redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.make-it-in-germany.com

4 Fakultas dengan Lahan Kerja Pasti bagi Lulusannya

Jurusan dan Profesi Kerja Lulusan

Mungkin kamu cukup sering mendengar tentang skeptisme jurusan kuliah, "Ah, paling-paling juga lulusan Pertanian kerjanya di bank." Fenomena seperti ini memang sudah jamak terjadi, hingga kamupun bisa apatis dengan pilihan jurusan kuliahmu – "Pilih jurusan apapun aja deh, entar juga kerja apapun bisa."

Tapi ada lho, bidang-bidang tertentu yang tertutup bagi praktisi-praktisi yang tak berlatar belakang pendidikan sesuai. Jika kamu kuliah disalah satu fakultas berikut ini, dijamin kamu bakal bekerja dibidang yang sesuai dengan pendidikanmu.

 

1. Kedokteran atau Kesehatan

Permintaan akan tenaga medis lagi tingi-tingginya belakangan ini, baik dari Pendidikan Dokter, Keperawatan, Kebidanan, hingga Farmasi maupun Fisioterapi. Jurusan-jurusan tersebut berada dibawah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat, maupun Ilmu Keperawatan.

Lulusan dari fakultas-fakultas di atas sangat dibutuhkan di klinik-klinik kesehatan atau rumah sakit milik swasta maupun pemerintah. Bahkan, dokter dan bidan bisa mendirikan praktek mandiri. Selain sebagai tenaga medis, alumni Kesehatan juga diperlukan sebagai Laboran, peneliti, konsultan, instruktur, maupun konselor kesehatan di lembaga asuransi, pendidikan, bagian K3 dunia industri dan pertambangan, rumah sakit, puskesmas, maupun di departemen dan dinas kesehatan.

 

2. Teknik

Kamu pengen punya gaji gede? Masuklah ke salah satu jurusan di Fakultas Teknik, seperti Teknik Pertambangan, Teknik Komputer, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, dan lain-lain. Besar kemungkinan, kamu bakal bekerja dengan gaji yang memuaskan. Tapi perlu dicatet ya, tingkat persaingannya juga cukup tinggi.

Pekerjaan lulusan Fakultas Teknik juga sangat spesifik, sesuai dengan keahliannya masing-masing. Lulusan Teknik Sipil biasanya terlibat dalam perencanaan dan pengawasan pembangunan, Arsitek bisa bekerja mandiri maupun pada biro, sedangkan lulusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan bisa bekerja pada perusahaan-perusahaan minyak dan pertambangan maupun BUMN.

 

3. Pendidikan

Beberapa perguruan tinggi memiliki Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, tapi adakalanya jurusan Pendidikan berada dalam satu fakultas dengan Ilmu Murninya. Misalnya, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia berada pada Fakultas Sastra atau Fakultas Ilmu Budaya dan Humaniora.

Yang pasti, lulusan dari jurusan ataupun Fakultas Pendidikan inilah yang memiliki kualifikasi mengajar di sekolah karena bekal ilmu pengetahuan pedagogi atau metode pengajaran yang dimilikinya. Bila cita-citamu ingin menjadi seorang guru, terus pantau peraturan pemerintah tentang sertifikasi profesi pengajar, ya.

 

4. Hukum

Lulusan Fakultas Hukum bisa bertenang hati karena lahan pekerjaannya takkan pernah diambil oleh lulusan dari jurusan lain. Profesi, Hakim, Jaksa, Notaris, ataupun Staff Legal hanya bisa dikerjakan oleh orang-orang dengan latar belakang pendidikan Hukum. Jika kamu berminat pada bidang ini, selamat! Lapangan kerjamu sudah jelas dan dijamin enggak akan diserobot oleh lulusan dari jurusan lain.

 

Empat fakultas diatas bisa masuk pertimbanganmu jika kamu orangnya suka yang pasti-pasti aja. Enggak ada ceritanya lulusan Ilmu Hukum bekerja dibidang Kesehatan, dan demikian juga sebaliknya. Tapi pikir baik-baik sebelum masuk ke salah satu jurusannya ya, karena itu berarti kamu tak punya peluang untuk berkarir dibidang lain. Sekalinya kamu kuliah di Kedokteran Gigi, seumur hidup kamu nggak bakalan bisa ambil spesialisasi di Urologi. Jadi, siapkah kamu?

Lebih masukan Blog

Fakultas Keolahragaan – Ada Apa Aja Sih Disitu?

Kamu tipe orang yang nggak betah duduk berjam-jam di dalam kelas? Kamu selalu antusias dengan...

7 Tips Agar Lebih Mudah Diterima Kerja

Bekerja dan mencukupi kebutuhanmu sendiri adalah langkah awal kemandirian yang bisa dilakukan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line