redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 Cara Baru Menyambut Tahun Baru

Tak harus resolusi, tahun baru dapat disambut dengan penuh rasa syukur.

Cara Baru Menyambut Tahun Baru, image credit Unsplash

Kita akan bertemu dengan hari baru pada tahun 2020. Bagaimana dengan hari-hari yang telah kita lalui sepanjang 2019, Sobat? Hal-hal baik apa saja yang telah kita terima dan jalani? Bila direnungkan, sudahkah kita benar-benar mensyukuri hal-hal baik sepanjang tahun ini?

Setting new year resolutions is great, but reflecting to what we've learned along the year is necessary. Bukan hal-hal baik saja ya, Sobat. Tetapi dari hal-hal yang bagi kita kurang menyenangkan sekalipun, pasti ada hikmah yang bisa kita pelajari. Nah, bukankah kita patut mensyukurinya?

Secara psikologis, semakin kita mampu bersyukur maka semakin mudah kita merasa bahagia. Dengan bersyukur, kita merasa lebih positif, menerima dan menikmati setiap pengalaman hidup, bahkan menjadi lebih sehat! Ingin menyambut tahun depan dengan lebih optimis? Kita bisa mengungkapkan rasa syukur dengan cara-cara berikut ini, Sobat.

 

1. Merawat Apa yang Sudah Ada Saat Ini

Let's say, you have a younger brother or sister. Pernah memberi sebuah hadiah kepada adik, Sobat? Misalnya, Sobat Pintar membelikan adik sebuah mug lucu. Mug tersebut memang diterima dengan riang dan digunakan, tapi kesannya kurang terawat – dengan tak segera dicuci setelah dipakai, bahkan sampai retak atau pecah. How would you feel, Sobat?

Kita dapat dengan mudah merasa sedih atau kecewa ketika pemberian yang dipikirkan dan dipilih sepenuh hati tidak dirawat. Sebaliknya, kita tak segan memberi lebih banyak dan lebih besar lagi bila hadiah sebelumnya tampak dirawat dan disayangi.

Begitulah analoginya, Sobat. Sudahkah kita memperhatikan, merawat, dan menyayangi segala yang ada pada kita saat ini? Mulai dari keluarga, teman-teman, atau benda-benda tertentu, perilaku kitalah yang menunjukkan rasa syukur kita tersebut.

 

2. Memilih Makanan Sehat dan Olahraga Teratur

Apa yang Sobat rasakan ketika demam pilek? Ya, kegiatan apapun yang biasa kita kerjakan menjadi terhambat karena pening, badan sakit, dan berbagai ketidaknyamanan lain. Kalau sudah begitu, bagaimana rasanya? Sempatkah terpikir betapa kesehatan itu ternyata penting?

Sebenarnya tak perlu menunggu sakit untuk menyadari betapa pentingnya kesehatan. Mumpung masih sehat, kita bisa merawatnya dengan memilih makanan-makanan sehat untuk dikonsumsi. Olahraga yang teratur juga penting agar kita tetap sehat.

Sehat tak hanya fisik, tapi juga mental, Sobat. Beribadah dan mendekatkan diri dengan Tuhan dapat membantu menjaga keadaan mental. Dan bila dirasa memerlukan bantuan profesional, gunakan akses yang ada – misalnya dengan membuat jadwal konseling melalui Konseling Pintar.

 

3. Bersikap Baik dan Meluangkan Waktu untuk Keluarga

Tak semua orang dilahirkan didalam keluarga yang hangat dan harmonis. Bila memiliki keluarga yang selalu penuh kasih dan dukungan, harus banyak-banyak bersyukur, Sobat! Bagaimana caranya?

Masih tak jauh beda, rawatlah hubungan kalian. Mudah saja, misalnya dengan bersikap baik dan hormat pada orang tua, sayang pada adik kakak. Jangan segan menjadikan mereka prioritas dengan selalu meluangkan waktu bagi mereka.

Bagaimanapun keadaan keluarga, kita akan selalu menemukan seribu satu cara untuk mensyukurinya. It's a lifelong relationship, isn't it?

 

4. Menjaga dan Menyayangi Sahabat dengan Tulus

Kita memang tak punya banyak pilihan tentang keadaan keluarga. Tapi kita bisa memilih dengan siapa kita ingin berteman, Sobat! Bahkan dengan sahabat, hubungan kalian bisa sampai menyerupai hubungan keluarga. Tak jarang, sahabatlah yang mengiringi langkah kita melalui masa-masa buruk dan kelam.

Sahabat-sahabat yang penuh dukungan dan membuat kita terus berkembang menjadi lebih baik adalah orang-orang yang berharga dalam hidup. Jagalah mereka dengan tidak membicarakan hal buruk dibelakangnya, misalnya. Sayangi mereka dengan tulus karena mereka benar-benar bisa menjadi keluarga kita.

 

5. Manfaatkan Waktu Luang dengan Bijak

Seberapa sering Sobat Pintar merasa kehabisan waktu untuk mengerjakan sesuatu? Belum juga satu esai selesai, kita sudah ditunggu oleh daftar tugas yang harus diselesaikan. Belum lagi praktikum yang sekarang dijalani selesai, deretan jadwal praktikum berikutnya sudah menunggu.

Time fleets. Rasanya baru kemarin kita masih berseragam sekolah merah putih, tapi beberapa bulan lagi kita sudah menghadapi ujian seleksi masuk PTN. Sebegitu cepatnya waktu berlalu, lantas apa yang sudah kita kerjakan, apa yang sudah kita capai, dan bagaimana kita sudah berkembang sebagai seorang pribadi?

Maka saat kita memiliki sekejap waktu luang, manfaatkan dengan baik, Sobat. It won't come twice! Khususnya waktu liburan sekarang ini, gunakan dengan bijak misalnya dengan belajar skill baru, memulai usaha, atau melakukan hal-hal yang disukai. Do something and be active!

 

Berdiam diri selama liburan memang terasa menyenangkan. Apalagi bila selama ini kita terlalu lelah dengan aktivitas sehari-hari di sekolah atau kampus. Tapi biasanya ketika tidak mengerjakan banyak hal, kita akan mulai fokus pada berbagai hal yang negatif – entah tentang hidup secara keseluruhan atau tentang diri sendiri.

Mengeluh adalah salah satu kebiasaan negatif yang dapat mengikis rasa syukur kita. Life isn't always sunshine and butterflies, indeed. Tapi dengan berhenti mengeluh, mungkin kita bisa menyongsong tahun 2020 dengan lebih optimis?

130

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp