CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cabang-Cabang Ilmu Biologi

Biologi adalah salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang makhluk hidup dan berbagai macam organisme. Istilah biologi berasal dari kata Yunani, bios artinya hidup, sedangkan logos berarti ilmu. Jadi, biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan (makhluk hidup), baik kehidupan masa kini ataupun kehidupan masa lampau.

Hal-hal yang dipelajari dalam Biologi disebut Ruang lingkup kajian biologi. Ruang lingkup objek kajian biologi meliputi seluruh ragam kehidupan mulai dari organisme mikroskopis yang tak kasat mata hingga organisme berukuran besar dan dari tingkat organisasi yang sederhana hingga tingkat organisasi yang lebih kompleks. Bahkan, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, objek biologi juga terus mengalami perkembangan.

Ruang lingkup biologi sangat luas sehingga terdapat cabang-cabang biologi yang mempelajari objek biologi tertentu. Jumlah cabang ilmu biologi diperkirakan lebih dari 200 jumlahnya mencakup banyak bidang mulai dari kesehatan, evolusi, hewan atau tumbuhan, bakteri, luar angkasa, klasifikasi, reproduksi, sel tubuh, ilmu hayati dan lainnya.

Nah, kali ini kita akan mengupas beberapa cabang ilmu biologi beserta objek biologi yang dipelajari. Jika sobat sekarang duduk di kelas 10 MIPA, ulasan ini sangat tepat untuk menemani kegiatan belajar sobat pada bab ruang lingkup biologi khususnya materi cabang-cabang ilmu biologi. Berikut dibawah ini kita akan mempelajari 20 diantaranya ya Sobat!

 

Anatomi

Anatomi merupakan ilmu yang mengkaji struktur organisme pada hewan, tumbuhan, dan manusia, atau definisi lainnya, adalah ilmu yang mempelajari struktur atau susunan tubuh organisme dan hubungan antar bagian yang satu dengan yang lainnya. Secara bahasa, anatomi berasal dari bahasa Yunani yang artinya pembedahan atau pemotongan. Dengan kompleksnya tubuh hewan dan manusia para ilmuwan kemudian memecahnya lagi ke dalam beberapa cabang ilmu, yaitu:

- Gross anatomi, mempelajari struktur tubuh organisme yang bisa dilihat dengan mata.

- Anatomi mikroskopik atau histologi yang mempelajari susunan organ tubuh memakai alat mikroskop atau kaca pembesar. Misalnya penyelidikan tentang jaringan dan mempelajari sel.

- Anatomi sistemik yang mempelajari setiap sistem yang berada di dalam tubuh. Setiap sistem yang terdapat di dalam tubuh memiliki jaringan yang sama dan membentuk fungsi khusus; misal sistem otot, jantung, dan lainnya.

- Anatomi regional yang mengkaji letak organ di dalam tubuh. Hal ini sangat penting untuk dipelajari sebelum melakukan pembedahan atau operasi. Misalnya mengetahui letak pembuluh darah, saraf, dan lainnya.

- Anatomi perkembangan (embriologi) yang mengkaji tentang perubahan-perubahan pada sel pertama kehamilan sampai anak lahir.

- Anatomi permukaan (surface anatomy) yang mempelajari letak organ di dalam tubuh yang kemudian diproyeksikan ke permukaan tubuh.

- Anatomi perbandingan (comperative anatomy) yang mempelajari perbandingan susunan tubuh manusia dengan organisme lainnya.

- Anatomi radiologi (anatomy X-ray) yang mempelajari struktur organ tubuh manusia secara radiologi atau sinar X-ray atau rontgen.

- Anatomi antropologi yang mengkaji tentang perbedaan ukuran tubuh manusia di satu tempat dan tempat lainnya.

 

Fisiologi

Fisiologi adalah cabang biologi yang mempelajari tentang berlansungnya sistem kehidupan. Istilah fisiologi dipinjam dari bahasa Belanda, physiologie, yang terdiri dua kata Yunani Kuna physis yang berarti “kajian”. Istilah “faal” diambil dari bahsa Arab, berarti ” logia, yang mempunyai arti (kajian). Dalam istilah “faal” di ambil dari bahasa Arab, dengan arti”pertanda”, “fungsi”, “kerja”. Fisiologi memakai bermacam metode untuk mempelajari biomolekul, jaringan, sel, organ, organisme dan sistem organ yang secara keseluruhan menjalankan fungsi kimiawi dan fisiknya untuk mendukung kehidupan.

Fisiologi manusia adalah ilmu mekanis, fisik, dan biokimia fungsi manusia yang sehat, organ-organ mereka, dan sel-sel yang mereka tersusun. Tingkat utama fokus dari fisiologi adalah pada tingkat organ dan sistem. Sebagian besar aspek fisiologi manusia homolog erat dengan aspek-aspek terkait fisiologi hewan, dan hewan percobaan telah memberikan banyak dari dasar pengetahuan fisiologis.

Fisiologi tumbuhan banyak memakai teknik dari kedua bidang tersebut. Yang mencakup fisiologi hewan yakni seluruh makhluk hidup. Banyaknya subjek yang mengakibatkan penelitian pada bidang fisiologi hewan lebih mengarah pada pemahaman bagaimana ciri fisiologi berubah sepanjang sejarah evolusi hewan. Sebelum lebih jauh mengkaji tentang fungsi tubuh, terdapat beberapa konsep-konsep dasar dari fisiologi:

- Mekanisme: Hidup didasarkan pada material dan hukum-hukum yang berlaku di dunia fisik.

- Homeostasis: Usaha untuk mengatur dan mengendalikan reaksi-reaksi yang diakibatkan oleh perubahan-perubahan lingkungan. Keadaan lingkungan internal yang konstan dan yang bertanggung jawab atas keadaan konstan tersebut.

- Regulator: Kelompok makhluk yang mampu mempertahankan kondisi lingkungan internal secara relatif terhadap lingkungan eksternal.

- Konfermer: Lingkungan internal berubah sejalan dengan perubahan lingkungan eksternal.

- Homeokinesis: mekanisme mempertahankan lingkungan internal dengan menghindar dari lingkungan eksernal yang tidak sesuai.

- Adaptasi: Tanggapan terhadap perubahan lingkungan dalam upaya untuk mempertahankan hidup makhluk. Dalam biologi secara khusus diberi istilah “kompensasi”.

- Aklimasi: Penyesuaian terhadap kondisi-kondisi lingkungan laboratorium yang mempunyai variabel terkendali sangat terbatas.

- Aklimatisasi: Penyesuaian yang berlangsung dalam kondisi alami dengan multivariabel, sehingga lebih rumit untuk dianalisis.

- Toleransi: Kemampuan organisme untuk melakukan regulasi dan konformasi terbatas pada suatu kisaran (range) kondisi tertentu.

Kunci jawaban soal biologi kelas 10
 

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog