Emang banyak beutt pilihan kampus atau universitas swasta sekarang ini! Sampai kita dibikin bingung tuh, mau pilih yang mana. But thankfully, ada berbagai university ranking yang bisa kita pakai acuan. Biar nggak nanggung, kita lihat yuk, university ranking versi Webometrics dan UniRank sekaligus.


Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia 2021 versi Webometrics

Webometrics adalah pemeringkatan akademis universitas dari Cybermetrics Lab. Indikator yang digunakan yaitu pengajaran, penelitian, hubungan antara kampus dengan dunia industri dan ekonomi, serta prestis internasional. Dari riset yang dilakukannya, inilah lima universitas swasta terbaik di Indonesia 2021.

1. Telkom University

Menjadi juaranya universitas swasta terbaik, Telkom University berada di urutan ke-7 se-Indonesia. perguruan tinggi swasta ini berada di Bandung, didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom. Berada di jajaran PTN-swasta terbaik, tak heran bila Telkom University hampir selalu hectic di masa pendaftaran mahasiswa baru. 

2. Universitas Bina Nusantara

Universitas swasta terbaik pada urutan kedua adalah Universitas Bina Nusantara. Kampus ini sudah puluhan tahun berkiprah di dunia pendidikan. Pada 2021, peringkatnya se-nasional berada di urutan ke-9.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Terkenal sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia, Yogyakarta pasti takkan ketinggalan punya kampus swasta terbaik. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berada di urutan ke-11 di tingkat nasional.

4. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia telah menjadi bagian dari pendidikan tinggi yang penting di Indonesia sejak 1945. Kini, salah satu universitas swasta terbaik ini berada di urutan ke-12 nasional.

5. Universitas Gunadarma

Berawal dari sebuah Program Pendidikan Ilmu Komputer di tahun 1981, Universitas Gunadarma kini telah menjadi satu dari lima besar universitas swasta terbaik. Universitas Gunadarma berada di urutan ke-15 se-Indonesia.

Photo by DuoNguyen on Unsplash

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia 2021 versi UniRank

Kita juga bisa mengacu pada pemeringkatan UniRank guna mendapatkan apa saja rekomendasi kampus swasta terbaik untuk kuliah. Kriteria yang digunakan oleh UniRank yaitu akreditasi, keberadaan program S1, S2 dan/atau S3, serta sebagian besar perkuliahan dilakukan secara tatap muka. Berdasarkan kriteria tersebut, inilah lima universitas swasta terbaik di Indonesia 2021.

1. Universitas Bina Nusantara

It's interesting. Tak terlalu jauh dari university ranking sebelumnya, peringkat nasional Universitas Bina Nusantara berada pada urutan ke-13. Study area universitas swasta terbaik ini mencakup Arts and Humanities, Business and Social Sciences, Language and Cultural, Engineering, serta Science and Technology.

2. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Country rank universitas swasta terbaik di Solo ini berada di urutan ke-17. Di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sobat Pintar bisa belajar tentang Arts and Humanities, Business and Social Sciences, Language and Cultural, Medicine and Health, Engineering, serta Science and Technology.

3. Universitas Muhammadiyah Malang

Berselang satu peringkat, tepatnya pada urutan ke-19, Universitas Muhammadiyah Malang menjadi universitas swasta terbaik berikutnya. Study area kampus swasta terbaik di Malang ini pada program Diploma meliputi Business and Social Sciences, Medicine and Health, Engineering, serta Science and Technology. Study area tersebut juga ada pada program Sarjana, ditambah pula Arts and Humanities serta Language and Cultural.

4. Universitas Islam Indonesia

Tak mau berpuas diri pada satu versi pemeringkatan, Universitas Islam Indonesia kembali menjadi bagian dari lima besar kampus swasta terbaik. Ada empat Program Diploma dan 25 Program Sarjana yang bisa kamu pilih di kampus ini, Sobat Pintar.

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Again! Kita punya universitas swasta terbaik ini lagi dengan urutan ke-23 nasional. Study area Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sama dengan study area di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

 

Itulah lima besar universitas swasta terbaik di Indonesia 2021, masing-masing mengacu pada pemeringkatan Webometrics dan UniRank. Memang tak setiap kampus menawarkan proses pendaftaran mahasiswa baru secara online, terutama ketika kita masih harus mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi seperti sekarang. But no worries, Sobat Pintar.

Sekarang kamu tak perlu khawatir berdesakan atau bahkan berebut formulir pendaftaran kampus, Sobat Pintar. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan form pendaftaran kampus melalui Form Kampus Aku Pintar untuk mendapatkan kesempatan mengikuti pendaftaran online di kampus incaranmu.

Psst... kamu bisa mendapatkan harga form pendaftaran lebih murah melalui Form Kampus, loh! Kalau bisa mengakses pendaftaran universitas dengan lebih mudah dan lebih murah, why not?

90

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
tes
00
{{10+10}}
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog