redesain-navbar Portlet

Blog

Kapan Waktu Terbaik Belajar Siswa? Pagi, Siang, Atau Malam?

Mengetahui waktu terbaik otak untuk belajar sangat bermanfaat memaksimalkan potensi siswa

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Siswa sudah diajar berkali-kali, masih belum mengerti? Guru Pintar ingin siswa belajar dengan efektif dan efisien? Apakah Guru Pintar tahu kapan waktu terbaik bagi otak siswa untuk belajar? Seperti tubuh, otak manusia ternyata punya iramanya sendiri. Otak memiliki masa-masa terbaik untuk melakukan sesuatu termasuk untuk belajar.

Nah, jika Guru Pintar tahu kapan waktu terbaik untuk belajar, maka Guru Pintar dapat membantu siswa mengatasi kendala belajar yang dihadapi siswa dengan mengedukasi mereka tentang irama otak. Dengan demikian siswa-siswa dapat menyusun jadwal belajar sendiri sesuai dengan keadaan tubuh mereka.

Yuk, Kenali Waktu yang Tepat untuk Belajar Secara Efektif dan Efisien!


Foto oleh SHVETS production dari Pexels

Pukul 12 dini hari sampai pukul 6 pagi

Pada jam-jam ini, tubuh sedang memproduksi hormon melatonin. Apakah ini adalah saat belajar yang tepat? Jawabannya adalah tidak! Pada saat ini saatnya tubuh untuk tidur atau istirahat. Memaksakan belajar pada jam-jam ini justru tidak efektif. Bukannya merasakan manfaat belajar, justru badan menjadi loyo dan tidak segar.

Pukul 6 pagi sampai pukul 9 pagi

Pada jam-jam ini di pagi hari, tekanan darah manusia sedang berada di level yang baik. Tandanya apa? Biasanya orang merasa penuh gairah dan semangat pada jam ini. Jika di jam segini Guru Pintar atau siswa masih merasa lesu dan mengantuk, cobalah untuk keluar dan berjemur sebentar. Sinar matahari pagi akan membantu me-reset jam biologis badan dan mengembalikan semangat kembali. Nah, di saat ini ajak siswa untuk memanfaatkan waktu untuk belajar mumpung semangat masih tinggi. Di waktu inilah waktu terbaik otak untuk belajar. Anjurkan siswa untuk mempelajari materi baru maupun mengulang pelajaran. Katanya di saat seperti ini memori jangka pendek otak manusia sedang berada di masa keemasannya. Wah, jika siswa ujian dan sempat mengulang pelajaran di saat ini, pasti nilainya bagus semua.

pukul 9 pagi sampai pukul 2 siang

Saat waktu beranjak siang, hormon kortisol dalam tubuh manusia mulai aktif. Otak manusia lebih mudah untuk fokus pada tugas-tugas penting seperti belajar. Ini merupakan salah satu waktu yang tepat untuk belajar . Siswa akan dapat belajar yang efektif terutama untuk mempelajari materi yang memerlukan konsentrasi tinggi. Di jam ini, manusia, termasuk siswa, memiliki kemampuan analisis tinggi. Yang hebat lagi, kortisol ini memacu manusia untuk lebih kreatif, lho. Jadi jangan sia-siakan waktu di antara pukul 9 pagi sampai 2 siang untuk bermalas-malasan ya!

Pukul 2 siang sampai pukul 3 sore

Sering merasa mengantuk pada jam-jam ini? Hal ini bukan karena kekenyangan habis makan siang, ya, Guru Pintar. Pada saat ini memang sistem pencernaan manusia sedang bekerja. Waktu terbaik untuk belajar sudah pasti bukan pada jam-jam ini. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan aliran darah ke otak sedang menurun. Akibatnya siswa akan sangat kesulitan untuk konsentrasi. Nah, jika Guru Pintar harus mengajar di antara pukul 2 siang sampai pukul 3 sore, ajak siswa untuk bergerak dan melemaskan badan.  Buat siswa melakukan stretching dan anjurkan untuk minum air putih untuk membuat mereka tetap terjaga.

Pukul 3 siang sampai pukul 6 petang

Apakah saat ini adalah waktu belajar yang baik untuk otak? Suhu tubuh pada jam-jam ini biasanya meningkat. Tidak hanya suhu tubuh, kinerja jantung dan paru-paru juga ikut meningkat. Di sore hari, tubuh akan terasa lebih sigap dan kuat. Pada jam-jam ini, anjurkan siswa untuk membantu pekerjaan di rumah atau membereskan tugas-tugas sekolah yang memerlukan energi tinggi. Atau berolahraga dapat menjadi alternatif kegiatan yang bermanfaat bagi siswa.

Pukul 6 petang sampai pukul 9 malam

Menurut Guru Pintar apakah pukul 6 petang sampai pukul 9 malam adalah jam belajar efektif? Perlu Guru Pintar dan para siswa ketahui bahwa pada saat-saat seperti ini sistem pencernaan manusia sudah mulai beristirahat. Setelah bekerja keras seharian, sistem pencernaan juga memerlukan waktu untuk istirahat. Kadar serotonin dalam tubuh mulai menurun. Pada jam-jam segini anjurkan siswa untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat tubuh dan pikiran merasa lebih rileks. Tetapi bukan berarti siswa tidak boleh belajar di jam-jam ini ya, Guru Pintar. Siswa dapat membaca atau belajar tipis-tipis yang tidak terlalu membebani kerja otak.

Pukul 9 malam sampai pukul 12 dini hari (21.00 – 23.59)

Pada rentang waktu seperti ini, hormon melatonin diproduksi dalam tubuh. Biasanya orang akan mulai merasa mengantuk. Pada umumnya waktu belajar siswa tidak akan efektif di jam ini. Tetapi mungkin ada beberapa orang atau siswa yang dapat belajar pada saat-saat seperti ini. Seseorang yang aktif di malam hari atau disebut night owl biasanya mendapatkan sinar matahari lebih lambat dibanding tipe early bird. Tidak mengherankan kalau siswa tipe kaling atau night owl ini masih bersemangat belajar saat teman-temannya sudah terlelap.

Tips Belajar Efektif dan Efisien

Setelah mengetahui kerja otak pada waktu-waktu tertentu, Guru Pintar dapat menganjurkan siswa untuk melakukan hal berikut ini supaya dapat belajar dengan efektif dan efisien.

Waktu terbaik otak untuk belajar
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

1. Mengatur waktu belajar

Ya, kemampuan siswa untuk mengatur waktu sangat menentukan efektifitas mereka dalam belajar. Cara mengatur waktu dengan baik bagi pelajar salah satunya dengan menyusun jadwal harian. Mereka dapat menyesuaikan kerja otak dengan kegiatan yang sesuai. Dengan demikian hidup mereka akan lebih bermakna dan berkualitas.

2. Belajar dengan teratur

Berapa jam waktu belajar yang baik? Ternyata yang menentukan keberhasilan siswa dalam belajar bukanlah lama belajarnya, tetapi keajegannya dalam belajar. Percuma belajar selama berjam-jam tetapi hanya saat hendak ujian saja.  Yang ideal adalah belajar sesuai dengan jadwal yang ditetapkan secara rutin setiap hari. Demikian tidak ada lagi istilah SKS alias sistem kebut semalam.

3. Menentukan target belajar

Selain mengetahui waktu-waktu terbaik untuk belajar? Siswa dapat lebih bersemangat dalam belajar jika memiliki target belajar. Mencapai target yang diinginkan dapat menjadi motivasi yang baik bagi siswa rajin belajar.

Rata-rata jam belajar sekolah di Indonesia sebelum pandemi adalah pukul 07.00 hingga pukul 14.00. Perlu diperhatikan oleh Guru Pintar penyebab belajar tidak masuk otak siswa. Dengan memberikan tips-tips waktu belajar terbaik, siswa kan lebih mudah belajar dengan efektif dan efisien. Dampaknya adalah tujuan pembelajaran akan tercapai

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet