redesain-navbar Portlet

Blog

5 Cara Ini Ampuh Membuat Siswa Lebih Fokus Belajar

Penyebab siswa tidak konsentrasi belajar siswa dan tips fokus belajar yang harus guru tahu

Foto oleh Anthony Shkraba dari Pexels

Konsentrasi sangat penting bagi keberhasilan seorang siswa dalam belajar. Konsentrasi belajar atau kemampuan seseorang dalam memusatkan pikiran pada kegiatan tertentu dapat memaksimalkan kemampuan siswa menyerap inti pembelajaran yang disampaikan oleh Guru Pintar. Maka tidak heran jika Guru Pintar sering meminta siswa-siswanya untuk fokus atau konsentrasi saat belajar.

tips fokus belajar
Foto oleh Anthony Shkraba dari Pexels

Konsentrasi siswa dalam belajar harus dijaga supaya tidak menurun. Oleh sebab itu, Guru Pintar harus tahu apa saja yang menyebabkan menurunnya konsentrasi siswa. Memberikan terlalu banyak tugas pada siswa supaya siswa selalu fokus dalam belajar adalah pemikiran yang kurang tepat. Jika siswa diberikan terlalu banyak tugas yang menyita waktu sehingga mengalami banyak tekanan justru dapat menyebabkan konsentrasi siswa menurun drastis. Penyebab menurunnya konsentrasi belajar siswa lainnya adalah sebagai berikut:

a. Penggunaan gadget seperti HP, Tablet, dan komputer yang berlebihan.

b. Suasana belajar yang tidak kondusif.

c. Kualitas tidur yang rendah

d. Rasa tidak suka pada pelajaran tertentu

e. Kurangnya motivasi dari dalam diri siswa dalam meraih target hasil belajar.

f. Pola makan yang kurang sehat sehingga dapat menyebabkan terhambatnya proses metabolisme tubuh dan berimbas pada kerja otak.

Setelah dapat mengidentifikasi penyebab-penyebab yang menyebabkan siswa kurang fokus saat belajar, kini saatnya Guru Pintar untuk mencari cara meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Berikut ini tips yang dapat Guru Pintar terapkan untuk membatu siswa belajar konsentrasi.


Foto oleh Anthony Shkraba dari Pexels

1. Meminimalisir distraksi saat belajar

Meskipun sekolah sudah disetting sedemikian rupa untuk menjadi tempat siswa belajar dengan aman dan nyaman, tak jarang masih ada hal-hal kecil yang luput dari perhatian sehingga menjadi distraksi bagi siswa saat belajar. Apa saja yang berpotensi menjadi distraksi bagi siswa saat belajar? Keadaan bangku dan kursi siswa harus baik dan seimbang. Jika tidak segera diatasi dapat mengganggu siswa saat menulis atau beraktivitas di kelas. Suara berisik juga dapat mengganggu siswa dalam belajar. Guru Pintar harus membuat kesepakatan tegas dengan siswa kapan boleh bertanya, berpendapat, atau berbicara. Dengan demikian suasana belajar akan lebih kondusif. Hal lain yang dapat menjadi distraksi adalah penampilan Guru Pintar dalam mengajar misalnya mengenakan baju dengan warna yang tidak serasi, bau parfum yang menyengat, atau memakai aksesoris-aksesoris yang terlalu mencolok. Cara melatih fokus siswa belajar yang efektif tentu dengan menghindari hal-hal yang berpeluang membuat perhatian siswa teralihkan dari materi pelajaran.

2. Memastikan siswa siap belajar

Siswa yang tidak sisap belajar memiliki kecenderungan untuk malas belajar atau bahkan mengganggu temannya saat belajar.  Guru Pintar harus menghimbau semua siswa untuk mempersiapkan peralatan yang diperlukan untuk belajar seperti buku, alat tulis, dan alat penunjang lain yang di butuhkan. Hal berikutnya yang dapat Guru Pintar lakukan untuk membuat siswa fokus dan sispa belajar adalah dengan memberikan kegiatan-kegiatan menyenangkan seperti ice breaking atau energizer yang dapat membuat siswa fokus kembali pada pelajaran.

3. Menerapkan metode mengajar yang tepat

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk melatih konsentrasi siswa adalah dengan meneraapkan metode belajar yang tepat. Ada banyak metode mengajar, tetapi tidak semua metode dapat diterapkan pada materi pelajaran. Materi tertentu mungkin hanya cocok jika menggunakan metode mengajar tertentu. Metode mengajar yang sesuai dengan karakter siswa dan kebutuhan siswa akan membuat pembelajaran menjadi bermakna dan lebih menyenangkan. Dengan demikian siswa menjadi lebih bersemangat dan fokus saat belajar.

4. Memberikan waktu istirahat yang cukup

Cara melatih otak agar fokus adalah dengan memberikan siswa waktu istirahat yang cukup, tidak terlalu singkat dan juga tidak terlalu lama. Kondisi fisik dan juga psikis siswa sangat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa. Salah besar jika Guru Pintar ingin membuat siswa konsentrasi belajar dengan meminta mereka belajar terus menerus tanpa henti. Istirahat tidak selalu dengan membiarkan siswa berkeliaran di luar kelas. Guru Pintar dapat memberikan jeda belajar saat melihat siswa kelelahan. Guru Pintar dapat mengisi dengan bercerita atau deretan aktivitas lain yang dapat membuat siswa fresh dan sisap belajar kembali.

5. Mengajak bermain Game untuk meningkatkan konsentrasi

Melatih konsentrasi dan fokus belajar siswa dapat dilakukan dengan mengajak mereka bermain game untuk meningkatkan konsentrasi. Contoh games yang dapat menjadi alternatif cara fokus belajar siswa misalnya tebak gambar, memory game, pesan berantai, freeze game, simon says dan masih banyak lagi. Guru Pintar bahkan dapat memodifikasi game-game yang sudah ada disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter siswa.

Demikian 5 tips agar siswa dapat lebih konsentrasi belajar. Cara agar fokus belajar harus Guru Pintar latihkan pada siswa supaya dapat menjadi kebiasaan yang baik bagi siswa. Dengan demikian akan lebih mudah bagi Guru Pintar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet