redesain-navbar Portlet

Blog

Tahun Baru 2022, Kuasai 5 Hard Skills Ini

Mengembangkan diri dengan menguasai skill baru di tahun baru.

photo via www.snacknation.com

Sedang kuliah atau masih bingung menentukan pilihan? Apapun itu, jika memiliki visi kedepan tentang bekerja setelah kuliah rampung, maka kamu perlu memperhatikan skill apa yang tengah dibutuhkan pasar kerja saat ini. Asal kamu tahu, setiap tahunnya terjadi perubahan demand di pasar kerja, tapi tetap ada beberapa komponen yang masih selalu dibutuhkan selama beberapa waktu. Bagaimana dengan tahun 2022?

 

1. Cloud Computing

Istilah resmi Bahasa Indonesia untuk cloud computing adalah komputasi awan. Pada intinya, ini merupakan teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi. Kamu bisa mendalami salah satu kategori cloud computing, yaitu functions as a service (FaaS), software as a service (SaaS), platform as a service (PaaS), atau infrastructure as a service (IaaS), untuk meningkatkan daya jualmu di pasar kerja tahun ini. Atau bila memungkinkan, boleh juga menguasai seluruh kategori cloud computing tersebut.

 

2. Artificial Intelligence

Kamu yang kuliah dibidang Ilmu Komputer atau Teknik Informatika tentu tak asing lagi dengan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Ini merupakan kecerdasan yang ditambahkan pada suatu sistem, misalnya komputer. Salah satu penerapan AI saat ini bisa kita dapati pada Siri-nya Apple yang fungsinya berbasis pada speech recognition. Kedepannya, AI memungkinkan mesin dan komputer memiliki fungsi cerdas yang dapat membantu mempermudah kehidupan manusia.

 

3. Analytical Reasoning

Analytical reasoning adalah kemampuan untuk melihat informasi kuantitatif dan kualitatif sebagaimana adanya, kemudian menggunakannya sebagai dasar penilaian untuk memetakan strategi maupun membuat keputusan. Kamu bisa melatih keterampilan ini antara lain dengan menyerap informasi dan mengajukan solusi atas suatu persoalan, melatih logika berpikir 'jika-maka,' termasuk pula menilai, mengidentifikasi benar tidaknya suatu pernyataan, dan membuat kesimpulan berdasar pada informasi yang diperoleh. Keterampilan ini khususnya penting saat seseorang berada pada posisi manajerial.

 

4. People Management

Hard skill yang baru dicari pasar kerja belakangan ini menggabungkan seni kepemimpinan dan manajemen sekaligus. Contoh sederhananya, bila kamu menjadi seorang manajer, jangan menunggu sampai ada staf yang mengeluhkan tentang sesuatu. Karena bila sampai ada keluhan, berarti ada masalah besar yang muncul. Nah, tantanganmu adalah memahami, mengatur, dan mengelola agar jangan sampai ada keluhan yang muncul dengan memotivasi, mengelola konflik, dan lain sebagainya.

 

5. UX Design

Jika kamu memiliki minat pada software development, berprofesi sebagai UX Designer bisa jadi akan membuatmu sejahtera di tahun ini – mungkin hingga beberapa tahun kedepan. Setiap user experience (UX) design yang kamu ciptakan bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan, lancar tanpa masalah, atas apapun produk teknologi yang digunakan oleh user. Kebanyakan user menginginkan produk yang mudah digunakan, mudak diakses, dan menyenangkan. Keterampilanmu dalam menciptakan kepuasan user itulah yang berharga mahal di pasar kerja.

 

Hard skills yang sedang laris manis dipasar kerja tersebut bisa jadi salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah. Namun jika sekarang kamu sedang kuliah di bidang lain, tak ada salahnya menambah kompetensimu dengan mempelajari salah satu skill yang paling mendekati dengan minat atau kemampuanmu. Masih ada waktu, Sobat Pintar. Mari menyambut tahun baru dengan tangan yang lebih terbuka!

550

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3


Artikel Terkait

image article

UKT PTN 2022: Ketahui Ini sebelum Masuk Kuliah

avatar penulis

deni purbowati

04 Maret 2022

Baca Selengkapnya
image article

Ilmu Pertanian – Bukan tentang Bertani, Tapi tentang Ini

avatar penulis

deni purbowati

13 Januari 2020

Baca Selengkapnya
image article

6 Profesi dengan Gaji Double Digit di Indonesia Saat Ini

avatar penulis

deni purbowati

04 Oktober 2018

Baca Selengkapnya

CssBlog

metablog-web Portlet