CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Aplikasi selain Platform PPT Untuk Membantu Guru Mengajar Lebih Menarik

Rekomendasi aplikasi selain PPT untuk guru membuat media mengajar dalam bentuk presentasi

Foto oleh RF._.studio dari Pexels

Dalam menyampaikan pembelajaran melalui presentasi, Guru pintar dituntut untuk menyampaikan materi dan informasi kepada siswa secara efektif. Agar proses presentasi pembelajaran berjalan dengan efektif dan dapat menarik perhatian siswa, diperlukan bantuan berupa media pembelajaran interaktif. Untuk itu, diperlukan berbagai macam persiapan dan juga kreativitas dari Guru Pintar.

Syarat dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran diantaranya adalah harus cocok dengan materi dan karakteristik siswa. Di era serba digital seperti sekarang ini dan juga di masa pembelajaran secara online selama pandemi, Guru Pintar harus mampu mempresentasikan materi dengan menarik dan interaktif. Selama ini media presentasi menggunakan power point (PPT) sudah sangat umum dimanfaatkan oleh guru-guru. Padahal sebenarnya banyak sekali platform atau aplikasi untuk membuat media pembelajaran selain power point.

Bentuk media presentasi yang populer digunakan saat ini adalah multimedia interaktif seperti video pembelajaran, games digital, buku digital, power point dan lainnya. Untuk membuat media pembelajaran tersebut dibutuhkan aplikasi dan software yang berfungsi sebagai alat untuk mengembangkan media pembelajaran tersebut. Berikut adalah beberapa daftar aplikasi dan software yang bisa dicoba oleh Guru Pintar untuk mengembangkan multimedia pembelajaran khususnya yang berbasis digital.

1.  Canva


Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Platform atau aplikasi canva merupakan salah satu aplikasi pengolah grafis atau visual yang cukup populer digunakan saat ini. Canva adalah sebuah aplikasi pengolah grafis berbasis cloud yang sangat membantu Guru Pintar untuk menciptakan media mengajar. Guru Pintar dapat memanfaatkan Canva untuk keperluan desain visual media pembelajaran, seperti membuat infografis, rangkuman materi, worksheet, brosur, poster, template presentasi, thumbnail YouTube dan kebutuhan grafis sederhana lainnya.

Membuat desain visual dengan aplikasi Canva juga sangat mudah karena tipe desain yang Guru Pintar butuhkan sudah disediakan template-nya. Tipe-tipe desain tersebut dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu seperti media sosial, dokumen, personal, guruan, marketing, event, dan iklan. Dengan demikian Guru Pintar dapat memilih desain yang sesuai dengan media yang ingin dibuat.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah dapat dibuka melalui komputer maupun HP. Meskipun tidak menggunakan akun premium, Guru Pintar tetap dapat membuat berbagai media menarik dengan akun gratis. Sedangkan kekurangan dari aplikasi media pembelajaran ini adalah tidak bisa diakses tanpa koneksi internet.

2.  Powtoon

Aplikasi untuk membuat video presentasi selain PPT adalah Powtoon. Powtoon yang merupakan aplikasi presentasi dan video animasi interaktif, dapat Guru Pintar gunakan untuk kebutuhan membuat media pembelajaran seperti presentasi, video animasi, infografis bergerak, dan lainnya. Presentasi dengan aplikasi ini akan membuat Guru Pintar mampu memberikan penjelasan konsep materi secara lebih jelas dan juga dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan indera.

Beragam fitur dan template yang ada dalam platform ini akan membantu memudahkan Guru Pintar dalam proses pembuatan media pembelajaran. Guru Pintar dapat menambahkan character, text effect, animation, link, background, dan lainnya. Selain itu, Guru Pintar juga dapat menggerakan karakter dan teks sesuai kebutuhan dengan hanya memilih effect dan pose yang telah tersedia.

Selain dapat disimpan dalam beberapa format seperti MP4, PDF, dan PPT, Media pembelajaran yang telah Guru Pintar buat dengan Powtoom dapat langsung dipublikasikan melalui YouTube, Facebook dan media sosial lainnya.

3.  Prezi

Software untuk guru selanjutnya adalah Prezi. Prezi adalah sebuah aplikasi (software) untuk membuat dan mengelola presentasi secara online. Prezi yang memiliki kemiripan dengan aplikasi powerpoint maupun google slide, memiliki fitur utama yaitu Zooming User Interface (ZUI). ZUI memungkinkan Guru Pintar untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi secara fleksibel dan dinamis. Pada aplikasi Prezi ini, Guru Pintar juga memiliki pilihan untuk membuat presentasi dengan mode linear yang memiliki karakteristik slide berurutan.

Guru Pintar dapat menggunakan aplikasi Prezi secara online maupun secara offline. Untuk akses online Guru Pintar dapat langsung mengunjungi prezi.com. Sedangkan untuk mengakses secara offline, Guru Pintar harus menginstall masternya terlebih dahulu.

4.  Sparkol VideoScribe

Sparkol VideoScribe merupakan salah satu software presentasi video white board dengan menggunakan animasi tulisan tangan dengan latar belakang seperti papan tulis. Aplikasi ini mampu membantu Guru Pintar untuk mengembangkan media pembelajaran yang interaktif karena memiliki kombinasi animasi dan template yang menarik.

Guru Pintar dapat menggunakan software ini secara online melalui videoscribe.co maupun secara offline. Sayangnya, untuk penggunaan gratis hanyaa diberi waktu percobaan selama 30 hari. Setelah itu, Guru Pintar harus menggunakan versi berbayar jika masih ingin menggunakan aplikasi ini untuk membuat media presentasi. Kelebihan dari aplikasi adalah terdapat banyak aset animasi, gambar, ikon, dan efek yang dapat membantu mempercantik dan memperjelas informasi dari materi pelajaran.

5. Sigil

Presentasi materi pelajaran dapat juga dilakukan melalui buku digital atau ebook. Aplikasi multimedia pembelajaran yang dapat Guru Pintar manfaatkan adalah Sigil. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengelola buku digital (ebook). Aplikasi dapat Guru Pintar gunakan secara gratis, lho.

Sigil juga merupakan salah satu Epub (electronic Publication) yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan karena mudah digunakan. Kelebihan Sigil adalah mendukung beragam format seperti teks, gambar audio dan video yang bisa disisipkan dalam buku digital agar menjadi lebih interaktif. Dengan kata lain, Sigil membuat Guru Pintar dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis multimodal,

Aplikasi ini memiliki format yang sangat lengkap seperti Epub, HTML, dan lainnya. Guru Pintar juga dapat memasukkan materi, kuis, video, audio, latihan soal SD dan jenjang di atasnya, serta konten lainnya dalam buku digital ini. Menarik, bukan!


Photo from Pexels

Wah, ternyata banyak sekali ya aplikasi wajib guru yang harus Guru Pintar tahu. Software pembuat media pembelajaran dan aplikasi multimedia untuk guru banyak bertebaran. Platform untuk mengajar yang digunakan jangan itu-itu saja ya. Menggunakan PPT dalam pembelajaran, memang oke. Namun variasikan supaya siswa tidak bosan.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog