CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

8 Jurusan yang Dibutuhkan di Masa Depan

Beberapa jurusan kuliah tertentu diyakini mampu menawarkan peluang kerja yang lebih baik di masa depan.

jurusan kuliah, Photo by Drew Beamer on Unsplash

Memilih jurusan kuliah memang lebih dari sekadar belajar dan menuntut ilmu. Dari sisi yang lebih realistis, tak jarang orang memilih jurusan yang menjamin masa depan. Enggak salah juga kok, Sobat Pintar. Bukankah setelah lulus kuliah, kita harus mampu bertanggung jawab atas diri sendiri dan mandiri secara finansial?

Tapi kira-kira prospek kerja masa depan setelah kamu lulus kuliah itu bakalan seperti apa, sih? Jangan-jangan setelah kuliah bertahun-tahun, ternyata pasar kerja tak membutuhkan keahlianmu. Aduh, berabe dong kalau begitu!

Word Economic Forum telah membahas bagaimana pandemi Covid-19 mengubah dunia, dan lantas mengubah tren profesi pada tahun 2025. Percepatan digitalisasi dan otomatisasi memengaruhi bagaimana kita bekerja, sehingga prospek kerja masa depan diproyeksikan akan berpusat pada beberapa profesi tertentu seperti data analyst, data scientist, software developer, application developer, dan lain sebagainya.

Kalau begitu, apa sajakah jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja dalam tahun-tahun mendatang? Ini dia, Sobat Pintar, macam-macam jurusan kuliah yang dibutuhkan di dunia kerja esok hari.

 

1. Matematika

jurusan yang dibutuhkan di masa depan
Photo by Trnava University on Unsplash

Matematika menjadi fondasi bagi perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, termasuk big data dan statistika. Seorang big data specialist menggunakan ilmu matematikanya dalam bekerja. Bahkan kebutuhan akan tenaga profesional matematika seperti ahli statistika meningkat hingga 10% pada pertengahan 2020. So, kudu banget mempertimbangkan Matematika kalau kamu ingin kuliah di jurusan yang dibutuhkan di masa depan, Sobat Pintar.

 

2. Teknik Informatika

jurusan yang menjamin masa depan
Photo by Boitumelo Phetla on Unsplash

Kamu tertarik dengan bahasa pemrograman atau pengembangan aplikasi? Nah, inilah jurusan kuliah yang tepat buatmu. Mahasiswa Teknik Informatika juga belajar tentang manajemen database. Asal kamu tahu, Sobat. Teknik Informatika merupakan salah satu dari jurusan-jurusan kuliah yang memberimu peluang untuk mendalami tentang bagaimana mengolah big data.

 

3. Desain Komunikasi Visual

jurusan-jurusan kuliah
Photo by Neven Krcmarek on Unsplash

Kemampuan anak desain dalam menggunakan teknologi dan meramu ide-ide kreatifnya menjadi tawaran bagi pasar kerja, terutama pemasaran bisnis, yang sulit untuk ditolak. Tak heran kalau Desain Komunikasi Visual menjadi salah satu jurusan yang banyak peluang kerja di masa depan.

 

4. Teknologi Informasi

jurusan yang banyak peluang kerja
Photo by Arian Darvishi on Unsplash

Jurusan ini bisa menjadi alternatifmu belajar tentang software engineering kalau enggak kuliah di Jurusan Teknik Informatika. Bedanya, perkuliahan Teknologi Informasi cenderung lebih fokus pada bagaimana mengembangkan produk teknologi. Teknologi Informasi terbilang sebagai jurusan kuliah yang menjanjikan karena di sinilah kamu belajar tentang... yes, the name explains itself: teknologi dan informasi, dua hal super penting di masa depan.

 

5. Kedokteran

prospek kerja masa depan
Photo by National Cancer Institute on Unsplash

WHO merekomendasikan rasio dokter per satuan penduduk adalah 1:1.000. Sebelum pandemi, rasio dokter per satuan penduduk di Indonesia adalah 4:10.000. Di Asia Tenggara, rasio ini membawa Indonesia berada di posisi terendah kedua. Kalau kamu mencari jurusan yang dibutuhkan 5 tahun kedepan, Kedokteran adalah jawabannya, Sobat Pintar. Kita membutuhkan lebih banyak dokter dalam waktu dekat.

 

6. Keperawatan

jurusan kuliah yang menjanjikan
Photo by Olga Kononenko on Unsplash

Sama halnya, kita juga membutuhkan lebih banyak perawat di masa depan. Rekomendasi WHO untuk rasio perawat per satuan penduduk adalah 3:1.000, sedangkan rasio kita sebelum pandemi adalah 2:1.000. Selain Program S1, Program D3 dan D4 Keperawatan bisa menjadi alternatif bila kamu menginginkan kuliah yang langsung kerja, Sobat.

 

7. Farmasi

kuliah yang langsung kerja
Photo by National Cancer Institute on Unsplash

Pandemi telah menjadikan kesehatan sebagai salah satu major industries di hampir semua negara. Tak ketinggalan, industri farmasi termasuk di dalamnya. Tapi tau nggak, Sobat, apa yang membuat Farmasi menjadi salah satu jurusan peluang kerja besar? Lulusan jurusan ini tak hanya berkerja di bidang kesehatan, namun juga dibekali dengan keahlian untuk mencari, menciptakan, mengembangkan bahan baku hingga menjadi obat, jamu, atau bahkan kosmetik. Kamu tentu tahu bagaimana industri kosmetik dan perawatan kecantikan di Indonesia berkembang begitu pesat belakangan ini.

 

8. Ilmu Ekonomi

jurusan peluang kerja besar
Photo by Marga Santoso on Unsplash

Keberlangsungan hidup manusia selalu terkait dengan ekonomi. Dengan terbatasnya sumber daya, ilmu ekonomi mengajarkan kita strategi yang tepat untuk mencapai kesejahteraan. Coba lihat bagaimana Ibu Menkeu kita sekarang, yang merupakan seorang alumnus Ilmu Ekonomi, mengatasi dampak pandemi pada pertumbuhan ekonomi negara. Sekalipun tanpa kejadian luar biasa seperti pandemi, kemampuan seperti beliau akan selalu dibutuhkan sepanjang masa di tingkat personal. Itulah sebabnya, Ilmu Ekonomi merupakan salah satu jurusan yang dibutuhkan di masa depan.

 

Itulah jurusan-jurusan kuliah dengan prospek kerja masa depan yang menjanjikan. Ada yang kamu incar, Sobat Pintar? Atau, kamu punya jurusan kuliah yang menjanjikan versi dirimu sendiri?

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog