redesain-navbar Portlet

Blog

photo via pendaftaranstan.info

4 Jurusan Populer PKN STAN, Apa Saja?

Jurusan Kuliah PKN STAN

"Pokoknya masuk PKN STAN, deh!"

Lho, tunggu dulu! Udah tahu mau masuk jurusan apa di PKN STAN? Iya, ada beberapa jurusan populer di PKN STAN, nggak cuma Akuntansi. Berikut ini jurusan-jurusan populer PKN STAN.

 

1. Akuntansi

Yak, namanya juga Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, tentulah jurusan Akuntansi yang jadi favorit pendaftar. Bahkan, setengah dari seluruh mahasiswa PKN STAN berasal dari Jurusan Akuntansi. Kenapa banyak banget mahasiswa jurusan ini? Sebabnya, lulusan Akuntansi PKN STAN memiliki peluang penempatan kerja yang lebih luas dibanding jurusan-jurusan lain.

Terdiri dari Program Diploma 3 dan 4, Akuntansi adalah jurusan yang menuntut hasil USM (Ujian Saringan Masuk) paling tinggi. Secara umum, Ilmu Akuntansi yang dipelajari pada jenjang Diploma PKN STAN sama dengan yang dilahap mahasiswa Strata 1 perguruan tinggi pada umumnya. Hanya saja, mahasiswa PKN STAN dapat tambahan "menu istimewa" seperti Akuntansi Pemerintahan, Hukum Keuangan Negara, Keuangan Publik, dan matakuliah-matakuliah sejenisnya.

 

2. Pajak

Jurusan Pajak terdiri dari Program Studi D3 Pajak, D3 Pajak Bumi dan Bangunan/ Penilai, serta D1 Pajak. Apa bedanya antara Pajak di PKN STAN dan perguruan tinggi pada umumnya? Mahasiswanya sama-sama diajari membuat laporan keuangan perpajakan, tapi mahasiswa PKN STAN turut belajar pula tentang administrasi/ tata usaha pemungut pajak terkait dengan keuangan negara. Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Akuntansi Dasar sampai Menengah, dan matakuliah-matakuliah lain adalah menu wajib yang harus disikat tuntas oleh mahasiswa Jurusan Pajak PKN STAN.

By the way, matakuliah Pajak terkenal nggak mudah, tapi sangat layak diperjuangkan. Apalagi, kalau kamu juga meyakini sedapnya gaji pegawai Ditjen Pajak – ya, disinilah sebagian besar alumni Jurusan Pajak PKN STAN bekerja.

 

3. Kepabeanan dan Cukai

Jurusan yang terdiri dari Program D3 dan D1 ini hanya buat cowok, ya! Sistem perkuliahan Kepabeanan dan Cukai bersifat semi militer dengan tujuan menggembleng calon-calon petugas penjaga pelabuhan dan perbatasan dari kemungkinan penyelundupan – well, mungkin ini bisa dijadikan alasan kenapa mahasiswanya hanya cowok.

Sesuai dengan sistem semi militernya, calon mahasiswa Kepabeanan dan Cukai harus melewati seleksi fisik yang cukup ketat. Misalnya saja, penglihatan tak boleh minus atau silinder lebih dari tiga dan tak boleh buta warna. Ya bayangin aja deh, kalau jadi petugas Bea Cukai trus kamu kudu periksa barang dengan teliti, tapi kacamatamu ketinggalan. Nah, loo...

Selain sistem pendidikan dan persyaratan fisik semi militer, para calon petugas Bea dan Cukai di PKN STAN juga memerlukan otak yang encer. Masih terkait dengan pemeriksaan barang, mahasiswa Jurusan Kepabeanan dan Cukai harus menguasai Kimia dasar. Ya emang penting juga, sih...

 

4. Manajemen Keuangan

Jurusan ini terdiri dari tiga Program Studi, yaitu D3 Kebendaharaan Negara, D3 Manajemen Aset, dan D1 Kebendaharaan Negara. Mahasiswa Prodi Kebendaharaan Negara belajar tentang perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan penggunaan uang negara. Lulusannya banyak yang bekerja di Ditjen Anggaran, Ditjen Pengelolaan Utang, daan Ditjen Perbendaharaan.

Sementara itu, mahasiswa Prodi Manajemen Aset berkutat dengan matakuliah-matakuliah hukum yang terkait dengan topik piutang, lelang negara, serta penilaian aset dan properti. Ditjen Kekayaan Negara, baik di kantor wilayah maupun kantor operasionalnya adalah instansi yang membutuhkan alumni prodi ini.

 

Menjadi mahasiswa PKN STAN tuh emang istimewa banget, dalam artian beda dari mahasiswa perguruan tinggi pada umumnya – mulai dari sistem paket perkuliahan maupun ketentuan seragam. UTS dan UAS PKN STAN juga jauh lebih serius karena risiko kegagalannya berarti dikeluarkan dari kampus. Aduh, berat nggak, tuh!

Tapi kalau kamu emang udang kadung mantap mau jadi mahasiswa PKN STAN, jangan patah semangat. Belajarlah lebih keras dan kuatkan mentalmu. Sejak dari tes masuknyapun sudah ketat, perjalanan selama menjadi mahasiswa PKN STAN juga tak santai, tapi sepadan lah dengan prospek kerja yang cemerlang dilingkup Kemenkeu.

Lebih masukan Blog

Guru BP/ BK – Sosoknya, Profesinya, Pekerjaannya, Jurusan Kuliahnya

Siapa yang sering nongkrong ngobrol asik di ruang BP/ BK, nih? Atau sebaliknya, hubunganmu...

9 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan oleh Kemlu

Mau tinggal di beberapa kota besar di luar negeri? Mau ikutan sidang PBB? Mau ketemu...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line