PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.kemlu.go.id

9 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan oleh Kemlu

Jurusan Kuliah Kementerian Luar Negeri

Mau tinggal di beberapa kota besar di luar negeri? Mau ikutan sidang PBB? Mau ketemu orang-orang penting di dunia yang turut mempengaruhi arah kebijakan internasional? Jika impianmu adalah melakukan hal-hal seperti ini dimasa depan, bekerja di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia adalah salah satu cara yang bisa kamu tempuh. Apakah ini berarti kamu kudu kuliah di Jurusan Hubungan Internasional?

Nggak harus! Mau tahu jurusan apa saja yang lulusannya dibutuhkan oleh Kemlu?

 

1. Hubungan Internasional

Peluang lulusan Hubungan Internasional untuk bekerja di Kemlu memang cukup besar. Pada lowongan penerimaan CPNS Kemlu tahun 2018, Sarjana HI paling banyak dibutuhkan – hingga 40 formasi. Nah, buat kamu yang memang bercita-cita jadi Diplomat, jangan ragu lagi kuliah di Jurusan Hubungan Internasional dan kemudian mengikuti seleksi CPNS Kemlu setelah lulus. Ingin meningkatkan peluang lolos tes? Luluslah dengan predikat cum laude supaya kamu bisa menikmati jalur penerimaan khusus CPNS.

 

2. Ekonomi

Bukan cuma Kementerian Keuangan, tapi Kementerian Luar Negeri juga butuh Sarjana Ekonomi. Jumlah yang dibutuhkan memang tak sebanyak alumni HI, tapi tetap saja jurusan ini bisa mengantarkanmu menjadi pegawai Kemlu.

 

3. Ilmu Politik

Kebutuhan Sarjana Ilmu Politik di Kemlu pada tahun 2018 masih tak sebanyak akan kebutuhan Sarjana Ekonomi. Tapi tetap saja, sekecil apapun peluangnya, nggak boleh diabaikan. Bahkan, jurusan ini bisa jadi alternatif saat kamu pingin banget jadi Diplomat melalui jalur diluar HI.

 

4. Ilmu Administrasi Negara

Bila lulus dari Jurusan Ilmu Administrasi Negara, kemudian lolos seleksi CPNS Kemlu, kemungkinan besar kamu akan bekerja pada bagian Analisis Kepegawaian. Formasi dari latarbelakang pendidikan ini biasanya tak banyak, semoga saja sedang dibuka saat kamu lulus kuliah nanti.

 

5. Ilmu Hukum

Jurusan Ilmu Hukum juga dapat membuatmu jadi Diplomat di Kemlu. Kebutuhan akan Sarjana Hukum di Kementerian Luar Negeri pada tahun 2018 sekira separuh dari kebutuhan alumni Hubungan Internasional. Istimewanya bagi Sarjana Hukum, peluang yang ditawarkan tak hanya jadi Diplomat tapi juga bisa jadi Perancang Peraturan Undang-Undang. Untuk memperbesar peluang lolos tes CPNS, masih sama pula triknya, kamu bisa memanfaatkan alokasi khusus untuk mahasiswa cum laude.

 

6. Ilmu Komunikasi

Udah bisa dinalar kan, kenapa Sarjana Ilmu Komunikasi bisa jadi Diplomat yang handal di Kemlu? Sayangnya, pada CPNS 2018, kebutuhan Diplomat dari jurusan ini sedikit sekali bila dibandingkan dengan formasi yang dibuka untuk lulusan Hubungan Internasional. Tapi jangan patah arang duluan kalau kamu masih ingin kuliah di Ilmu Komunikasi karena jurusan ini memang punya prospek kerja yang luas. Sebagai Sarjana Ilmu Komunikasi, nantinya banyak hal lain yang bisa kamu kerjakan diluar Kemlu.

 

7. Sastra Asing

Sastra Arab, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Tiongkok, Sastra Rusia, Sastra Perancis, dan Sastra Jerman adalah jurusan-jurusan yang dibutuhkan Kemlu untuk mencetak Diplomatnya. Kebutuhan per tahun biasanya berbeda, tapi bukan berarti kamu tak punya peluang jadi Diplomat melalui jalur ini.

 

8. Akuntansi

Bukan untuk jadi Diplomat ya, tapi lulusan Jurusan Akuntansi dibutuhkan Kemlu untuk posisi Auditor. Selain Auditor, lulusan Akuntansi juga bisa menjadi Perencana di Kementerian Luar Negeri.

 

9. Manajemen

Sama seperti alumni Akuntansi, jebolan Manajemen dibutuhkan oleh Kemlu untuk mengisi lowongan dibagian Perencana dan Analisis Kepegawaian. Apakah ini jurusan kuliah yang udah kamu incar?

 

Selain kesembilan jurusan diatas, Kemlu juga membutuhkan lulusan dari Jurusan Ilmu Perpustakaan untuk menjadi Pustakawan dan lulusan Teknik Informatika untuk bekerja sebagai Pranata Komputer. Yang jelas, kamu punya pilihan yang terbuka lebar untuk kuliah dijurusan yang sesuai dengan kemampuan dan minatmu tanpa perlu khawatir tentang prospek kerjanya.

Tetaplah optimis karena Kementerian Luar Negeri sekalipun membutuhkan dukungan tenaga dari berbagai bidang ilmu – salah satunya mungkin bertepatan dengan minatmu. Sering-sering aja update informasi tentang formasi CPNS di berbagai lembaga dan kementerian pemerintah, jadi kamu nggak sampai ketinggalan kesempatan.

Lebih masukan Blog

4 Jurusan Populer PKN STAN, Apa Saja?

"Pokoknya masuk PKN STAN, deh!" Lho, tunggu dulu! Udah tahu mau masuk jurusan apa di...

Merencanakan Kuliah di Jerman – Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Menjadi mahasiswa internasional bukan hal yang luar biasa lagi saat ini – udah biasa banget!...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru